Pengertian Mamalia

Pengertian Mamalia

Pengertian Mamalia

Ketika berbicara mengenai mamalia, mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah hewan yang menyusui, nah sih Apa itu mamalia? Apa yang di maksud dengan mamalia? Apa pengertian mamalia?. Kata mamalia di ambil dari kata mamae yang memiliki arti kelenjar menyusui.

Mamalia merupakan hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu, sehingga hewan betinanya dapat menyusui anaknya. Pada umumnya hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan. Namun terdapat juga yang berkembang biak dengan cara bertelur atau biasa di sebut dengan monotremata.

Artikel Terkait: Pengertian Sekresi

Di seluruh penjuru dunia terebar sekitar 5000 jenis spesies mamalia yang tersebar dalam 425 keluarga dan mencapai 54 ordo yang tergantung dari klasifikasi ilmiahnya. Sedangkan di negara kita Indonesia memiliki sekitar 165 spesies mamalia.

Ciri Ciri Mamalia

Ciri ciri utama mamalia adalah memiliki kelenjar susu. namun bukan hanya itu saja, ada banyak sekali ciri ciri dari hewan mamalia. Adapun ciri ciri mamalia yaitu (1) terdapat anggota gerak agar memudahkan beraktivitas seperti berjalan, berlari dan lain – lain (2) memiliki kelenjar susu (3) memiliki tulang belakang (vertebrata) (4) memiliki bulu yang dapat melindung tubuhnya (5) Memiliki kuku dan cakar untuk memudahkan berburu dan memanjat.

(6) memiliki gigi seri, gigi taring dan gigi graham (7) bernafas dengan paru – paru (8) jantungnya memiliki 2 serambi dan 2 bilik (8) berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar) dengan internal (9) embrio berkembang di dalam rahim (10) memiliki ginjal metanefros (11) memiliki alat indra yang lengkap yaitu mata, telinga, hidung dan lidah.

Alat Gerak Pada Hewan Mamalia

Hewan mamalia adalah kelompok hewan yang bertulang belakang, memiliki kelenjar susu, berkembang biak dengan cara melahirkan dan memiliki tarik. Klasifikasi Mamalia. Alat Gerak Pada Hewan Mamalia adalah kaki seperti mana hewan pada umum nya, bergerak dengan sirip seperti pada hewan mamalia yang hidup di air dan hewan mamalia yang bergerak dengan sayap seperti kelelawar.

Artikel Terkait: Manfaat Biologi di bidang peternakan

Struktur Tubuh Mamalia

Struktur Tubuh Mamalia

Ada beberapa struktur tubuh pada hewan mamalia yaitu kepada, leher badan dan ekor. Pada struktur tubuh hewan mamalia berbeda – beda. Berikut ini struktur tubuh hewan mamalia dan penjeleasanya.

1. Kepala

Bentuk kepala pada hewan mamalia pada umumnya berbeda -beda. Wajah, hidung, mulut telinga dapat terlihat jelas namun ada beberapa bagian pada kepala yang tidak semua hewan mamalia miliki salah satunya adalah tanduk yang di miliki oleh rusa dan gading yang di miliki oleh gajah.

2. Leher

Yang kedua adalah leher. Leher pada hewan mamalia juga memiliki bentuk yang bervariasi sesuai dengan fungsi dan jenisnya masing – masing. Leher hewan mamalia ada yang pendek dan ada yang panjang. Contoh hewan mamalia yang memiliki leher panjang adalah jerapah yang berguna untuk mengambil makanan yang tinggi.

3. Badan

Bentuk badan pada hewan mamalia berbeda – beda sesuai dengan fungsinya masing – masing. Pada Umumnya semua ujung ekstremitas mempunyai jari, kecuali pada hewan mamalia akuatik. Di dalam badan hewan mamalia terdapat kelenjar mamae sebagai kekhasan hewan mamalia.

4. Ekor

Sesuai dengan jenisnya masing – masing hewan mamalia memiliki ekor yang bervariasi. Ada yang memiliki tulang dan ada yang tidak memiliki tulang. Ada yang pendek dan ada pula yang panjang tergantung dengan fungsinya masing – masing.

Klasifikasi Hewan Mamalia

Ada beberapa kalsifikasi mamalia yang di bagi menjadi beberapa bagian berdasarkan ordo. Berikut ini 12 klasifikasi mamalia berdasarkan ordo.

1. Ordo Marsupialia

Ordo Marsupialia adalah hewan mamalia yang betinanya memiliki kantung atau biasa di sebut marsupium di bagian perutnya. Kantung tersebut di gunakan untuk menyimpan anak – anak mereka yang baru lahir yang tidak dalam kondisi normal (prematur). Contoh hewan Ordo Marsupialia yaitu kangguru, opossum, kuskus, dan koala.

2. Ordo Insektivora

Ordo Insektivora merupakan hewan mamalia yang memiliki makanan utamanya adalah serangga, cacing dan biji – bijian. Adapun ciri ciri hewan dalam klasifikasi Ordo Insektivora adalah memiliki telapak kaki pada bagian depan lebih besar, memiliki cara yang besar, dan mempunya mata yang tertutup. Contoh hewan yaitu Scalopus sp, Echinosorex albus, dan Scapanus sp.

