Makna Idul Adha
Makna Idul Adha

Makna Idul Adha

Hari raya Idul Adha atau biasa di kenal dengan hari raya qurban merupakan salah satu hari raya umat islam bersamaan dengan salah satu ibadah haji umat islam, yang mana hari raya Idul Adha ini dimulai pada tanggal 10 Dzulhijjah hingga 13 Dzulhijjah atau hari tasyrik.

Asal asul hari raya idul adha pertama kali ketika Nabi Ibrahim AS mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS, pada hari penyembilhan tersebut saat Nabi Ismil ingin disebmbelih di atas batu, Nabi Ismail di gantikan oleh seekor dombah.

Pada hari tasyrik di peringati di mana pada hari itu Nabi Ibrahim yang ingin mengurbankan putranya untuk Allah SWT, karena kesungguhan dan keikhlasan Nabi Ibrahim, Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba untuk disembelih. Secara umum ada banyak sekali makna di dalam perayaan Idul Adha.

Baca Juga: Downlad Kartu Ucapan Idul Adha 1442H/2021

Makna Dari Hari Raya Idul Adha

Selain dari ibadah qurban dan haji, berikut ini makna Idul Adha

1. Memperbanyak Berbagi Untuk Sesama

Pada hari raya Idul Adha atau hari raya qurban, umat muslim di seluruh dunia yang memiliki kemampuan diwajibkan untuk membeli qurban untuk di sembelih, kemudian di bagikan kepada setiap orang-orang yang membutuhkan. Dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa semangat dalam berbagi.

2. Memberikan Rasa Pengorbanan

Pada hari raya qurban ini di harapkan dapat menumbuhkan rasa pengorbanan di dalam diri umat islam, karena perjuangan untuk mengeksiskan agama islam harus dilakukan dengan pengorbanan.

3. Mengajarkan Rasa Keikhlasan

Dengan adanya rasa haru raya Idul adha di harapkan dapat menumbuhkan rasa keikhlasan dalam diri umat islam, dengan rasa ikhlas tersebut dapat mendapatkan rahmat dari Allah SWT

4. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Makna Qurban, kata Qurban berasal dari kata Quraba atau dapat di artikan sebagai dekat dari kata tersebut Idul Qurban memiliki makan sebagai kedekatan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Download 8 Koleksi Twibbon Gratis Idul Adha 2021

5. Silaturahmi

Pada hari raya qurban memiliki tradisi mengunjungi kerabat, tetangga dan keluarga untuk menyambung tali silaturahmi.

6. Segalanya Hanya Milik Allah SWT

Dari kegiatan hari raya qurban ini di harapkan seluruh umat islam menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di bumi dan di langit hanya miliki Allah. Termasuk harta yang dimiliki hanya pinjaman dari Allah.

Baca Juga: Unduh File Psd Template Id Card Panitia Qurban Idul Adha 1442 H/2021 M

7. Menyucikan Diri dan Harta

Di dalam hari raya qurban terdapat proses pemotongan hewan qurban dan membagikan kepada sesama, dengan adanya kegiatan tersebut dapat membantu orang berkurban untuk menyucikan diri dan harta nya.

Itulah 7 makna dari hari raya Idul Adha, selain dari itu ada banyak sekali manfaat dari hari raya qurban salah satu nya adalah rasa syukur dari harta yang dititipkan dari Allah SWT. Semoga Bermanfaat.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *