Sejarah Sistem Operasi
Sejarah Sistem Operasi

Sejarah Sistem Operasi

Apa itu sistem operasi? Sistem operasi merupakan program yang mengatur hardware komputer yang telah menyediakan bahan untuk aplikasi di atasnya dan bertindak sebagai penghubung antara user dengan hardware.

Sejarah Sistem Operasi

Sejarah Sistem Operasi terdiri dari 4 yaitu:

1. Generasi Pertama (1945 – 1955)

Sistem operasi generasi yang pertama merupakan awal dari perkembangan komputasi elektronik yang sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada tahap ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer dapat diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.  Lebih dikenal dengan mikrokontroller yang merupakan komponen elektronika aktif dari keluarga IC yang didalamnya sudah ditanamkan sebuah firmware.

2. Generasi Kedua (1955 – 1965)

Generasi kedua ini memperkenalkan batch processing sistem, yang dikerjakan satu rangkaian, kemudian dieksekusi secara berurutan.  Dalam proses pertama dikerjakan sampai selesai. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi yang telah ada, contohnya fungsi sistem operasi FMS (Fortran Monitoring System / sice 1950) dan IBSYS (International Business System) Operating sistem hasil pada pengembangan FMS yang dimiliki oleh IBM untuk IBM7090.

3. Generasi Ketika (1965 – 1980)

Pada generasi ini sistem operasi dikembangkan untuk melayani pemakai sekaligus, dimana pada pemakai interaktif berkomunikasi lewat internal secara on line ke komputer, maka disetiap sistem operasi menjadi multi user. Sehingga fungsi dari sistem operasi sering disebut dengan istilah General purpose yang sebuah sistem yang dimiliki fungsi umum seperti untuk melayani user.

Baca Juga: Komponen Utama Sistem Operasi

4. Generasi keempat (Pasca 1980an)

Sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer yang menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yang antar muka komputer yang berbasis graifs yang sangat nyaman. Pada masa ini dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi pada satu titik, tetapi dapat dipecah sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

5. Generasi selanjutnya

Pada generasi selanjutnya sudah diperkenalkan yang namanya sistem dalam suatu sistem operasi yang telah ada pada suatu sistem operasi yang bergerak dalam bekerja pada perangkat bergerak misal PDA, Poket PC dll.

Menurut Para Ahli tentang Sistem Operasi

Adapaun menurut para ahli tentang sistem operasi sebagai berikut:

1. Abaraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003)

Sistem operasi adalah sebuah program yang bekerja sebagai perantara antara client atau pengguna dengan antara hardware komputer.

2. Lim Rusyamsi

Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mengontrol perangkat keras dan juga operasi dasar pada sistem lainnya.

3. M. Suyanto

Sistem operasi adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen software atau perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk dapat mengontrol semua kegiatan yang telah dilakukan pada komputer.

4. Fery Indayudha

Sistem operasi adalah sistem yang diperlukan supaya komputer bisa menjalankan seluruh aplikasi program maupun software yang ada didalamnya.

5. Sunarto

Sistem operasi adalah software yang dapat berkomunikasi langsung dengan hardware.

6. Mc Leod

Sistem operasi adalah program komputer yang berfungsi sebagai penghuni untuk pengendali sumber daya hardware serta software yang terdapat didalam komputer.

7. Ali Zaki

Sistem operasi adalah software atau perangkat lunak yang mengoperasikan komputer

8. Haer Talib

Sistem operasi adalah program utama yang langsung berintekrasi lewat bahasa yang dikenal oleh mesin dalam komputer yakni bahasa komputer.

Baca Juga: Sejarah Singkat Komputer Lengkap

Fungsi Sistem Operasi

Adapun fungsi dari sistem operasi sebagai berikut:

Resource manager adalah suatu pengelolaan sumber daya sekaligus mengalokasikannya sebagai contoh: CPU, memori, disk drive serta perangkat lainnya.

Coordinator adalah mengkoordinasi sekaligus menyediakan dalam fasilitas sehingga kegiatan yang kompleks dapat diatur serta dapat diproses secara berurutan.

Interface adalah tatap muka yang sebagai media perantara antar user dengan hardware atau perangkat keras yang menyediakan tampilan terhadap user yang mudah untuk dipahami.

Guardian adalah menyediakan akses kontrol serta tugas untuk melindungi file sekaligus mengawasi data dan juga program.

Optimizer adalah sebuah penjadwalan yang dilakukan oleh user, proses komputasi dalam pengaksesan basis data serta penggunanya.

Gate Keeper adalah untuk mengendalikan hak akses user dalam untuk masuk ke dalam sistem serta mengawasi apa yang dilakukannya.

Accountant adalah mengatur waktu CPU, pemakaian memori, pemanggilan I/O, disk strorage, serta waktu koneksi terminal.

Server adalah untuk melayani user komputer, pengelolaan sumber daya sekaligus yang mengalokasikannya. Misal CPU, memori, disk drive serta perangkat lainnya.

Jenis Sistem Operasi

Adapun jenis dari sistem operasi sebagai berikut:

1. Single user – Single Tasking

Satu komputer yang dipakai oleh satu user yang dapat menjalankan satu program dalam satu waktu.

2. Multi user – Single Tasking

Satu komputer yang dipakai banyak user, serta masing-masing user yang bisa menjalanka satu program pada satu waktu.

3. Single user – Multi tasking

Satu komputer yang dapat dipakai oleh satu user serta menjalankan banyak prgoram pada satu waktu.

4. Multi user – Multi tasking

Satu komputer yang terdapat dipakai oleh banyak user.

Adapun macam-macam dari sistem operasi diantaranya yaitu:

  • Windows
  • MacOs (Macintosh Operating System)
  • Linux
  • Garuda Os (buatan Indonesia)
  • Solaris.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *