Pengertian Ekologi

Pengertian Ekologi

Pengertian Ekologi adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang hubungan saling ketergantungan dan juga timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tidak hidup dalam satu ekosistem.

Pengertian Ekologi

Istilah Ekologi tersebut asalnya dari bahasa yunani yaitu “Oikos” berarti “habitat”, dan juga logos berarti “ilmu”.Jadi, Pengertian Ekologi merupakan suatu ilmu tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungan.

Ekosistem merupakan suatu sistem yang terjadi pada suatu hubungan (interaksi) dengan saling ketergantungan pada komponen-komponen di dalamnya, baik itu makhluk hidup ataupun lingkungan yang tidak hidup.

Baca Juga: Pengertian Biologi

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum mengenai pengertian ekologi, ada pula definisi ekologi yang dikemukakan menurut para ahli. Berikut 7 Pengertian ekologi menurut definisi para ahli adalah sebagai berikut.

1. Resosoedarmo

Pengertian Ekologi Menurut Resosoedarmo pengertian ekologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.

2. Miller (1975)

Pengertian Ekologi Menurut Miller (1975) yang mengemukakan bahwa ekologi merupakan suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik antara organisme dan sesamanya dan juga dengan lingkungannya.

3. Soemarwoto

Pengertian Ekologi Menurut Otto Soemarwoto, suatu suatu ilmu menghubungkan timbal balik diantara makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.

4. C. Elton

Pengertian Ekologi Menurut C. Elton ekologi adalah sebuah study yang mengkaji tentang sejarah alam atau pun kehidupan alam dengan secara ilmiah.

5. Krebs

Pengertian Ekologi Menurut Krebs adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari suatu interaksi yang menentukan adanya penyebaran dan melimpah nya organisme.

6. Eugene P. Odum

Pengertian Ekologi Menurut Eugene P. Odum, adalah suatu kajian yang terstruktur serta fungsi alam, mengenai suatu struktur dan juga interaksi diantara sesama organisme dengan lingkungannya.

7. Andrewartha

Pengertian Ekologi Menurut Andrewartha ekologi merupakan suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.

8. Ernst Haeckel (1866)

Menurut Ernst Haeckel (1866), pengertian ekologi merupakan ilmu pengetahuan komprehensif tentang hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya.

Baca Juga: Pengertian Mamalia

Prinsip Ekologi

Ekologi juga memiliki prinsip yang terkandung di dalamnya, dimana prinsip ini merupakan salah satu penunjang definisi dari ekologi itu sendiri. Prinsip tersebut ialah:

1. Interaksi

Maksudnya bahwa dalam sistem Ekologi makhluk hidup dan lingkungannya saling berinteraksi satu sama lain untuk melangsungkan kehidupan, interaksi yang terjadi juga pun yaitu interaksi verbal.

2. Saling ketergantungan

Makhluk hidup dan lingkungannya untuk saling menjaga sehingga dapat memenuhi kebutuhannya juga mereka saling ketergantungan untuk sama-sama berkolaborasi dalam satu rantai ikatan ekologi agar kehidupan menjadi harmonis seiring berjalannya waktu.

3. Keanekaragaman

Kehidupan yang stagnan tanpa adanya perbedaan akan membuat semakin hambar, maka dari itu prinsip keanekaragaman ekologi menjawab permasalahan stagnan kehidupan, mahkluk hidup yang beranekaragam dan lingkungan sebagai pendukung yang objektif menjadikan kehidupan lebih dinamis.

4. Keharmonisan

Keharmonisan terjalin karena adanya keselarasan kehidupan yang dibarengi dengan kerja keras antara makhluk hidup dan lingkungan untuk tetap bertahan hidup.

5. Kemampuan berkelanjutan

Kemampuan berkelanjutan hidup yaitu salah satu tujuan kompleks terciptanya segala prinsip hidup ekologi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Aspek Ekologi

  • Berikut ini 3 tiga aspek ekologi yang harus kamu ketahui
  • Studi tentang hubungan organisme dengan lingkungannya
  • Studi tentang hubungan antara organisme terhadap lingkungannya
  • Studi tentang hubungan struktur dan fungsi alam

Ruang lingkup Ekologi

Ruang lingkup Ekologi
populasi

Secara umum, ekologi mempelajari mengenai interaksi organisme dengan lingkungan hidupnya guna menciptakan keselarasan dan keharmonisan kehidupan. Adapun batasan pokok bahasan atau ruang lingkup ekologi yaitu sebagai berikut:

1. Individu

Individu adalah suatu unit pembentuk masyarakat atau kelompok. Misal adalah seorang manusia, seekor gajah, seekor burung, seekor ikan, dan sebagainya.

