Pengertian PKN: Tujuan dan Pengertian Para Ahli

Pengertian PKN Secara Umum

Pada awalnya PKN memiliki istilah civic education dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi pendidikan kewargaan. Seiring berjalannya waktu pendidikan kewargaan di ubah menjadi pendidikan kewarganegaraan.

Nah istilah pendidikan kewargaan pertama kali diperkenalkan di Universitas Islam Negeri Jakarta yang diwakili Azra dan tim ICCE (Indonesia Center For Civic Education) sebagai pengembang pertama Civic Education dari perguruan tinggi.

Baca Juga: Pengertian Paradigma Secara Umum

Pkn merupakan mata pelajaran kewarganegaraan sebagai sarana yang digunakan pemerintah untuk menanamkan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia serta kebijakan yang menjadi sumber pengetahuan bagi pelajar untuk memiliki kesadaran membangun Negara Indonesia.

Pengertian PKN Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas pengertian kewarganegaraan di atas, ada beberapa pengertian pendidikan kewarganegaraan menurut para ahli berikut ini.

#1 Azrah

Menurut Azrah pendidikan kewarganegaraan adalah suatu program yang memiliki tujuan untuk dapat membina seluruh warga negara untuk menuju warga negara yang baik sesuai dengan kriteria pembukaan Undang-undang dasar 1945.

#2 Sumantri

Menurut Somantri pengertian pendidikan kewarganegaraan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk dapat membekali para peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar tentang hubungan warga negara dengan negara serta pendidikan bela negara agar dapat diandalkan olah negara Indonesia.

#3 Samsuri

Samsuri juga memberikan pendapat tentang pengertian Pkn. Pendidikan kewarganegaraan menurut Samsuri adalah suatu usaha untuk menyiapkan generasi muda (pelajar) atau para penerus bangsa agar dapat menjadi warga negara yang memiliki kecakapan, pengetahuan dan Nilai-nilai yang dapat digunakan untuk berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

#4 Zamroni

Zamroni merupakan salah satu tin ICCE, Juga berpendapat PPKn atau pendidikan kewarganegaraan, pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga negara dalam berpikir kritis dan dapat bertindak secara demokratis, melalui aktivitas untuk menanamkan kesadaran kepada para generasi muda yang baru jika demokrasi adalah suatu kehidupan yang dapat menjamin hak dari setiap masyarakat.

Baca Juga: Pengertian Kolonialisme Secara Umum

#5 Depdikbud

Depdikbud berpendapat jika pendidikan kewarganegaraan merupakan sebuah bidang ilmu pengetahuan yang digunakan sebagai wahana dalam mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai moral leluhur yang berakar di dalam bahasa Indonesia dengan harapan dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku masyarakat dan juga seluruh makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

#6 Aziz Wahab

Aziz Wahab berpendapat pengertian PKN adalah sebuah media pengajaran dalam meng-Indonesiakan seluruh atau tiap-tiap pelajar secara cerdas dan sadar dan memiliki rasa tanggung jawab yang penuh.

#7 Cholisin

Di dalam program pendidikan kewarganegaraan atau PKN terdapat konsep-konsep yang umum mengenai ketatanegaraan, hukum dan juga politik selain itu juga terdapat teori-teori umu yang cocok dengan target tujuan.

Merujuk dengan pernyataan di atas dapat disimpulkan jika pengertian PKN atau pendidikan kewarganegaraan kegiatan untuk membentuk perilaku seseorang serta membekali dengan kemampuan dasar agar dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

Baca Juga: Pengertian Bangasa dan Faktor Pembentuknya

Tujuan Pendidikan kewarganegaraan (PPKn)

Tujuan Pkn

Seperti yang sudah dijelaskan diawal tujuan adanya pendidikan kewarganegaraan adalah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa/pelajar/ pemuda atau para penerus bangsa sehingga dapat diandalkan oleh bangsa Indonesia.

Selain itu tujuan Pkn lainnya adalah memberikan kesadaran dalam bernegara, dan sikap cinta tanah air dan memiliki kesadaran dalam bersikap baik sesuai dengan kriteria pembukaan Undang-undang dasar 1945. Selain itu tujuan PPKn adalah meningkatkan kualitas calon penerus bangsa.

Menurut Kansil tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan pengembangan kemampuan dalam menghayati dan menyakini nilai-nilai Pancasila yang merupakan pendoman dalam berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Teks Pancasila: Makna dan Penerapan Pancasila

Tujuan-tujuan tersebut akan dapat di capai jika setiap individu memiliki kesadaran masing-masing dan memiliki rasa tanggung jawab. Dari sikap tersebut terdapat perilaku yang harus dimiliki berikut ini.

  • Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan yang maha esa dan menghayati Nilai-nilai Falsafah Bangsa
  • Memiliki budi pekerti luhur dan disiplin dalam berbangsa dan bermasyarakat.
  • Menumbuhkan sikap profesionalisme dan memiliki kesadaran dalam bela negara.
  • Aktif dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam memenuhi keperluan kemanusiaan, bangsa dan juga negara.

Demikianlah artikel tentang materi pendidikan kewarganegaraan, mulai dari pengertian secara umum, pengertian menurut para ahli hingga tujuan pendidikan kewarganegaraan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang pendidikan kewarganegaraan. Terimakasih.

Related Posts