Ideologi Sosialisme

Pengertian Ideologi Sosialisme ~ ideologi sosialisme muncul akibat paham kapitalisme, yang di mana ideologi atau kepercayaan sosialisme salah satu paham yang lebih mengutamakan atau menjunjung tinggi sebuah kebersamaan dalam hidup dengan kata lain kepentingan individu dan kelompok harus lebih di utamakan.

Sehingga paham ideologi sosialisme sangat menentang adanya kesenjangan hidup baik yang di sebabkan oleh feodalisme atau persaingan antar individu atau kelompok yang dapat berakibat kesenjangan sosial.

Paham sosialisme sangat berkaitan erat dengan hakikat manusia yang tidak hanya menginginkan kebebasan namun juga memiliki kewajiban untuk saling tolong menolong. Nah itulah gambaran mengenai paham ideologi sosialisme. Sehingga muncul pertanyaan apa pengertian ideologi sosialisme?

Pengertian Liberalisme, Sejarah, Ciri-ciri kelebihan dan kekeuranganya

Pengertian Ideologi Sosialisme

Kata ideologi berasal dua kata yaitu idea dan logos. Kata idea berasal dari bahasa inggris yang berarti gagasan, ide, pengertian dasar, konsep dan cita-cita. Sedangkan Logos berasal dari bahasa yunani yang artinya ilmu dan pengetahuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan.

Apa pengertian ideologi sosialisme? ideologi sosialisme adalah Sebuah paham yang menjunjung tinggi kebersamaan hidup, rasa perhatian, rasa simpati dan empati antara individu, kelompok kepada kelompok atau individu lain nya tanpa melihat pandangan status sosial.

Pengertian Sosialisme Menurut Para Ahli

Untuk membantu anda dalam memahami apa itu sosialisme? Para ahli juga turut andil dalam memberikan pendapat mereka mengenai pengertian sosialisme. Berikut ini pengertian sosialisme menurut para ahli.

1. Gerald Braunthal

Pengertian sosialisme menurut Gerald Braunthal adalah suatu teori ekonomi serta politik yang lebih menekankan pentingnya peranan komusial dan pemerintahan dalam mengambil alih dan menguasai alat-alat reproduksi serta distribusi barang.

2. Teuku May Rudy

Menurut Teuku May Rudy, sosialisme adalah suatu paham lebih mementingkan kepentingan dibandingkan kepentingan individu.

3. Sutan Syahrir dalam Anwar

Sosialisme adalah gerakan yang dipergunakan dalam mencari sebuah keadilan yang terdapat di dalam tatanan kemasyarakatan.

Sejarah Ideologi Sosialisme

Sejarah terbentuknya ideologi sosialisme dimulai dari peristiwa revolusi Prancis pada tahun 1789 yang membawa sebuah paham ideologi sosialisme ini walaupun sudah memiliki paham yang sudah ada sebelumnya. Karl Max dan Friederich Engels menuliskan manifesto komunis pada tahun 1848 yang biasa di sebut sosialisme ilmiah.

Pada sepertiga aba ke-19 di benua eropa, terdapat partai sosial demokrat yang berkembang yang sebagian besar beraliran marxisme. Selanjutnya pada awal abad ke-20, Uni Soviet dan partai komunis dari internasional ketiga di seluruh dunia hadir dalam pembentuk ekonomi terencana pusat sebagai perwakilan sosialisme dalam bentuk perkembangan ekonomi model soviet.

Pada tahun 1968 terjadi perang Vietnam yang berlangsung selama 16 tahun mulai dari 1959 hingga 1975 memberikan peluang kepada kiri biru, kiri biru adalah gerakan politik tahun 1990 an, kiri biru ini dapat dikatakan sangat cenderung dalam mengkritik terhadap Uni Soviet dan demokrasi sosial.

Pada abad ke-21 di Amerika Selatan Presiden Venezuela Hugo Chavez mendeklarasikan apa yang disebut sosialisme abad ke-21, yang termasuk di antaranya kebijakan nasionalisasi aset nasional seperti minyak bumi, anti-imperialisme, dan menyebut dirinya Trotskys yang mendukung ‘revolusi permanen.

Teks Pancasila: Makna dan Penerapan Pancasila

Ciri-ciri Ideologi Sosialisme

Negara yang menganut ideologi sosialisme memiliki ciri khas tersendiri sesuai dengan ciri-ciri yang tampak pada negara yang menantu paham ideologi sosialisme. Apa saja ciri ideologi sosialisme?  Berikut ini ciri-ciri ideologi sosialisme.

  1. lebih mementingkan kekuasaan dan kepentingan negara
  2. semua setara, tidak ada kelas kaya, miskin, bangsawan, buruh dan budak
  3. membuat masyarakat dapat bekerja sama dengan solidaritas dan memiliki hak yang sama
  4. menciptakan kesejahteraan dengan damai melalui cara demokrasi
  5. mengutamakan kesejahteraan rakyat dan memperbaiki nasib kehidupan buruh secara bertahap
  6. berpegang pada prinsip kesetaraan dan kesederajatan
  7. memiliki pemikiran ekonomi centerish yaitu untuk mengatasi kesenjangan
  8. politik di dalam Sebuah negara beranggapan jika dengan adanya negara sangat dibutuhkan untuk membina dan mengkoordinir kebersamaan rakyat.
  9. Menolak ideologi kapitalisme dengan cara para buruh berusahan untuk memperjuangkan nya
  10. Menolak kebebasan penuh karena akan cenderung berpihak pada kepada kepentingan miliki

Negara Yang Menganut Ideologi Sosialisme

Beberapa negara yang menganut paham ideologi sosialisme di antaranya Suriah, Sri langka, India, Bangladesh, Bolivia, Aljazair

Contoh Ideologi Sosialisme

Dari beberapa negara yang menganut paham sosialisme di atas, akan menunjukan beberapa cerminan penganut paham sosialisme. Berkut ini contoh cerminan ideologi sosialisme.

  1. Gotong Royong
  2. Membantu Kecelakaan
  3. Membantu Bencana Alam
  4. Membantu Pekerjaan Orang Lain tanpa mengharapkan imbalan

Kelebihan dan Kekurang Ideologi Sosialisme

setiap paham atau ideologi memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing, termasuk juga ideologi sosialisme. Apa saja kelebihan dan kekurang ideologi sosialisme? berikut ini kelebihan ideologi sosialisme dan kekurang ideologi sosialisme.

1. Kelebihan Ideologi Sosialisme

  1. Memiliki solidaritas yang tinggi dalam bergotong royong
  2. Adanya pemerataan sosial
  3. Berkurangnya kesenjangan antara yang kaya dan miskin
  4. Menyelesakan masalah dengan cara demokratis
  5. Terdapat keinginan untuk menumbuhkan masyarakat yang sosialis dengan cara damai bukan dengan kekerasan

2. Kekurangan Ideologi Sosialisme

  1. Individu Sulit untuk berkembang karena lebih mengutamakan kebersamaan dalam bergotong royong
  2. Terkadang Hak asasi manusia di abaikan demi kepentingan bersama

Demikianlah artikel tentang pengertian ideologi sosialisme, sejarah ideologi sosialisme, ciri-ciri ideologi sosialisme dan contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memabantu dan menambah wawasan pengetahuan anda.

Related Posts