Pengertian Online

By | 27 November 2019

Pengertian Online

Pengertian Online

Apa itu online?, apa yang dimaksud dengan online?, dan apa pengertian online. Mungkin pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang kamu keluarkan ketika mendengar kata online. Pengertian online adalah sebuah istilah ketika seseorang terhubung dengan internet dan dunia maya.

Dengan kata lain kita dapat di sebut online pada saat kita menggunakan internet dan berselancar di internet. dengan melakukan aktivitas online seperti bermain media sosial, baik itu membuka Facebook, WhatsApp, Gmail, Instagram dan media sosial lainnya kita dapat disebut online.

Pada zaman saat ini yang sudah canggih ada banyak alat yang dapat di gunakan untuk online salah satu yang populer saat ini yaitu smartphone. Pada saat ini orang-orang sudah tidak dapat di pisahkan lagi dengan telpon canggih ini. Karena dengan adanya telpon canggih banyak pekerjaan manusia yang di mudahkan.

Baca Juga: Pengertian Berita

Pengertian Media online menurut para ahli

Berikut ini pengertian media online menurut beberapa para ahli

1. Ashadi Siregar

Media online menurut Ashadi Siregar adalah di mana pengucapan umum pada media yang berbasis telekomunikasi serta multimedia. Website, radio online, pers online hingga toko online semua itu dapat di sebut dengan media online.

2. Lorie Ackerman

Menurut Lorie Ackerman, media online adalah sebuah bentuk yang dimana sebuah ide informasi yang di terbitkan secara online. Pada umumnya informasi ini di terbitkan menggunakan komputer, laptop dan alat lainnya.

Ciri-ciri Media Online

Merujuk pada pengertian media online di atas dapat kita lihat ciri ciri media online berikut ini.

1. Informasi Yang Cepat

Ciri ini adalah yang paling mencolok di antara ciri lain nya dan salah satu yang membedakan dengan media – media lainnya. Media online memiliki informasi yang sangat cepat dan mudah untuk di dapatkan. Dengan bantuan internet dan smartphone manusia saat ini sudah sangat mudah untuk mendapatkan informasi baik itu dalam negeri hingga luar negeri.

2. Informasi Yang Dapat Di update

Media online memiliki keunggulan tersendiri dari media lainnya, salah satu nya adalah dapat di update. Dengan nah pada saat memposting informasi di media online seperti website kamu bisa memperbaiki nya ketika ada kesalahan. Dengan bantuan edit post kamu bisa memperbaiki informasi yang salah.

3. Informasi Yang selalu Update

Berbeda dengan ciri-ciri kedua. Ciri-ciri media online yang ketiga adalah informasi yang selalu di update atau biasa disebut dengan informasi terbaru. Media online dapat melakukan penyampaian informasi secara terus-menerus dan teratur. Misalnya ketia terdapat informasi yang sudah lama kamu bisa melakukan pembaharuan dengan informasi yang terbaru.

4. Dapat berinteraksi dengan audens

Ini adalah salah satu kelebihan dari media online. Kamu dapat melakukan interaksi secara langsung dengan audens dengan cara online. Dengan adanya fitur chat, email, survei, komentar dan fitur lainnya kamu dapat secara langsung melakukan interaksi dengan audens kamu.

5. Personalisasi

Media online dapat memberikan pengguna nya untuk menentukan atau memilih informasi apa yang ingin dia dapat kan sesuai kebutuhan mereka. Dengan adanya fitur ini pengguna dapat membaca informasi yang sesuai mereka pilih.

6. Informasi Yang Lama Dapat Di Lihat Kembali

Hampir semua media online memiliki penyimpanan data pada server komputer. Dengan mengupgrade kapasitas penyimpanan, penggunaan tidak perlu khawatir kehilangan informasi yang lama yang kemungkinan di butuhkan kemudian hari. Informasi yang lama tidak akan hilang akan tersimpan di server media online. Sementara itu media online dapat meng-upload informasi baru.

Kelebihan dan Kekurangan Media Online

Berikut ini kelebihan dan Kekurangan dari media

1. Keunggulan Media Online

  • Penyebaran informasi yang begitu cepat
  • Informasi lama dapat di lihat kembali
  • Informasi yang bergam baik itu berupa artikel atau teks, Vidio, gambar hingga audio
  • dapat di akses dengan mudah dan di mana saja
  • Setiap pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan fitur chat dan lainnya.

2. Kelemahan Media Online

Berikut ini kekurangan media Online

  • Informasi yang tidak selalu akurat
  • Terdapat informasi yang hoax atau tidak benar
  • Penggunaan harus mempunyai alat media online seperti android atau komputer
  • Ketika melihat informasi dalam jangka yang lama dapat mengakibatkan kerusakan mata
  • Untuk mengakses informasi membutuhkan internet sehingga terdapat biaya tambahan.

Nah itulah Artikel Tentang pengertian online, pengertian media online menurut para ahli, ciri-ciri media online serta kelebihan dan Kekurangan Media online. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *