Pengertian Paradigma

Pengertian Paradigma Secara Umum

pengertian paradigma

Apa itu paradigma? Apa yang pengertian paradigma? Pengertian paradigma adalah suatu cara pandang seorang individu terhadap lingkungan dan dirinya sendiri, yang di mana hal tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap pemikiran, sikap dan perilakunya. Pengertian Pergeseran Paradigma menurut Thomas Kahn adalah perubahan asumsi dasar atau paradigma dalam sains.

Pengertian paradigma menurut etimologis di ambil dari bahasa inggris yaitu paradigm yang merupakan kata serapan dari bahasa latin yaitu paradigma yang memiliki arti pola atau model. Selain itu dalam bahasa yunani di ambil dari kata paradeigma yaitu para dan deiknunai yang memiliki arti membandingkan, bersebelahan dari arti para dan memperlihatkan dari arti deik.

Artikel Terkait: Pengertian Natalitas

Pada umumnya istilah paradigma lebih condong ke dunia politik dan bagaimana cara menyelesaikan masalah yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Sejarah dari paradigma itu muncul dari pertamakali ketika di perkenalkan oleh seorang ilmuwan yang bernama Thomas Kuhn yang tertulis di dalam bukunya yang berjudul The Structure of Scientific Revolution.

Saat pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Kuhn tujuannya adalah untuk termonologi kunci yang diperuntukkan untuk ilmu pengetahuan. Berselang beberapa waktu barulah Robert Fridrichs mampu menjelaskan definisi paradigma dengan jelas.

Pengertian paradigma Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas arti dari paradigma di atas, kamu dapat melihat definisi dari paradigma menurut beberapa para ahli berikut ini.

1. Robert Freidrichs

Robert Freidrichs merupakan ilmuan pertama yang menjelaskan definisi paradigma dengan jelas, menurut Robert Freidrichs arti paradigma adalah suatu kumpulan dari tata nilai yang kemudian membentuk menjadi pola pikir seseorang, sebagai titik tolak pandangan sehingga dapat menimbulkan citra subjektif terhadap seseorang secara realita, yang membuat bagai cara menangani realita tersebut.

2. Thomas Kahn

Thomas Kahn adalah orang pertama kali yang memperkenalkan istilah paradigma. Pengertian paradigma menurut Thomas kahn adalah sebuah konsep dasar atau landasan pikir yang digunakan sebagai model yang dimaksud oleh para ilmuwan di dalam usahanya. Dengan mengandalkan beberapa studi keilmuan yang dilakukan.

Artikel Terkait: Pengertian Musyawarah

3. C. J. Ritzer

Arti paradigma menurut C. J. Ritzer adalah suatu pandangan ilmuwan mengenai apa yang menjadi dasar pokok dalam menangani suatu masalah yang seharusnya di pelajari oleh suatu cabang ilmu pengetahuan.

Macam-Macam Paradigma

Berikut ini beberapa macam-macam dari paradigma!

1. Paradigma Politik

Pengertian Paradigma politik adalah suatu pandangan yang mendasar dimana mengarah kan seseorang untuk bertindak di bidang politik.

2. Paradigma Ekonomi

Paradigma ekonomi adalah pola pikir manusia yang mendasar pada bagaimana mereka diarahkan untuk bertindak di berbagai bidang ekonomi.

3. Paradigma Sosial Dan Budaya

Paradigma Sosial Dan Budaya adalah pandangan hidup masyarakat yang mendasar pada sifat filosofi yang nantinya mengarahkan masyarakat untuk bertindak pada kehidupan sehari-har mereka.

4. Paradigma Hukum

Paradigma hukum adalah jenis paradigma yang mendasar pada hukum yang di mana akan membawa pola pikir masyarakat untuk dalam bertindak sesuai hukum yang berlaku.

5. Paradigma Agama

Jenis paradigma yang terakhir adalah paradigma dibidang kehidupan antara agama, artinya adalah pola pikir yang dapat memberikan petunjuk kepada masyarakat untuk bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan saling menghargai sesama umat beragama.

6. Paradigma Pembangunan

pengertian paradigma pembangunan suatu pola pikir atau cara berpikir untuk melakukan pembangunan yang mengikuti kerangka dari berbagi aspek yaitu aspek politik, aspek ekonomi, aspek pendidikan, aspek inprastruktur, aspek teknologi dan aspek budaya.

7. Paradigma Penelitian

Pengertian Paradigma Penelitian menurut Thomas Kahn adalah bagaimana cara pandang seseorang terhadap penelitian mengenai bagaimana masalah dapat dipahami dan dikaji.

Contoh Paradigma

Merujuk pada pengertian paradigma yang telah dijelaskan diatas. Dapat kita lihat contoh dari paradigma berikut ini.

  1. Paradigma Rekonstruksi Teori
  2. Paradigma Piramida
  3. Paradigma Kualitatif
  4. Paradigma Siklus Empiris
  5. Paradigma Deduksi-Induksi
  6. Pancasila Sebagai Paradigma
  7. Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional
  8. Filsafat Pancasila
  9. Pelaksanaan Dan Pengalaman Pancasila

Demikianlah artikel tentang pengertian paradigma, macam-macam paradigma dan 9 contoh dari paradigma. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Sekian dan terima kasih.

Related Posts