3. Ordo Dermoptera

Ordo Dermoptera adalah hewan yang di sela – sela empat kakinya memiliki parasut berbulu atau biasa di sebut patagium. Hewan yang klasfikasinya Ordo Dermoptera adalah hewan yang herbivor yang makanan utamanya adalah buah dan dedaunan. Contoh hewan Ordo Dermoptera adalah Gakopithecus sp.

4. Ordo Chiroptera

Ordo Chiroptera merupakan jenis mamalia yang dapat terbang. Pada bagian kaki belakang dan depan terdapat membran interdigital. Golongan Ordo Chiroptera merupakan tergolong hewan nokturnal. Nokturnal adalah hewan yang aktif di malam hari. Ciri – ciri hewan ini adalah pemakan buah buahan, dapat terbang dan mencari makan pada malam hari. Contoh hewan ini adalah Desmodus sp (vampire), Pteropus edulis (kalong Jawa), dan Myotes sp.

5. Ordo Primata

Ciri ciri hewan mamalia Ordo Primata adalah mempunyai tangan dan jari – jari yang besar sebagai alat untuk memanjat pohon. Hewan mamalia jenis ini tergolong dalam hewan herbivora, ominipora dan karnivora. Contoh hewan mamalia Ordo Primata adalah kera, orang utan, monyet, dan lutung.

6. Ordo Rodentia

Hewan jenis mamalia Ordo Rodentia adalah hewan yang tidak memiliki taring sehingga mereka termasuk hewan pengerat. Hewan yang termasuk dalam golongan Ordo Rodentia adalah hewan yang memiliki gigi seri yang besar dan kuat. Hewan ini biasanya dapat hidup di berbagai habitat. Contoh hewan ini adalah

  • Rattus sp (tikus),
  • Sciurus sp (tupai pohon),
  • Erethyson sp (landak),
  • Marmota sp (marmut), dan
  • Mus musculus (mencit).

7. Ordo Carnivora

Ordo Carnivora merupakan hewan carnivora yang menjadikan daging menjadi makanan pokok mereka. ciri – ciri utama hewan mamalia Ordo Carnivora adalah memiliki taring yang tajam dan kuku yang kuat dan tajam yang berfungsi untuk memburu mangsanya. Contoh hewan ini adalah

  • Singa
  • Serigala
  • Harimau
  • Singa laut
  • Anjing laut
  • Tikus rumah dan
  • Anjing

8. Ordo Laghomorpha

Ordo Laghomorpha merupakan jenis hewan herbivora yang suka makan tumbuh – tumbuhan. Ciri – ciri hewan ini adalah mempunyai 2 batang gigi acip, penis jantan terletak di hadapan zakar (rodensia di belakang); dan zakarnya tidak bertulang (bakulum). Contoh hewan nya adalah kelinci.

9. Ordo Cetacea

Ciri – ciri mamalia Ordo Cetacea adalah hidup di laut. Ciri – ciri hewan ini adalah memiliki gigi yang lengkap yaitu gigi taring, gigi seri, maupun gigi graham. Adapun contoh hewan Ordo Cetacea adalah lumba – lumba, dan paus.

10. Ordo Proboscidea

Jenis mamalia Ordo Proboscidea adalah semua gajah yang terdapat di seluruh dunia yang pernah hidup baik pada jaman purba hingga sekarang. Salah satu contohnya adalah Loxodonta africana (gajah Afrika), dan Elephas maximus (gajah di India dan Indonesia).

11. Ordo Perissodactyla

Ordo Perissodactyla merupakan hewan mamalia yang jumlah jari kaki mereka adalah berjumlah ganjl. Adapun contoh dari jenis hewan mamalia Ordo Perissodactyla adalah keledai (Equus asinus), kuda (Equus caballus), dan tapir (Tapirus indicus).

12. Ordo Artiodactyla

Ciri dari hewan mamalia golongan Ordo Artiodactyla memiliki jari – jari kaki yang berjumlah genap berbeda dengan Ordo Perissodactyla yang berjumlah ganjil. Beberapa hewan yang masuk dalam golongan Ordo Artiodactyla adalah antelope, banten, kijang, jerapah, unta, kambing dan sapi putih.

Artikel Terkait: Pengertian Biologi

Habitat Mamalia

Habitat hewan mamalia berbeda – beda sesuai dengan jenisnya masing. Ada beberapa habitat tempat tinggal hewan mamalia yaitu daratan yang merupakan tempat tinggal hewan mamalia kebanyakan seperti kerbau, gajah, singa dan sebagainya. Laut yang terdiri dari lumba – lumba, singa laut, anjing laut dan sebagainya, sungai yang terdiri dari platypus, gurun yang ditinggali oleh unta, kutub yang di tinggali oleh beruang kutub dan anjing laut dan gunung yang ditinggali oleh kijang dan kambing gunung.

Itulah artikel tentang pengertian hewan mamalia, ciri – ciri hewan mamalia, struktur tubuh hewan mamalia, klasifikasi hewan mamalia. semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca.