Pengertian LAN

Pengertian LAN

Pengertian LAN

Apa itu LAN – Jadi, untuk mengetahui definisi dari LAN (local area network) itu sendiri. Kita harus mengetahui konteks pembahasan secara gamblang mengenai bentuk dari LAN itu sendiri. LAN kepanjangan dari Local Area Network dimana bentuk wilayah cakupan oleh LAN yaitu daerah lokal dan jaringannya kecil atau terbatas. Contohnya saja, jaringan komputer, sekolah, rumah, atau di dalam satu ruangan saja.

Baca Juga: Pengertian Online

Selain itu juga, ada sebah teknologi yang dinamakan 802.11b (Wi-fi) yang digunakan untuk membentuk LAN, dimana area yang menyediakan koneksi LAN berteknologi Wi-fi disebut dengan hotspot.

Umumnya untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada di dalam wilayah kecil atau berdekatan digunakan lah jaringan LAN. Contohnya adalah Jaringan komputer yang terdapat dalam ruang laboratorium sekolah yang saling berkaitan/terhubung, sehingga proses pertukaran antar data dapat dengan mudah dan cepat.

Baca Juga: Pengertian MAN

Pengertian LAN Menurut Para Ahli

Selain itu, untuk memahami secara lebih lengkap dan jelas mengenai pendefinisian LAN dan ekstensi pemaparan pengetahuan mengenai LAN, ada beberapa Pengertian LAN Menurut Para Ahli:

1. Bonnie Suherman

Bonnie Suherman berpendapat tentang pengertian LAN yaitu sebuah jaringan yang terbatas pada ruangan tunggal yang terdapat di dalam satu gedung atau menghubungkan beberapa gedung dalam satu area geografis yang tertutup.

2. Angga Wibowo

Angga Wibowo merupakan salah satu konsultan IT di Indonesia yang telah memiliki perusahaan yaitu PT. IDStar Cipta Teknologi. Menurut Angga Wibowo, LAN merupakan sebuah jaringan yang pribadi atau lokal. Pada umumnya jaringan LAN ini digunakan pada ruang lingkup yang kecil, seperti dalam suatu kantor, kampus, dan lingkungan lainnya.

3. Teguh Wahyono

Teguh merupakan salah satu orang di perusahaan Pegadaian yang berprofesi sebagai CTO and IT Director at PT. Pegadaian (Persero). Menurut Teguh, LAN merupakan suatu jaringan komputer yang sifatnya lokal, yang memiliki cakupan wilaya yang kecil, tidak terlalu besar. Jaringan LAN ini hanya memiliki wilayah dengan radius sekitar 20 km saja atau lebih sempit.

4. Arief Ramadhan

Arief yaitu lulusan dari fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Beliau juga sangat aktif dalam menulis artikel/jurnal. Nah Menurut Arief Ramadhan, LAN adalah suautu jaringan komputer yang memiliki area cakupan yang terbatas pada lokasi tertentu saja.

5. Agus J. Alam

Agus yaitu penulis buku dari Microsoft Visual Basic 5.0 yang dikenal bukunya dapat membantu bagi mereka yang masih kesulitan dalam menggunakan Microsoft Visual. Menurut Agus J. Alam, LAN merupakan suatu jaringan yang terdiri atas satu komputer atau lebih, yang berada di dalam suatu lokasi tertentu.

Baca Juga: Pengertian WAN

Karakteristik LAN

Namun, disamping defisini itu semua, untuk mengetahui lebih lanjut kita juga butuh untuk melihat secara mendalam mengenai karakteristik LAN berikut ini.

  • LAN memiliki keadaan geografi yang sempit, misalnya kantor, sekolah, rumah dan sebagainya.
  • Kecepatan perpindahan data LAN lebih tinggi
  • LAN berfungsi dengan baik walaupun tidak adanya jalur telekomunikasi

Fungsi Jaringan LAN

Selain mengetahui definisi dan karakteristiknya, pentingnya juga untuk mengetahui fungsi LAN agar lebih memahami lagi penggunaan LAN itu sendiri. Berikut ini fungsi LAN

  • Mengkoneksikan beberapa komputer dalam sebuah wilayah kecil
  • Dapat memungkinkan komunikasi antara komputer yang saling terhubung
  • Untuk mempercepat proses berbagi data antara komputer di dalam jaringan
  • Hemat biaya operasional, karena jaringan di pakai secara bersama-sama

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Nah, setelah mengetahui beberapa info penting mengenai LAN. maka, juga tak kalah penting guna untuk melihat desain nya. Setiap jaringan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini kelebihan dan kekurangan LAN

1. Kelebihan LAN

  • Pengguna dapat salin berbagi dengan dengan komputer yang saling terhubung
  • Mempermudah mengakses file oleh banyak komputer.

2. Kekurangan LAN

  • Keamanan LAN rentan karena dapat diakses oleh banyak orang
  • Jika terjadi masalah di server pusat maka, akan berdampak buruk pada semua komputer
  • Biaya instalasi yang cukup mahal karena area yang lumayan luas
  • Demikianlah penjelasan yang jelas mengenai pengertian LAN, fungsi, tujuan, dan komponen jaringan LAN. Semoga kalian dapat mengambil ilmu pengetahuan dari suguhan materi yang disajikan.

Demikianlah artikel tentang pengertian LAN (local area network), karakteristik, fungsi, kekurangan dan kelebihan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca.