Koda adalah: Fungsi, Contoh dan Susunan struktur

Halo sobat kali ini penaindo.com akan membahas tentang apa itu Koda, koda adalah pesan yang dapat dipetik dari sebuah cerita atau bacaa. Untuk lebih jelas simak pnejelasan sebagai berikut

Pengertian Koda

Apa itu koda? Koda dalam bahasa Indonesia adalah salah satu susunan struktur pada cerita yang berfungsi untuk menyampaikan amanat yang dapat diteladani para pembaca di akhir ceritanya. Unsur koda itu sendiri dapat kita jumpai pada cerita pendek, fabel, anekdot, novel dan masih banyak lainnya.

Adapun pengertian lain dari koda yaitu pesan yang diambil dari sebuah teks yang dibaca atau cerita. Contoh dalam cerita maling kundang dimana kita sebagai anak harus tetap berbakti kepada orang tua meskipun sudah sukses.

Baca Juga: Teks Cerita Sejarah Lengkap

Menurut Para Ahli Pengertian Koda

Adapun pengertian koda menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Pengertian koda dalam seni musik

Koda merupakan bagian akhir dari sebuah alunan musik.

2. Pengertian Koda dalam lagu

Koda merupakan penutup atau penghujung lagu sebelum berakhirnya sebuah irama musik

Definisi koda merupakan pesan yang bisa dipetik dari sebuah cerita atau bacaan

Fungsi Koda

Fungsi koda yaitu sebagai penutup cerita atau sebagai menerangkan cerita dibagian akhir, contoh berisi amanat atau pesan moral.

Contoh Koda

Contoh 1

Kita harus bahagia memiliki sahabat, karena selain merasa aman. Memiliki sahabat juga membuat kita dapat merasa kesepian, biung meskipun kita ditempat yang indah dan memiliki segalanya, jadi tanpa sahabat kita akan sendiri dan tidak dapat bahagia.

Contoh 2

Fahry merupakan seorang mahasiswa di salah satu universitas. Sebagai seorang mahasiswa Fahry sangat rajin, apa lagi dalam mengerjakan tugas. Mendekati Mid Fahry selalu menyempatkan diri untuk merilekskan otaknya dengan bermain bersama Andi.

Andi merupakan mahasiswa yang malas belajar. Dalam mengerjakan tugas lebih sering menunda-nunda. Sementara Fahry sangat senang bermain bersama Andi.  Sekali dua kali sering keluyuran, lama kelaman Fahry terpengaruh dengan kemalasan Andi. Fahry lebih sering keluyuran malam dan sering menunda-nunda dalam mengerjakan tugas.

Sampai tiba hari Final, Fahry yang kurang belajar mengalami kesulitan menjawab soal-soal ujian sehingga ketika hasil ujian diumumkan ternyata Andi mengulang. Andi pun menyesal karena sudah tidak rajin dalam mengerjakan tugas dan malas belajar. Untuk sebaikany hati-hati dalam bergaul dan memilih sahabat.

Pada cerita diatas kalimat terakhir yaitu koda yang secara jelas menyebutkan bahwa memilih sahabat dalam bergaul sangatlah penting. Seorang sangat mudah dapat terpengaruh oleh lingkungannya apalagi di usia terbilang mudah.

Baca juga: Pengertian Novel Sejarah Lengkap

Susunan Struktur pada Sebuah Cerita

Adapun susunan struktur pada sebuah cerita sebagai berikut:

1. Abstrak

Abstrak yaitu bagian pendahuluan pada awal cerita yang menjelaskan latar belakang dari sebuah cerita yang diceritakan.

2. Orientasi

Orientasi yaitu bagian pengenalan beberapa unsur intrinsik pada sebuah cerita yang berisikan dengan tema pengenalan tokoh, pengenalan latar tempat dan waktu dari sudut pandang.

3. Evaluasi

Evaluasi yaitu bagian kuminasi permasalahan yang terjadi dan dalam evaluasi permasalahan mendapatkan beberapa solusi menuju ke penyelesaian masalah.

4. Resolusi

Resolusi yaitu solusi akhir terhadap masalah yang dialami tokoh dalam cerita.

5. Koda

Koda yaitu amanat yang dapat diteledani oleh pembaca pada akhir cerita tersebut.

Demikian penjelasan dari Koda mulai pengertian, fungsi, contoh dan susunan semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum

Related Posts