Prospek Kerja Sistem Informasi
Prospek Kerja Sistem Informasi

9+ Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Menjanjikan

Apa itu Sistem Informasi? Sistem Informasi yaitu sebuah bidang yang menggabungkan sebuah ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Dimana dalam jurusan akan mempelajari tentang cara mendesain sistem yang tepat berdasarkan tujuan organisasi atau perusahaan sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnisnya.

Prospek Kerja Sistem Informasi

Adapun prospek kerja sisem informasi sebagai berikut:

1. Business Analyst

Dimana seiring dengan meningkatnya aplikasi dalam dunia IT maka business anlyst semakin dibutuhkan. Jadi seorang business analyst sangat penting salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dan user.

2. Network Administrator

Seorang network administrator juga meliputi penaksiran hal-hal yang dikerjakan oleh network administrator sangat luas, yang dibutuhkan suatu perusahaan klien berkaitan tentang sistem informasi, hingga mendesain dan mengembangkan sistem informasi baru serta memasangnya. Lulusan pendidikan sisitem informasi, seorang network administrator dapat bertugas mendidik serta mengajari orang lain untuk dapat menggunakan sebuah sistem informasi baru.

3. Project Manager

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Lengkap

Project manager seorang penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek yang posisinya yang lebih strategis, peran seorang project manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan tersebut.

4. E-Commerce System Developer

E-Commerce system developer dimana meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan. Bila sebuah profesi dikembangkan kecakapanmu untuk bekerja dalam tim sejak sekarang.

5. IT Manager

Baca Juga:Prospek Kerja Teknik Informatika

IT manager menduduki jabatan IT manager, haruslah memiliki kemampuan manajemen yang baik, instalasi dan maintence pada hardware, software, hingga network perusahaan menjadi tanggung jawab IT manager.

6. IT Consultant

Seorang IT consultant biasanya membantu klien yang ingin menggunakan IT, dan kadang IT conulstant membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efiensi sistem IT.

7. Programmer

Seorang programmer memiliki tugas untuk menciptakan program-program digital yang dibutuhkan oleh perusahaan, dimana menjadi programmer memiliki kesempatan terbuka lebar untuk menjadi seorang programmer.

8. Network Security

Network security untuk prospek kerjanya akan bertanggung jawab atas keamanan jaringan yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Membangun sistem keamanan tersebut sistem IT perusahaan tidak mudah ditembus para hacker.

9. Web Developer

Seorang web developer bekerja untuk merancang web, banyak yang berhubungan dengan dunia pemrograman dan proses membangun website.

Baca Juga: 12+ Peluang dan Prospek Kerja Jurusan PGSD

Keuntungan untuk lulusan seorang sistem informasi

Adapun keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan sistem informasi sebagai berikut:

  • Dalam prospek kerja sistem informasi dapat menjanjikan, apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi untuk sekarang ini.
  • Ahli sistem informasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar antara programmer dan user dalam membangun sebuah sistem. Selain perusahaan, lulusan sistem informasi sering dibutuhkan oleh institusi pemerintah.
  • Ilmu yang dipelajari tentang teknologi jadi dapat memudahkan dalam beradaptasi di lingkup kerja.
  • Keterampilan dalam mendesain, banyak instansi yang menginginkan seorang IT dan juga seorang IT dalam membuka lapangan pekerjaan.
  • Peluang dalam melanjutkan studi pascasarjana lebih berpeluang dalam mengejar beasiswa

Adapun Pengertian dari sistem informasi, Prospek kerja sistem informasi dan keuntungan untuk lulusan seorang sistem informasi. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

 

 

 

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri