Pengertian Seni Rupa: Fungsi, Prinsip, Jenis dan Unsur- Unsur Seni Rupa

Pengertian seni rupa

Apa itu seni rupa? Pengertian seni rupa adalah cabang seni yang dapat menghasilkan sebuah karya seni dimana bentuk dan kualitasnya tersebut dapat di rasakan oleh indra manusia itu sendiri, khususnya pada indera penglihatan maupun indera peraba.

Apa Pengertian Seni Rupa? Pendapat lain mengenai pengertian seni rupa adalah sebuah cabang seni yang dapat di nikamiti oleh masyarakat umum karena seni rupa memiliki bentuk dan wujud yang nyata serta dapat dilihat dengan mata telanjang saja.

Dengan kata lain, fine art adalah sebuah karya seni yang berfokus pada sebuah keindahan visual dan sentuhan. Bagi setiap orang-orang tertentu, karya seni rupa dapat menjadi ssebuah hiburan tersendiri hanya dengan melihat ataupun menyentuhnya saja.

Baca Juga: Pengertian Sistem secara Umum

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Setelah membahas pengertian seni rupa secara umum kita juga akan membahas pengertian seni rupa menurut beberapa para ahli untuk memperjelas pengertian seni rupa secara umum agar lebih kuat dan jelas. Berikut ini pengertian seni rupa menurut para ahli.

1. Haukin

Menurut Haukin Fine art adalah suatu bagian dari ekspresi jiwa seseorang yang diimajinasikan serta diterapkan dalam sebuah benda. Pendapat Haukin sebuah seni rupa adalah seni yang hanya untuk dipamerkan ataupun dipertunjukkan kepada orang banyak.

2. Kumala Devi Chattopadhayaya

Pengertian seni rupa menurut Kumala Devi Chattopadhayaya adalah suatu luapan ekspresi dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Dengan kata lain, seni rupa merupakan sebuah jembatan untuk membuat manusia paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman yang membuat fine art.

3. La Mery

La Mery adalah serogan seniman yang berasal dari prancis, seni rupa menurut La Mery adalah sebuah penglihatan yang dapat dilakukan secara simbolis dengan bentuk lebih tinggi ataupun lebih indah. La Mery juga menegaskan bahwa seni rupa merupakan sesuatu yang dapat ditekankan pada keindahan.

Baca Juga: Pengertian interior: Prinsip dan Gaya Desain Interior

4. Coorig Hartong

Coorig Hartong adalah seorang seniman yang asalnya dari negri kincir angina belanda. Coorig Hartong berpendapat mengenai seni rupa adalah suatu cara seorang seniman dalam mengekspresikan diri serta emosi, sehingga orang lain dapat ikut menikmatinya. Cooring Hartong juga menaggap bahwa seni rupa merupakan suatu pesan keindahan yang dapat disampaikan kepada semua penikmatnya.

5. Sussane K Langer

Sussane K Langer bukan soerang seniman melain seorang ahli filsafat atau fulsuf yang berasal dari Amerika Serikat. Sussane K Langer berpendapat seni rupa adalah sebuah bentuk dari hasil karya manusia yang dapat memiliki keindahan serta dapat dinikmati oleh orang lain. Sussane juga memberikan sebuah gambaran jika seni rupa yaitu proses sebuah penciptaan keindahan yang tujuannya yang hanya untuk dinikmati.

Macam-macam seni rupa

Setelah kita membahas pengerptian seni rupa secara umum dan menurut para ahli kita akan membahas macam-macam dari seni rupa itu sendiri. Seni rupa tentu memiliki nilai estetika tersendiri benutk dari jenis-jenis seni rupa itu sendiri memiliki nilai estetika yang berbeda-beda. Nah berikut ini macam-macam dari seni rupa.

1. Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni rupa yang berdasarkan fungsinya juga terbagi menjadi dua yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Berikut ini pengertian seni rupa terapan dan sini rupa murni.

  • Seni rupa murni adalah suatu karya seni yang dapat dibuat dalam menuangkan sebuah ide dari seorang seniman pembuatnya.
  • Seni rupa terapan yaitu suatu karya seni yang hanya dibuat yang bertujuan dalam membantusemua aktifitas manusia di lingkungannya.

2. Seni Rupa Berdasarkan Masanya

Seni rupa berdasarkan masanya terbagi atas tiga bagian di antaranya seni rupa konten porer, seni rupa tradisional, dan seni rupa modern. Berikut ini penjelasannya.

  • Seni rupa modern adalah sebuah seni rupa yang sifatnya individualis. Di mana seni rupa modern ini memiliki sentuhan kreativitas.
  • Seni rupa tradisional adalah seni rupa yang memiliki sifat statis maksudnya adalah seni rupa yang bentuknya tidak pernah berubah dari dulu hingga sekarang
  • Seni rupa kontentporer adalah seni rupa yang hanya di ciptakan pada waktu tertentu dan perkembanganya mengikuti zaman.

3. Seni Rupa Berdasarkan Wujudnya.

Jenis seni rupa berdasarkan wujudnya berbeda dengan jenis seni rupa lainnya namun. Seni rupa berdasarkan eujudnya juga terbagi menjadi dua yaitu seni rupa 3 dimensi dan seni rupa 2 dimensi. Berikut ini penjelasanya masing-masing.

  • Pengertian Seni rupa 2 dimensi adalah sebuah seni rupa yang hanya bisa di nikmati dengan indra penglihatan satu arah. Contoh seni rupa 2 dimensi adalah gambar, ilustrasi, lukisan dan sketsa.
  • Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah sebuh seni rupa yang dapat di nikmati dari segala sisi. Contoh seni rupa 3 dimensi adalah bangunan,pating dan Bunga yang terdapat di dalam vas bunga.

Unsur-unsur Seni Rupa

Agar dapat menjadi sebuah karya seni yang indah di butuhkan unsur-unsur seni rupa yang menunjang dalam pembentukan sebuah karya seni. Seni rupa memiliki unsur-unsur yang akan di satukan dan menjadi sebuah karya seni yang bernilai. Berikut ini unsur-unsur seni rupa.

1. Unsur Titik

Unsur titik merupak sebuah dasar dari suatu ide yang akan digunakan dalam membuat karya seni rupa. Dengan kata lain titik adalah unsur yang paling kecil dari awal pembuatan seni rupa.

2. Unsur Garis

Unsur Garis adalah sebuah unsur yang digunakan menggabungkan semua titik-titik menjadi suatu bentuk tertentu. Garis tersebut akan menjadu sebuah membentuk ciri khas ataupun watak sebuah karya seni kaku, keras, lentur, dan sebagainya.

3. Unsur Bidang

Unsur bidang adalah hasil dari pengembangan dari kedua unsur di atas, unsur garis dan unsur titik. Garis-garis dan titik tersebut ketika di gabungkan akan menjadi sebuah bidang yang memiliki nilai tersendiri maka dari itu seorang seniman dalam menggabungkan kedua unsur tersebut menjadi sebuah bidang akan menjadi teliti.

4. Unsur Ruang

Unsur ruang adalah sebuah unsur seni rupa yang memiliki dua sifat yaitu sifat semu dan sifat tidak hanya dapat di nikmati dengan cara di raba. Kedua sifat ini sangat berbeda sesuai dengan dimensinya masing-masing. 2 dimensi dan 3 dimensi.

5. Unsur Warna

Unsur warna dapat di ibaratkan sebagai bumbu penyedap ras pada makanan, terutama dalam seni rupa harus mempadukan warna untuk mendapatkan sebuah keindahan. Dari perpaduan warna ini dapat menggambarakn suasana hati baik sedih maupun senang.

6. Unsur Tekstur

Dalam suatu karya seni rupa, tekstur dapat diartikan sebagai suatu sifat ataupun keadaan untuk sebuah karya seni. Unsur Tekstur dibedakan menjadi dua di antaranya tekstur semu maupun tekstur nyata. Tekstur semu merupakan tekstur yang mempunyanyai kesan dan tidak ada kesamaan antara penglihatan maupun indera peraba.

7. Unsur Gelap Terang

Unsur seni rupa gelapt terang di gunakan untuk membuat sebuah karya seni lebih terlihat nyata dan hidup. Karena dalam mengerjakan sebuah karya seni sangatlah di perhatikan intensitas cahaya.

