Pengertian interior: Prinsip dan Gaya Desain Interior

Pengertian interior ~ Bagi kamu yang bergelut pada bidang desain tentu sudah tahu tentang apa itu pengertian interior. Interior sering dikaitkan dengan keadaan yang ada di dalam bangunan atau di dalam ruangan. Interior meliputi semua desain untuk melengkapi keindahan di dalam ruangan. Namun ada sebagian orang yang tidak mengetahui apa itu pengertian interior. Berikut ini pengertian dari interior.

Apa Pengertian Interior

Apa pengertian interior? Kata interior sering diartikan sebagai bagian dalam, sehingga interior adalah komponen pendukung yang dapat memperindah ruang di dalam kantor atau rumah, pada umumnya interior berkaitan dengan pemilihan cat, furnitur, penataan ruangan dan hal yang berkaitan untuk memperindah ruangan.

Prinsip Desain Interior

Pengertian Interior

Dalam mendesain ruangan dengan interior yang indah dan nyaman ada beberapa prinsip yang dapat di terapkan dalam mendesain sebuah ruangan kantor atau rumah. Nah berikut prinsip desain dasar dalam desain interior. Semoga dapa membantu.

Baca Juga: Pengertian Seni Rupa: Fungsi, Prinsip, Jenis dan Unsur- Unsur

1. Kesatuan dan Harmonisasi

Yang pertama adalah kesatuan dan harmonisasi. Dalam membuat desain interior sebuah ruangan hal yang dibutuhkan adalah warna, pola, bentukan dan material desain. Nah untuk memperoleh ruangan kantor atau rumah yang indah dan nyaman, kamu harus menerapkan kesatuan dan harmonisasi dalam menyusun warna, pola dan bentuk dan material desain agar tetap terlihat serasi dengan kesatuan dan harmonisasi.

2. Keseimbangan

Agar desain interior terlihat nyaman dan indah, desain interior harus dibuat dengan keseimbangan. Setiap unsur yang mendukung desain interior harus seimbang, tidak ada yang menonjol dari yang lain harus memiliki porsi yang sama. Ada beberapa jenis keseimbangan yang perlu kamu tahu yaitu simetris, asimetris, dan radial.

3. Irama

Selanjutnya adalah irama. Irama tidak hanya digunakan di dalam seni musik, namun irama juga digunakan dalam desain interior dalam hal penyusunan unsur di dalam ruangan. Irama dibutuhkan dalam meningkatkan keindahan dan kenyamanan, misalnya dalam pendekorasian dinding dalam menyusun jarak dan tata letak unsur pada dinding seperti lukisan.

4. Komposisi

Komposisi ruang tergantung dengan ruang itu sendiri. Misalnya ruangan rapat pada kantor harus diisi sesuai dengan yang dibutuhkan di dalam ruangan rapat. Agar terlihat indah ruangan rapat harus diisi dengan unsur-unsur yang berkaitan dengan ruangan kantor agar terlihat indah dan nyaman.

5. Skala dan Proporsi

Skala dan proporsi merupakan faktor penting dalam mendapatkan desain ruangan yang indah dan nyaman. Setiap ruangan memiliki kesan yang beragam dan ada beberapa ruangan yang terkesan sempit dan pengap, sehingga dibutuhkan skala dan proporsi yang dapat menyesuaikan isi ruangan.

6. Titik Fokus

Di dalam ruangan yang indah terdapat sebuah unsur yang menjadi pusat perhatian yang dapat disebut dan istilah titik fokus. Bagi seorang yang memiliki keahlian dalam mendesain ruangan pasti akan memiliki unsur ruang yang dapat dijadikan sebagai titik fokus yang sesuai.

7. Detail

Di dalam memilih unsur yang akan di letak kan di dalam ruangan harus diperhatikan. Contohnya adalah pemilihan warna harus sesuai dengan material yang akan di letak kan di dalam ruangan. Agar ruang terlihat indah dan nyaman di pandang.

8. Warna

Warna ruangan merupakan unsur yang sangat penting bagi keindahan ruangan itu sendiri yang dapat menunjang kenyamanan ruangan. Dalam memilih warna yang tepat harus memilih warna yang benar-benar sesuai. Karena warna memiliki kesan tersendiri bagi ruangan kantor atau pun rumah.

Gaya Desain Interior

1. Bohemian

Bohemian
id.pinterest

2. Coastal

Coastal
id.pinterest

3. Kontemporer

Kontemporer
id.pinterest

4. Shabby Chic

Shabby Chic
id.pinterest

5. Industrial

Industrial
id.pinterest

6. Minimalis

Minimalis
id.pinterest

7. Maroko

Maroko
id.pinterest

8. Rustic/ country style

Rustic/ country style
id.pinterest

9. Scandinavia

Scandinavia
id.pinterest

10. Vintage

Vintage
id.pinterest

11. Klasik

Klasik
id.pinterest

12. Gaya Neo-Klasik

id.pinterest

13. Retro

id.pinterest

14. Hightech style

Hightech style
id.pinterest