pengertian sistem operasi komputer
pengertian sistem operasi komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer Secara Lengkap

Pengertian sistem operasi komputer

Apa itu Sistem operasi komputer? Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak  yang dapat dijalankan langsung saat komputer booting (mulai hidup) dimana sistem operasi bertugas sebagai manajemen software dan hardware yang dapat terhubung. Adapun istilah dari perangkat lunak sistem ialah sebuah perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan manajemen perangkat keras, sehingga aplikasi tersebut dapat berjalan. Perangkat lunak juga dapat diatur oleh sistem operasi yang disebut dengan aplikasi, contoh aplikasi pengolah kata dan game.

Jenis sistem operasi komputer

Adapun jenis sistem operasi terdiri dari 2 yaitu:

1. Command Line Interface (CLI)

Command line interface adalah antarmuka yang dapat digunakan untuk tentang menggambarkan sistem operasi dengan cara mengetikkan perintah. Adapun penggunaan CLI umumnya untuk keperluan manajemen server, jaringan dan programming.

2. Graphical User Interface (GUI)

Graphical user interface adalah antarmuka interaktif yang sifatnya grafis visual yang dapat memudahkan dalam menggunakan sistem operasi yang bersangkutan. Adapun pengguna GUI lebih populer karena dapat memenuhi keperluan user.

Cara Kerja dari Sistem Operasi Komputer

Baca juga: Sejarah Sistem Operasi Lengkap

Adapun cara kerja dari sistem operasi komputer sebagai berikut:

  1. Dapat melakukan manajemen proses yang artinya sistem operasi dapat melakukan penjadwalan, pembuatan file, penghapusan file dst.
  2. Sistem operasi komputer hanya dapat bekerja dengan menerima instruksi dari penggunanya.
  3. Setelah menerima instruksi, dapat dikelola atau diubah menjadi sebuah informasi yang dapat diterima oleh perangkat lunak atau software yang ada pada komputer.
  4. Tampilan dari komputer (hardware) dapat berubah saat sistem operasi dapat memproses instruksi dan menjalankan apa yang telah diinginkan oleh penggunaanya.

Fungsi Sistem Operasi

Adapun fungsi dari sistem operasi sebagai berikut:

1. Dapat Menjalankan Operasi Dasar

Yang dimaksud operasi dasar yaitu operasi dasar pada komputer sistem ini dapat sebagai komponen yang mendasari kerja software. Dimana sebelum berjalan sebuah aplikasi pada suatu komputer, maka sistem operasi yang memungkinankan program atau aplikasi tersebut dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau aplikasi yang dapat berjalan dan ditampilkan kepada user yang juga menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Mengatur Kerja Pada Hardware dan Software

Adapun dalam mengatur kerja pada hardware dan software dengan mengontrol sebuah perangkat keras melalui memori, CPU, harddisk dan perangkat keras lainnya dan juga mengatur program software agar dapat terhubung dengan perangkat keras lainnya.

3. Melakukan Pengawasan Terhadap Program

Pada saat terjadi error pada sistem operasi akan menampilkan sebuah informasi atau peringatan. Dimana peringatan tersebut didesain sedemikan rupa agar menjadi sebuah pengawasan jika terjadi pesan error pada sistem operasi.

4. Menjadi Sebuah Wadah Program Atau Aplikasi

Dimana aplikasi-aplikasi pada komputer dapat tersimpan dengan perangkat penyimpanan yang sebenarnya adalah program yang berada pada wadah sistem operasi tersebut. Aplikasi akan melekat pada sistem operasi dan tidak dapat berfungsi tanpa adanya sistem operasi.

Baca juga: Jenis-jenis Sistem Operasi

5. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Dimana fungsi SO dapat mengoptimalkan pengguna perangkat keras maupun perangkat lunak contohnya dalam mengatur waktu berfungsinya pada CPU, pemanggilan data yang tersimpan dalam memori harddisk serta mengatur pada waktu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal.

6. Menyajikan Tampilan

Adapun tampilan layar pada gedget merupakan hasil dari pengoperasi sistem operasi. Dimana sistem operasi lebih memudahkan aplikasi berjalan sekaligus dalam menampilkan pada monitor layar komputer atau menterjemahkan bahawa pemrograman yang berasal dari CPU yang akan ditampilkan dalam bentuk teks, grafis dan tampilan yang dapat dimengerti.

Demikian pengertian sistem operasi komputer, cara kerja dan jenis-jenis sistem operasi. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *