Pengertian Kompensasi

Pengertian Kompensasi Secara Umum

Pengertian Kompensasi

Apa itu kompensasi? Apa pengertian kompensasi? Pengertian kompensasi adalah imbalan yang berbentuk, uang barang langsung atau barang tidak langsung yang diberikan kepada karyawan dari hasil kinerja yang telah diberikan kepada perusahaan.

Kompensasi yang berupa uang merupakan gaji diberikan kepada karyawan yang berbentuk sejumlah uang kartal. Sedangkan kompensasi yang berupa barang adalah gaji yang diberikan kepada karyawan dari hasil dari produksi barang perusahaan, misalnya hasil pembuatan sepatu akan diberikan 10 % yang telah diuangkan kepada karyawan.

Artikel Terkait: Pengertian Laba

Kompensasi merupakan istilah-istilah yang sering digunakan di dalam imbalan finansial yang terima oleh orang-orang yang bekerja di dalam perusahaan atau organisasi. Pada umumnya kompensasi diberikan kepada karyawan setiap bulannya baik itu dalam bentuk moneter maupun dalam bentuk non moneter.

Manfaat Kompensasi

Kompensasi memberikan banyak sekali manfaat bagi orang yang menerimanya sehingga hal ini tidak bisa dianggap sepele. Berikut ini manfaat kompensasi bagi penerimanya.

1. Sebagai transaksi Ekonomi

Dengan adanya karyawan yang bekerja di perusahaan makan produksi perusahaan akan meningkat dan berkualitas. Nah sebagai timbal balik perusahaan akan memberikan kompensasi kepada karyawannya. Dengan kompensasi tersebut kebutuhan karyawan dapat tercukupi.

2. Sebagai transaksi pisikologi

Kerja sama karyawan dengan perusahaan merupakan kontrak pisikologi, yang di mana perusahaan menggunakan keterampilan yang dimiliki karyawan maka perusahaan harus memberikan imbalan kepada karyawan dari keterampilan yang digunakan.

3. Sebagai Transaksi Politik

Kenapa dikatakan sebagai transaksi politik? Karena kompensasi berkaitan dengan penggunaan keterampilan, kekuatan dan pengaruh.

4. Transaksi sebagai etika

Selain keterampilan yang dimiliki karyawan, etika juga menjadi faktor penentu dari kompensasi yang diberikan oleh perusahaan. Ketika karyawan yang beretika baik mungkin saja kompensasi nya lebih besar begitu pun sebaliknya. Namun hal tersebut tidak selamanya terjadi di dalam dunia kerja.

Jenis-jenis kompensasi

Merujuk pada pengertian kompensasi di atas, dapat kita tarik berbagai jenis-jenis kompensasi sebagai berikut.

1. Kompensasi finansial secara langsung

Kompensasi finansial secara langsung merupakan upah pokok yang berupa uang kartal dari prestasi, insentif di antaranya komisi, bonus pembagian labah keuntungan saham, dan bayaran tertangguh dari program tabungan dan pembelian saham.

2. Kompensasi finansial tidak langsung

Kompensasi finansial tidak langsung merupakan program yang diberikan kepada karyawan yang dapat berupa fasilitas seperti asuransi, dana pensiun asuransi jiwa, liburan, cuti, cuti sakit dan fasilitas fisik lainnya seperti kendaraan.

3. Kompensasi nonfinancial

Kompensasi nonfinancial adalah kompensasi pekerjaan seperti pekerjaan yang menarik tantangan, tanggung jawab dan rasa percaya diri. Selain itu dapat juga berupa tempat kerja yang nyaman, lingkungan yang nyaman dan teman-teman kerja yang ramah.

Baca Juga: Pengertian Pungli: Dampak, Ciri-ciri dan Contohnya

Kebijakan Kompensasi Dalam Bisnis

Berbicara tentang kebijakan kompensasi tentu tidak jauh dari perusahaan atau organisasi. Kompensasi diberikan kepada karyawan dari perusahaan dapat berupa uang dan non uang. Maka dari itu terdapat 4 kebijakan kompensasi yang diberikan kepada karyawan dari perusahaan berikut ini.

1. Upah/Gaji

Gaji atau upah adalah bentuk bayaran yang wajib diberikan kepada karyawan dari perusahaan. Gaji atau upah ini di berikan kepada karyawan biasanya memiliki batas tertentu misalnya gaji tiap hari, gaji perminggunya hingga gaji perbulannya.

2. Insentif

Di dalam kompensasi terdapat yang namanya insentif yang diberikan kepada karyawan di luar gaji atau upah. Insentif ini diberikan kepada karyawan ketika perusahaan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari biasnya.

3. Tunjangan

Tunjangan ini diberikan kepada karyawan tidak berupa uang, melainkan fasilitas kesehatan seperti asuransi, tunjangan hari tua dan tunjangan pensiun.

4. Fasilitas

Fasilitas merupakan kompensasi yang tidak berupa uang melainkan fasilitas yang memberikan kenyamanan kepada karyawan seperti pemberian kendaraan yang dapat membantu karyawan lebih tepat waktu datang untuk bekerja.

Demikianlah artikel tentang pengertian kompensasi, manfaat kompensasi, jenis-jenis kompensasi dan contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua. Sekian dan Terima Kasih.