Perubahan Organisasi: Pengertian, Faktor, Tujuan, dan Manfaatnya

Dalam perkembangan informasi dan teknologi yang semakin maju, sebuah organisasi atau perusahaan di tuntut untuk mampu menyesuaikan dengan keadaan lingkungan dengan melakukan perubahan organisasi agar dapat tetap eksis dalam mencapai tujuan secara yang telah ditentukan oleh pimpinan organisasi atau perusahaan.

Untuk menyikapi perubahan yang ada sebuah organisasi atau perusahaan harus mampu melakukan perubahan organisasi. Yang dimana perubahan organisasi tersebut dapat meliputi lingkungan, aktifitas karyawan dan sebagainya.

Menurut displaces (2005) perubahan yang terjadi di dalam organisasi sering kali tidak menguntungkan, namun perubahan tersebut harus dilewati jika tidak organisasi tidak akan mampu bersaing dengan organisasi atau perusahaan lain.

Pengertian Perubahan Organisasi

Apa pengertian perubahan organisasi? Jadi pengertian perubahan organisasi adalah suatu proses di mana sebuah organisasi atau perusahaan terus melakukan perpindahan dari keadaan masa lalu menuju ke masa depan dengan melakukan inovasi yang dapat meningkat efektifitas perusahaan.

Untuk memulai perubahan organisasi hal yang pertama di ubah adalah struktur atau sistem yang terdapat di dalam organisasi, walaupun hal perubahan tersebut bisa saja berdampak negatif namun harus dilakukan demi membiasakan organisasi untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Baca Juga: Prinsip-prinsip organisasi menurut para ahli

Pengertian perubahan organisasi menurut para ahli

Berikut ini Pengertian perubahan organisasi menurut beberapa para ahli yang kami kutip dari beberapa sumber berikut ini.

1. Gibson (1985: 18)

Perubahan organisasi merupakan suatu usaha yang sudah direncanakan oleh manajemen untuk menghasilkan prestasi keseluruhan individu, kelompok dan organisasi, dengan mengubah cara struktur, perilaku dan proses.

2. Robbins

Pengertian perubahan organisasi merupakan proses yang mengacu pada hal-hal yang berkaitan berbagai aktivitas pelaksanaan tugas yang terdapat di dalam organisasi, sehingga menuju pada suatu kedaan di dalam perusahaan tersebut dapat dianggap lebih pihak oleh pihak manajemen seiring dengan berjalannya waktu.

3. Hatch (1997)

Perubahan organisasi secara sederhananya dapat diartikan sebagai pembahasan tentang mengapa, kapan, dan bagaimana organisasi melakukan perubahan tersebut.

4. Desplaces (2005)

Perubahan Organisasi adalah proses dimana organisasi tersebut berpindah dari keadaannya yang sekarang menuju ke masa depan yang diinginkan untuk meningkatkan efektifitas organisasinya.

Baca Juga: Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Lengap Penjelasan

Tujuan Perubahan Organisasi

Menurut Hellieger & Slocum perubahan organisasi yang sudah di rencanakan merupakan suatu usaha untuk mengarahkan organisasi pada tujuan tertentu, selain tujuan perubahan organisasi lainnya adalah untuk menemukan cara untuk memperbaiki kinerja sumber daya yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan dan menciptakan nilai bagi organisasi.

Jenis Perubahan Organisasi

Menurut Grundy (2004) yang dikutip di dalam bukunya terdapat 3 perubahan organisasi sebagai berikut:

1. Smooth incremental change (Perubahan bertahap yang mulus)

Jenis perubahan ini terjadi relatif lambat, sistematis, dapat diprediksi dan dapat disimpulkan, Perubahan bertahap yang mulus juga dapat berlangsung terhadap kecepatan konstan

2. Bumpy incremental change (Perubahan bertahap yang tidak rata)

Jenis perubahan organisasi Bumpy incremental change memiliki ciri-ciri periode yang lebih tenang yang sekali-kali disela percepatan gerak perubahan. Perubahan jenis ini dapat disebabkan oleh lingkungan organisasi, lingkungan internal seperti tuntutan efektifitas organisasi.

3. Discontinuous incremental change

Jenis perubahan organisasi Smooth incremental change ini dapat diartikan sebagai suatu perubahan yang ditandai dengan pergeseran cepat atas strategi, struktur serta budaya bahkan dengan ketiganya secara sekaligus.

Tahapan perubahan organisasi

Menurut Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi terdapat beberapa tahap-tahap dalam perubahan organisasi sebagai berikut.

1. Pencarian

Pencarian yang dimaksud disini adalah adanya praktik dan ide-ide yang sebelumnya digunakan digantikan dengan praktik dan ide-ide yang baru. Namun ada kendala yang sering ditemukan yaitu sulit menghilangkan ide lama karena sudah menjadi kebiasaan dan sulitnya mempelajari ide dan praktik baru.

2. Perubahan

Tahapan yang kedua adalah perubahan untuk mempelajari ide-ide dan praktik baru yang sudah ditemukan, proses perubahan ini dapat meliputi membantu pemikiran karyawan, alasan untuk penampilan ide-ide baru.

3. Pembekuan ulang

Pada tahap pembekuan ulang dapat dikatakan sebagai tahap akhir di dalam melakukan suatu perubahan. Yang dilakukan di dalam pembekuan ulang adalah mempraktekkan apa yang sudah dipelajari secara nyata.

Baca Juga: Materi Lenkap Pengertian Manajemen Operasional

Faktor Penyebab perubahan organisasi

Berdasarkan beberapa sumber yang kami kutip ada 2 faktor perubahan organisasi yaitu faktor internal atau dari dalam dan faktor eksternal atau dari luar.

1. Faktor Internal

Perubahan organisasi yang disebabkan oleh faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam organisasi. contoh Faktor internal yang dapat menjadi penyebab proses perubahan organisasi adalah konflik yang terjadi di dalam organisasi, berkurangnya tenaga kerja, menurunnya semangat kerja dan sebagainya.

2. Faktor Eksternal

Perubahan organisasi yang disebabkan oleh faktor eksternal atau faktor dari luar organisasi. Contoh perubahan organisasi yang disebabkan oleh faktor dari luar organisasi adalah perubahan regulasi pemerintah, keadaan ekonomi, lingkungan dan persaingan dengan organisasi lain.

Contoh perubahan organisasi

Berikut ini beberapa contoh organisasi.

  • Perubahan struktur organisasi
  • Pemecatan dan perekrutan sumber daya manusia
  • Menambah fasilitas di dalam organisasi
  • Menaikkan gaji karyawan
  • Meningkatkan pelatihan sumber daya manusia
  • Dan lain sebagainya

Contoh organisasi yang melakukan perubahan organisasi

Berikut ini contoh perusahaan yang melakukan perubahan organisasi dan memberikan dampak yang positif

  • Amazon
  • Microsoft
  • Apple
  • Lego
  • Ovo
  • Dan lain sebagainya

Demikianlah pembahasan tentang perubahan organisasi, mulai dari pengertian perubahan organisasi, tujuan perubahan organisasi, jenis perubahan organisasi, tahap-tahap perubahan organisasi, faktor perubahan organisasi dan contohnya. Semoga dapat menambah wawasan pembaca. Terima Kasih.

Related Posts