Pengertian Prosesor

Pengertian Prosesor

Prosesor (CPU) sangat erat kaitannya dengan dunia komputer, prosesor atau biasa dikenal dengan istilah CPU. Prosesor merupakan komponen yang sangat penting yang terdapat di dalam komputer, Kenapa? Karena prosesor adalah otak dari sebuah komputer. Ketika komputer tidak memiliki prosesor makan komputer tersebut tidak akan dapat digunakan.

Pengertian Prosesor
Processor

Pada saat membeli sebuah unit komputer atau android pasti kamu tidak akan melupakan untuk menanyai si pembelinya tentang prosesor yang di pakai komputer atau android yang kamu akan beli nantinya. Karena kinerja sebuah unit komputer dapat ditentukan dari jenis prosesor yang terdapat di dalam komputer.

Pengertian prosesor secara umum adalah sebuah perangkat keras yang terdapat di dalam komputer yang berfungsi sebagai otak dari komputer untuk memahami seluruh perintah yang di berikan oleh user atau pengguna komputer. Dengan kata lain prosesor merupakan komponen vital dari sebuah unit komputer atau android.

Artikel Terkait: Pengertian LAN

Pada umumnya prosesor terletak di motherboard kemudian di tempatkan pada socket yang telah disediakan. Prosesor komputer juga dapat diganti dengan jenis prosesor lain. Namun harus sesuai dengan socket yang tertempel pada motherboard pada komputer. Jika tidak sesuai maka CPU atau prosesor tidak akan berjalan.

Pengertian Prosesor Menurut Para Ahli

Untuk membantu kamu lebih memahami tentang pengertian prosesor, kamu juga dapat melihat pengertian prosesor menurut para ahli berikut ini.

1. Ajen Dianawati

Menurut Ajen Dianawati prosesor adalah sebuah perangkat yang terdapat di dalam komputer yang mengelola dan memproses data yang berupa tulisan, angka dan gambar yang terdapat di dalam komputer.

2. Ir. Sugiyono

Menurut Ir. Sugiyono arti prosesor adalah sebuah perangkat yang terdapat di dalam komputer yang berperan penting untuk menjalankan semua perintah yang terdapat di dalam komputer.

3. Rahmat Putra

Definisi prosesor adalah sebuah perangkat penting yang terdapat di dalam komputer yang memiliki fungsi untuk mengendalikan semua komponen-komponen yang terdapat di dalam komputer, untuk memproses data dan menjalankan sistem operasi komputer.

4. Lia Kuswayatno

Menurut Lia Kuswayatno pengertian prosesor adalah sebuah cip yang memiliki tugas yang memegang kendali utama dari semua perangkat yang terdapat di dalam komputer.

5. Juharis & Abdul Hamid

Prosesor menurut Juharis & Abdul Hamid adalah sebuah pusat untuk mengeksekusi dari semua perintah yang diberikan pengguna, baik itu sebuah instruksi ataupun data yang terdapat di dalam sebuah komputer.

Artikel Terkait: Pengertian MAN

Bagian-bagian Prosesor

Prosesor ini merupakan perangkat yang sangat penting yang terdapat di dalam komputer. Nah apa sajakah fungsi prosesor? Berikut ini fungsi prosesor.

1. Sebagai Kontrol Unit

Prosesor berperang penting dalam mengontrol kerja dari komputer. Semua peralatan yang terdapat di dalam komputer akan di atur oleh prosesor. Misalnya proses perpindahan data dari memori utama akan di proses di Control Unit kemudian dikembalikan ke memory utama setelah itu data yang telah di proses tersebut akan di tampilkan di layar monitor sebagai output nya.

2. Arithmatic and Logical Unit

Arithmatic and Logical Unit (ALU) berfungsi untuk mengelola bagian perhitungan ALU dapat di katakan sebagai bagian yang mengambil keputusan. Misalnya sebuah software tidak dapat dijalankan di komputer kamu maka ALU akan bertindak dan memberikan peringatan melalui layar monitor kamu.

3. Registry

Registry adalah tempat untuk menyimpan data – data kecil di dalam komputer. Dengan kata lain Registry berperan untuk menyimpan data sebelum diproses dan masuk ke memory utama. Registry memang tempat untuk menyimpan data yang kecil namun kecepatannya yang cukup tinggi.

Jenis-jenis Prosesor

Prosesor Intel
Prosesor Intel

Setiap kamu membeli komputer tentu di dalam nya terdapat prosesor yang memiliki nama, dari sekian banyak unit atau merek komputer akan terdapat prosesor yang berbeda-beda, karena saat ini ada beberapa macam prosesor. Berikut ini macam-macam prosesor.

  1. Intel
  2. AMD (Advanced Micro Deviced)
  3. ARM (Advanced RISC Machine)
  4. Cyrix
  5. Transmeta

Fungsi Prosesor

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian prosesor di atas kita dapat mengetahui fungsi utama prosesor adalah memproses semua data dan informasi baik itu berupa angka, tulisan, vidio, gambar yang terdapat di dalam komputer dengan bantuan perangkat lain misalnya ram, motherboard dan lain sebagainya. Kemudian di tampilkan pada monitor komputer sebagai output.

Artikel Terkait: Pengertian WAN

Cara Kerja Prosesor

Dengan menjalankan berbagai perintah dari perangkat lain kemudian melaporkan nya kepada prosesor dan prosesor yang memproses perintah tersebut dan perangkat lain mengeluarkan hasil dari proses yang dilakukan prosesor dan ditampilkan pada layar monitor sebagai hasil dari proses yang di lakukan prosesor. Untuk lebih jelasnya simak cara kerja dari prosesor (CPU) berikut ini.

  • ALU (Arithmatic and Logical Unit) Berperan untuk memproses data dalam bentuk perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan lain-lain. Mikro processor modern memiliki floating untuk melakukan operasi yang komplek pada angka yang lebih besar.
  • Kemudian memindahkan data kepada satu lokasi memory ke lokasi lainnya
  • Dan mengambil tindakan untuk lompat ke instruksi lain sesuai dengan keputusan.

Contoh cara kerja dari prosesor adalah mendapatkan perintah dari perangkat keras seperti keyboard, mouse dan lain sebagainya, kemudian CPU menerjemahkan perintah tersebut dan mengeluarkan melalui hardware dan software yang terkait dengan perintah yang dilakukan. Seperti ketika mengetik di software Microsoft word dan excel.

Demikianlah artikel tentang pengertian prosesor (CPU), Bagian-bagian prosesor, macam-macam prosesor, fungsi prosesor dan cara kerja prosesor. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua. Sekian dan Terima Kasih.