Prinsip Seni Rupa

Karya seni rupa dapat di nyatakan sebagai karya seni yang memiliki nilai estetika tersendiri karena di buat dengan menggabungkan unsur-unsur seni rupa di antaranya unsur titik, garis, bidang, ruang, bentuk, warna tekstur dan gelap terang. Selain itu prinsip-prinsip seni rupa juga menjadi penunjanga dari keindahan dari sebuah karya seni. Berikut ini prinsip-prinsi seni rupa.

1. Kesatuan (Unity)

Prinsip kestuan adalah suatu wadah unsur-unsur lain yang terdapat di dalam seni rupa hingga unsur-unsur seni rupa saling berkaitan atau saling terhubung antara satu sama lain dan tidak dapat berdiri sendiri. Sehingga unsur-unsur seni rupa akan bergabung di dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik.

2. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan di atur di dalam karya seni rupa untuk memiliki daya tarik tersendiri. Prinsip keseimbangan tersebut memberikan sebuah pengaruh besar pada usur-unsur seni rupa. Balance atau keseimbangan dapat dibuat secara formal atau simetris, dengan informal/asimetris maupun keseimbangan radial/memancar.

3. Irama (Rytme)

Irama adalah suatu pengulangan dari unsur-unsur seni rupa sehingga di lihat berkesan bergerak. Pengulangan tersebut dapat berbentuk garis, titik, maupun warna. Unsur-unsur yang di ulang-ulang ini di tempatkan pada tempat yang sama sehingga terlihat statis.

4. Komposisi

Prinsip Konposisi adalah sebuah prinsip yang menjadi sebuah dasar dari keundahan karya seni. Komposisi saling berhubungan dengan unsur-unsur seni rupa sehingga menjadi suatu susunan yang teratur dan menjadi suatu karya seni yang memunculkan sebuah ekspresi.

5. Proporsi

Prinsip proporsi adalah sebuah prinsip yang membandingkan antara bagian satu dengan bagian lainnya, sehinga dapat terlihat serasi, selaras dan enak di pandang. Panjang pendek, besar kecil, luas sempit, tinggi rendah merupakan termasuk dalam prinsip proporsi.

6. Pusat perhatian

Prisnisp pusat perhatian adalah sebuah prinsip untuk menampilkan tampilan tertentu agar lebih menonjol dengan kata lain agar dapat telihat berbeda dengan bagian yang ada di sekitarnya. Dapat di atur dengan mengatri posisi, warna, ukuran dan lain sebagainya.


7. Keselarasan

Keselarasan adalah sebuah prinsip untuk menyatukan sebuah unsur yang terdapat di dalam suatu seni rupa berbagai bentuk yang berbeda. Keselarasan ini muncul dengan adanya suaut kesesuaian, kesamaan, maupun tidak bertentangan. Keselarasan dapat dimunculkan dengan mengatur warna, pencahayaan, bentuk yang rapi atau tidak terlalu mencolok di antar satu sama lain.

8. Gradasi

Prinsip gradasi adalah susunan warna yang berdasarkan tingkat perpaduan warna yang di gunakan dala sebuah seni rupa dengan berangsur-angsur.

9. Penekanan

Penekanan Kontras dalam mengatur sebuah perbedaan dari dua unsur yang saling berlawanan, perbedaan yang mencolok dan terletak di warna, bentuk, maupun ukuran sehingga sebuah karya seni tidak terkesan selalu sama. Dengan menggunakan prinsip seni rupa terrsebut maka hasilnya akan terasa lebih berwarna dan lebih menarik.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi seni rupa secara umum dapat di bedakan menjadi dua yaitu fungsi individu dan fungsi social. Berikut masing-masing penjelasanya.

1. Fungsi individu

Fungsi individu yaitu ketika seni rupa dapat memberikan sebuah kepuasan tersendiri bagi setiap individu. Seorang senima merasa puas ketika ia dapat mengekspresikan dirinya terhada karya seni yang di buat.

2. Fungsi Sosial

Selain fungsi individu untuk emuaskan seorang individu, seni rupa juga dapat memberikan kepuasan batin terhadap sekumpula orang yang melihatnya sehingga tidak heran pada saat ini banyak orang-orang yang membeli karya seni dengan harga yang sangat mahal guna hanya untuk memuaskan batinnya.

Demikianlah artikel mengenai pengertian seni rupa, jenis-jenis seni rupa fungsi seni rupa, macam-macam seni rupa, dan unsur-unsur seni rupa. semoga bermanfaat terima kasih sudah berkunjung.

Related Posts