Pengertian WAN

Pengertian WAN

Pengertian wan, fungsi wan, karakterisik wan – Pengertian Wan adalah Jaringan area Luas (Wide Area Network/WAN) yang merupakan jaringan telekomunikasi yang bekerja lebih pada area geografis untuk tujuan utama jaringan komputer. Jaringan area yang luas seringkali dibentuk dengan sirkuit telekomunikasi sewa.

Pengertian WAN

WAN tidak secara dibutuhkan berkoneksi secara fisik berbeda dengan LAN. contohnya bisa kita memiliki tulang dari teknologi WAN yang dilokalisasi, yang berkoneksi dengan LAN yang berbeda LAN dengan kampus. Hal ini bisa untuk memfasilitasi aplikasi luas bidang yang lebih tinggi atau menyediakan secara fungsional lebih baik bagi pengguna dalam CAN.

Baca Juga: Pengertian WAN

Karakteristik WAN

  • Menghubungkan perangkat yang terpisah melalui area geografis yang lebih luas daripada LAN
  • Menggunakan Pembawa jaringan seperti perusahaan telepon atau penyedia jaringan
  • Menggunakan koneksi serial
  • Lapisan WAN san OSI (Interkoneksi sistem terbuka). WAN focys terhadap lapis pertama yang berbentuk fisik dan lapisan kedua berbentuk sambungan data. Sambungan data: standar mendeskripsikan bagaimana data dipindahkan ke lokasi yang terkontrol. Contohnya ditunda, seperti pada ATM dan HDLC
  • WAN memiliki cakupan area yang luas. Menggunakan koneksi serial dari berbagai macam jenis agar dapat melakukan akses bandwith di dalam lokasi yang berjauhan
  • Digunakan untuk menghubungkan perangkat yang tidak dapat dihubungkan dengan jaringan LAN dan MAN, sebab itu jaringan WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan yang luas jangkauannya.
  • Dapat melakukan paket data ataupun frame antar router atau switch serta jaringan LAN yang sudah dibuat. Bekerja terhadap layer physical dan data link dari layer OSI.

Fungsi WAN

  • Menyediakan layanan penting terhadap publik. Siswa di universitas bisa mempercayakan nya terhadap WAN untuk mengakses penelitian universitas atau data base. Dan setiap hari, orang-orang mempercayai kalian untuk berkomunikasi bank, belanja dam lain sebagainya.
  • Untuk mengkoneksikan komputer, yang tersambung dengan area geografis yang luas. WAN bisa digunakan untuk mengkoneksikan kota hingga negara.
  • jaringan WAN memiliki fungsi dan juga peranan yang sangat penting bagi arus informasi dan juga proses komunikasi dari setiap kantor yang ada. Dan dengan menggunakan jaringan WAN sebagai media transmisi data serta informasi, maka dari itu kejadian miskomunikasi akan dapat diminimalisir bahkan dihilangkan.
  • Mendukung fungsi operasional dari perusahaan yang berskala multinasional dan juga internasional. Dengan adanya jaringan WAN terhadap sebuah perusahaan tersebut, maka segala bentuk kegiatan operasional perusahaan bisa berjalan dengan lebih baik.
  • memudahkan dan juga mempercepat arus informasi serta komunikasi. Seperti sebuah komunikasi dari kantor cabang yang ada, perwakilan dan juga kantor pusat.
  • meningkatkan efisisensi waktu yang dimiliki kantor dalam melakukan transmisi perpindahan data, maka hal ini akan menyebabkan kinerja dan juga kemampuan perusahaan menjadi semakin baik dan juga semakin meningkat.
  • Menghemat dari biaya operasional pun akan menjadi lebih baik lagi. Hal ini sudah pasti berhubungan erat dengan efisiensi waktu dan tenaga yang dihasilkan karena adanya jaringan WAN ini.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

Jika perusahaan kalian memiliki cabang di beberapa lokasi, jaringan area yang luas merupakan pilihan tepat untuk meningkatkan produktifitas dan meningkatkan komunikasi internal. Dibawah ini beberapa keuntungan bisnis yang lebih kritikal untuk mendirikan sebuah WAN:

Baca Juga: Pengertian LAN

1. Memusatkan infrastruktur IT

banyak yang mempertimbangkan keutungan dari WAN ini. WAN mengeliminasi kebutuhan untuk membeli email atau penyedia file untuk setiap kantor. Malahan, kalian hanya harus mengatur pusat data kantor. Mengatur WAN juga menyederhanakan manajemen penyedia jaringan, kalian tidak harus mendukung, mencadangkan, menyimpan, atau melindungi secara fisik beberapa unit. Juga, mengatur WAN menyediakan skala ekonomi yang signifikan dengan menyediakan tempat pusat sumber daya IT secara keseluruhan perusahaan bisa menggunakannya.

2. Menambahkan jangkauan

perusahaan WAN sering menggunakan jaringan yang disewakan daripada koneksi secara luas untuk membentuk tulang belakang dari jaringan mereka. Menggunakan jaringan sewa menawarkan beberapa keuntungan untuk perusahaan, termasuk kecepatan unggahan yang lebih tinggi daripada koneksi tipe yang secara luas tersebut. Perusahaan WAN juga secara umum menawarkan batasan transfer data per bulan tanpa batas, jadi kalian bisa menggunakan jaringan ini sebanyak mungkin tanpa memperbaharuinya lagi. Komunikasi dikembangkan tidak hanya meningkatkan efisiensi tapi juga meningkatkan produktifitas.

3. Mengeliminasi kebutuhan bagi ISDN

WAN bisa memotong biaya dengan mengeliminasi kebutuhan untuk merental sirkuit ISDN yang mahal dan sibuk untuk panggilan telepon. Sehingga kalian bisa membawa mereka. Jika penyedia layanan WAN kalian “memprioritaskan lalu lintas suara,” kalian tidak bisa melihat beberapa kualitas suara.

4. Waktu yang yang dipatuhi dan dihargai

Banyak penyedia WAN menawarkan dukungan kelas bisnis. Itu artinya bahwa kalian mengambil jumlah waktu per bulan yang spesifik, seperempat bulan, atau per tahun seperti bagian dari SLA. Tidak ada perusahaan bisa memperjuangkan nya sehingga menjadi sederhana di beberapa waktu lingkungan bisnis hari ini diberikan permintaan unik untuk pelanggan yang modern Menyediakan beberapa entrepreneur yang sebaiknya

2. Kekurangan

Sementara WANS memiliki keuntungan, mereka memiliki kekurangan pula. ini merupakan kekurangan dari WAN:

1. Biaya pengaturan tinggi

WAN diperdebatkan dan begitu kompleks, jadi mereka lebih mahal untuk pemasangan nya. Dengan jelas, lebih besar WAN, lebih membutuhkan biaya untuk pemasanga nya. Satu alasan bahwa biaya tinggi yaitu butuh mengkoneksikan area kontrol jarak jauh. Bagaimanapun, dengan menggunakan jaringan publik, kalian bisa memasang WAN menggunakan hanya software (SD-WAN), yang mengurangi biaya pemasangan. Yang perlu dipertimbangkan bahwa rasio harga/kinerja WAN lebih baik daripada sebelum-sebelumnya.


2. Tingkat keamanan

WAN membuka celah untuk tipe tertentu dari cabang keamanan internal, seperti penggunaan yang tidak di tentukan, pencurian informasi, kerusakan parah pada dokumen.

3. Masalah perawatan

memelihara Jaringan WAN itu adalah tantangan, tidak diragukan lagi. Menjamin bahwa pusat data kalian ada dan beroperasi 24 jam sepekan merupakan tantangan pemeliharaan paling besar dari semuanya. Manajer pusat data harus bisa mendeteksi kegagalan sebelum mereka menjadikan atau mengurangi waktu pusat data sebanyak mungkin, tanpa terkecuali. Waktu down memiliki biaya, fakta nya, sebuah studi diselesaikan oleh infonetiks penelitian memperkirakan bahwa bisnis medium dan besar di Amerika kehilangan 100 dollar per tahun terhadap IT dan down time teknologi komunikasi.

Demikianlah artikel tentang pengertian WAN, Fungsi WAN, Karaktersitik WAN, Kelebihan dan Kekurangan WAN. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan umum anda.