Perbedaan Anggaran dan Penganggaran Dan Fungsinya

Apa perbedaan anggaran dan penganggaran? Berdasarkan pengertian, anggaran merupakan sebuah rancangan yang disusun secara sistematis yang dinyatakan dalam bentuk angka serta di nyatakan dalam unit moneter yang menyangkut seluruh unit yang ada di dalam perusahaan dalam periode jangka tertentu. Sedangkan pengertian penganggaran adalah suatu rancangan tentang perencanaan yang disusun dan digambarkan secara kuantitatif dalam bentuk keuangan dan ukuran kuantitatif lainnya.

Perbedaan Anggaran dan Penganggaran Berdasarkan Pengertian Para Ahli

1. Pengertian Anggaran Menurut RA Supriyono

Anggaran adalah sebuah rencana yang disusun secara terperinci yang disusun secara formal dalam ukuran kuantitatif, pada umumnya anggaran biasanya dinyatakan dalam bentuk satuan uang dalam penggunaan dan pemasukan sumber daya dalam suatu organisasi.

2. Pengertian Anggaran Henry Simamora

Menurut Henry Simamora anggaran adalah suatu rencana rinci yang memperlihatkan bagaimana sumber-sumber daya diharapkan akan diperoleh dan dipakai selama periode waktu tertentu.

3. Pengertian Penganggaran Menurut Mulyadi

Penganggaran merupakan perencanaan keuangan perusahaan yang dipakai sebagai dasar pengendalian (pengawasan) keuangan perusahaan untuk periode yang akan datang.

4. Pengertian Penganggaran Menurut Supriyono

Penganggaran adalah penganggaran adalah suatu perencanaan keuangan perusahaan yang dipakai sebagai dasar pengendalian atau pengawasan keuangan dalam perusahaan untuk periode yang akan datang.

Perbedaan Penganggaran Berdasarkan Fungsi

1. Fungsi Anggaran

Peranan anggaran di dalam sebuah perusahaan merupakan sebagai alat dalam membantu manajemen dalam melaksanakan fungsi manajemen itu sendiri yaitu fungsi perencanaan, koordinasi, pengawasan serta juga pedoman dalam menjalankan perusahaan untuk tujuan yang sudah ditentukan.

2. Fungsi Penganggaran

Sedangkan fungsi penganggaran di dalam perusahaan adalah untuk menyusun perencanaan pengeluaran perusahaan tujuannya adalah untuk mengurangi resiko yang kemungkinan terjadi

Demikianlah perbedaan anggaran dan penganggaran berdasarkan pengertian dan berdasarkan fungsinya di dalam perusahaan semoga bermanfaat.

Related Posts