2. Populasi

Populasi merupakan kelompok individu-individu yang memiliki kesamaan genetik, dan berada bersama-sama dalam tempat dan waktu yang sama. Secara umum, apabila kita berbicara tentang populasi, maka yang kita maksudkan yaitu anggota-anggota dari spesies yang sama, yang satu sama lain berdekatan.

3. Komunitas

Komunitas yaitu kelompok populasi yang berada bersama-sama dalam tempat dan waktu tertentu. Tingkatannya tergantung pada skala yang kita tetapkan. Kita dapat menggunakan komunitas untuk menunjukkan ke semua benda yang hidup di dalam suatu ekosistem, atau kita juga dapat membatasi perhatian kita hanya pada komunitas burung, atau komunitas tanaman dan sebagainya.

4. Ekosistem

Ekosistem yaitu satuan fungsional dasar yang menyangkut proses interaksi organisme hidup dengan lingkungan mereka. pada Setiap ekosistem terhadap 6 komponen diantaranya produsen, mikrokonsumen, bahan anorganik, bahan organik, dan kisaran iklim. Perbedaan pada ekosistem hanya terdapat pada setiap unsur-unsur penyusunan masing-masing komponen tersebut.

Masing-masing komponen ekosistem memiliki peranan serta mereka saling terkait dalam melakukan proses-proses dalam ekosistem. Proses-proses dalam ekosistem meliputi aliran energi, rantai makanan, pola keanekaragaman, siklus materi, perkembangan, dan pengendalian.

5. Biosfer

Biosfer yaitu ekosistem global jumlah seluruh ekosistem planet, atau seluruh makhluk hidup dan tempatnya hidup. Biosfer adalah tingkatan yang paling kompleks dalam ekologi.

Biosfer meliputi atmosfer hingga pada ketinggian beberapa kilometer, daratan hingga termasuk bebatuan yang di dalamnya terkandung air yang berada kurang lebih 1500 meter di bawah tanah, danau dan aliran sungai, gua, dan lautan hingga kedalaman beberapa kilometer.

Jenis Jenis Ekologi

Jenis Jenis Ekologi
hutan

Ekologi memiliki 4 jenis, dan untuk menerangkan jenis-jenis ekologi tersebut, lengkap dengan lokasi ekologi nya akan dibahas secara lengkap dan eksplisit.

1. Ekologi Hutan

Ekologi Hutan adalah suatu studi yang mempelajari tentang interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungan sekitarnya. Interaksi ini sangat kuat dan kompleks sehingga dapat membuktikan jika ekologi merupakan biologi lingkungan (Eviromentalbiology). Hutan adalah sekumpulan tumbuh-tumbuhan yang banyak ditumbuhi pohon-pohon dan mempunyai kondisi lingkungan yang berbeda dengan kondisi di luar hutan.

2. Ekologi Laut

Ekologi laut yaitu studi yang mempelajari tentang Ekosistem air laut. Ekosistem air laut dapat dibedakan atas lautan, estuari, pantai, terumbu karang, dan padang lamun.

3. Ekologi Estuari

Estuari (muara) merupakan tempat berkumpulnya sungai dengan laut. Estuari sering juga dibatasi dengan lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam. Salinitas air mulai berubah secara bertahap yaitu mulai dari daerah air tawar hingga ke laut.

4. Ekologi Padang Lamun

Lamun secara umum membentuk padang lamun yang begitu luas di dasar laut yang masih bisa dijangkau oleh cahaya matahari yang memenuhi bagi pertumbuhannya. Air yang bersirkulasi dibutuhkan untuk mengirimkan zat hara serta oksigen, serta membawa hasil metabolisme lamun ke luar dari daerah padang lamun.

Manfaat Ekologi

Dalam mempelajari segala hal, pasti ada kandungan manfaat yang bisa kita dapatkan. Nah, has dari mengetahui informasi seputar ekologi. Maka kita perlu mengetahui manfaat apa saja yang kita dapatkan. Adapun 9 manfaat yang ada, yaitu sebagai berikut.

  • Dapat Mengenal lebih banyak keanekaragaman hayati
  • Dapat Mengenal lebih jauh makhluk hidup
  • Dapat Membantu mengetahui dampak terhadap lingkungan
  • Dapat Membantu memecahkan masalah pangan
  • Dapat Membantu memecahkan masalah pertanian
  • Dapat Membantu memecahkan masalah energi
  • Dapat Membantu memecahkan masalah kesehatan
  • Dapat Membuat proses industri yang lebih maju
  • Dapat Mengenal kesetimbangan dalam kehidupan

Demikianlah artikel tentang pengertian ekologi, prinsip ekologi, jenis jenis ekologi, ruang lingkup ekologi dan manfaat ekologi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan umum untuk kita semua.