Coding Adalah: Pengertian, Jenis dan Coding pada Web development

Pengertian Coding

Apa itu Coding? Coding adalah sebuah istilah dari kata computer programming. Dimana kegiatannya hanya memberitahu komputer yang harus dilakukan untuk diolah sesuai keinginan dalam sebuah kode bisa dianggap sebagai sebuah kalimat dalam bahasa sehari-hari.Setiap kode akan membantu komputer untuk mengetahui yang ingin dilakukan pada komputer tersebut.

Kemudian komputer akan menerima instruksi dan akan mengikuti apa yang ditulis. Jadi sebuah kumpulan instruksi kode yang membuat sebuah program, website ataupun aplikasi.

Coding pada web development

Web development atau programming sendiri yaitu proses pembuatan website atau aplikasi dengan coding. Dimana website-website yang nantinya akan dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki akses internet. Adapun web develompment itu sendiri sebagai berikut:

1. Web development

Baca Juga: Pengertian Node JS Lengkap

Digunakan untuk membahas bagian teknis pembuatan sebuah website.  Dikenal dengan istilah back end develompment yang artinya bagian dari website yang tidak terlihat oleh pengguna dan pengunjung website.

2. Web design

Web design yaitu istilah yang digunakan untuk membahas bagian visual dari sebuah website. Dimana visual dan interaktif merupakan bagian dari website yang dilihat oleh pengunjung dan pengguna webiste, web design juga dikenal dengan nama front end development.

Jenis-jenis Coding

Adapun  bahasa programming paling populer sebagai berikut:

1. JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website interaktif dan dinamis. Dengan elemen interaktif dan animasi, Untuk menggunakan JavaScript dengan optimal juga bisa menggunakannya bersamaan dengan server-side language, Node JS.

2. HTML

Hyper Text Markup Language atau lebih dikenal dengan istilah HTML merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling terkenal. HTML sendiri juga sebuah bahasa komputer yang digunakan untuk membuat sebuah website. HTML kadang juga direvisi dan evolusinya dilakukan di bawah W3C, sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas HTML.

3. CSS

Cascading Style Sheets atau lebih dikenal sebagai nama CSS adalah sebuah bahasa programming yang dibuat dengan tujuan untuk menyederhanakan proses pembuatan halaman web. CSS dapat mengontrol aspek desain yang berbeda dari HTML. Dengan CSS juga dapat mengatur warna, tulisan, jenis font yang digunakan, jarak spasi antar paragraph, ukuran kolom yang butuhkan, background dan warna apa yang dibutuhkan serta layout desain web.

Baca Juga: Pengertian Teknik komputer Lengkap: Matakuliah dan Prospek

4. Python

Python merupakan bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk banyak hal pada sistem operasi komputer modern. Python juga dapat memproses text, angka, gambar dan berbagai data yang di simpan dalam komputer. Python juga dapat digunakan setiap hari oleh mesin penelusur google, website video-sharing youtube, NASA dan New York Stock Exchange.

5. PHP

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman back-end yang paling popular di website. PHP sering kali dipakai dalam hal memperindah tampilan sebuah halaman website. PHP dapat membuat fitur-fitur website contoh membuat halaman login username dan password, mengecek detail form, membuat forum, galeri gambar, survei.

6. Ruby

Ruby adalah salah bahasa pemrograman yang banyak diminati karena dapat dirancang dengan mudah oleh developer,. Ruby juga merupakan bahasa high level yang bertujuan untuk mencapai banyak hal dengan beberapa baris kode yang bersih dan mudah dibaca. Kode ruby juga dapat ditulis dengan baik hampir terlihat seperti kalimat yang ditulis dalam bahasa inggris biasa.

7. C++

C++ merupakan bahasa yang mudah dipahami lebih efesien dan fleksibel dan banyak digunakan oleh sistem-sistem besar seperti Microsoft, Oracle, PayPal dan Adobe untuk membuat dan mengelolah program-program. C++ juga digunakan oleh developer aplikasi desktop untuk performance-intesive task. Meskipun agak rumit dalam memahami C++ dalam cara kerja bahasa contoh memberikan fasilitas manipulasi memori tingkat rendah.

Demikian penjelasan dari Pengertian Coding pada Web development dan Bahasa Coding semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum

Related Posts