Metode pengolahan data: macam-macam langkah-langkah dan tahap pengolahan data

Halo sobat pada kesempatan kali ini penaindo.com akan membahas tentang metode pengolahan data, nah untuk pengolahan data yang dilakukan itu tergantung pada seberapa besar ukuran datanya. Jika hasil observasi yang dikumpulkan jumlahnya sedikit, maka yang dilakukan pengolahan secara manual, tetapi jika jumlah observasi sangat besar makan pengolahan datanya itu secara elektronik itu salah cara yang efektif.

Namun secara umum metode pengolahan data dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengolahan data secara manual dan pengolahan data secara elektronik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan secara detail dibawah ini.

Pengolahan Data Secara Manual

Jadi pengolahan data secara manual itu dilakukan dengan jumlah observasi yang tidak terlalu banyak. Pengolahan secara manual biasanya memerlukan waktu yang sangat lama, karena harus dilakukan dengan cara meneliti satu per satu dari setiap observasi yang dilakukan.

Pengolahan Data Secara Elektronik

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan di bidang komputer sangat membantu kegiatan statistik, khususnya pengolahan data.  Dengan bantuan komputer, pengetahuan data di masing-masing individu dirinci menurut beberapa karakteristik dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Pengolahan secara elektronik kesalahan tersebut dapat dimimalisi.

Meskipun demikian, bukan berarti pengolahan dengan komputer tidak ada masalah. Masalah pertama yaitu bahwa kita harus dapat membuat program entri data yang sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada di kuesioner. Sering terjadi hasil isian kuesioner tidak langsung dimasukkan ke dalam komputer sehingga perlu dilakukan pengeditan.

Baca juga: Pengertian Basis Data

Macam-macam Metode Pengolahan Data

Adapun macam-macam metode pengolahan data sebagai berikut:

1. Sencence Tokenization dan Word Tokenization

Sentence tokenization biasa dikenal dengan sentence segmentation yaitu proses pembagian data text tertulis menjadi kalimat komponennya. Cara kerjanya yaitu memisahkan kalimat yang berdasarkan tanda baca. Hal pertama yang harud di lakukan adalah memanggil library yang akan digunakan. Kali ini menggunakan library NLKT.

2. Stop Words

Stop words merupakan kata-kata yang disaring sebelum atau setelah teks selesai diproses. Tidak semua kata-kata yang telah diproses akan dibutuhkan. Terkadang kata-kata yang tidak bermakna tersebut dapat menjadi noise. Oleh sebab itu harus menghapus kata-kata yang tidak relevan. Word adalah kata-kata umum berbahasa inggri seperti “and”,”the”.  Jadi tidak perlu mencatat semua kata tersebut library NLTK memiliki daftar stopward standar yang merujuk ke kata yang paling umum. Pertama harus mendownload daftar tersebut dengan menuliskan script nltk di lembar kerja python dapat menggunakan package stopwords dari nltk.corpus untuk menghapus kata sesuai daftar yang telah di unduh.

3. Regex

Tegex merupakan singkatan dari Regular Expression atau dalam bahasa indonesia disebut ekspresi reguler. Ekspresi reguler menggunakan karakter garis miring terbalik untuk menunjukkan bentuk khusus, bisa menggunakan modul re dan menggunakan fungsi re.sub untuk menghapus suatu karakter.

Langkah-langkah dalam Pengolahan Data

Adapun langkah-langkah dalam pengolahan data sebagai berikut:

1. Penyusunan Data

Jadi penyusunan data harus dipilih data yang hubungannya dengan penelitian, data yang sudah ada dan perlu dikumpulkan untuk mengecek apakah semua data yang dibutuhkan sudah terekap semua.

2. Klasifikasi Data

Klasifikasi data yaitu usaha dalam mengelompokkan, menggolongkan, serta memilah data berdasarkan klasifikasi tertentu yang telah dibuat oleh peneliti

3. Pengolahan Data

Pengolahan data yaitu menguji hipotesis yang harus berkaitan dan berhubungan dengan permasalahan yang diajukan. Jenis data akan menentukan apakah peneliti menggunakan teknik kualitatif atau kuantitatif. Data kualitatif diolah dengan menggunakan teknik statistika baik non parametrik maupun parametrik.

4. Intreperetasi hasil Pengolahan Data

Tahap ini menerapkan peneiliti dapat menyelesaikan analisis data dengan cermat maka selanjutnya menginterprestasikan hasil analisis untuk menarik suatu kesimpulan yang berisikan intisari dari seluruh rangkaian kegiatan penelitian dan membuat rekomendasi.

Baca juga: Pengertian Data Secara Lengkap

Tahap Pengolahan Data

Adapun tahap pengolahan data yaitu:

1. Penyuntingan

Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan memeriksa seluruh daftar pertanyaan yang dikembalikan responden. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

  • Kesesuaian jawaban responden dengan pertanyaan yang diajukan
  • Kelengkapan pengisian daftar pertanyaan
  • Jawaban responden

2. Pengkodean (coding)

  • Pengodean dapat dilakukan dengan memberi tanda yang berupa angka pada jawaban responden yang diterima
  • Tujuan pengkodean untuk menyederhanakan jawaban responden
  • Harus diperhatikan pemberian pada jenis pertanyaan yang diajukan

3. Tabulasi

Tabulasi adalah menyusun dan menghitung data hasil pengkodean untuk kemudian disajikan dalam bentuk tabel

  • Tabel dapat berupa tabel frekuensi, tabel korelasi, tabel silang.

Demikian metode pengolahan data, macam-macam pengolahan data, langkah-langkah dan tahap pengolahan data. Semoga bermanfaat untuk penulis dan pembaca Wassalamu’alaikum

Related Posts