pengertian pemimpin menurut para ahli
pengertian pemimpin menurut para ahli

23+ Definisi Pemimpin Menurut Para Ahli

Apa pengertian pemimpin menurut para ahli? Menurut Ahmad Rusli dalam kertas kerjanya Pemimpin adalah suatu individu manusia yang diberikan tanggung jawab dan di amanahkan untuk memimpin atau mengatur subordinat menuju arah yang telah di tentukan. Sedangkan pengertian pemimpin secara umum adalah seorang individu yang diberi tanggung jawab untuk mempengaruhi orang yang dipimpinnya.

Pengertian pemimpin menurut bahasa adalah pemimpin sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah Memimpin digunakan dalam konteks hasil penggunaan peran seseorang berkaitan dengan kemampuannya mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara.

Baca Juga: Leadership adalah, Pengertian, Unsur dan Syarat Menjadi Pemimpin

Pengertian Pemimpin Menurut Para Ahli

Berikut Ini pengertian pemimpin menurut para ahli:

1. Kartini Hartono

Menurut Kartini Hartono pemimpin adalah seseorang yang memiliki kelebihan, kemampuan dan kecakapan pada suatu bidang sehingga dia dapat mempengaruhi orang lain agar dapat bersama-sama dalam melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

2. Miftha Thoha

Di dalam bukunya yang berjudul perilaku organisasi (1983:255) pemimpin adalah seseorang individu yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain ataupun kelompok tanpa memikirkan bentuk alasan.

3. C. N. Cooley

Pemimpin adalah seseorang yang merupakan titik pusat sebuah kecenderungan pada kesempatan lain, dalam kegiatan sosial jika diamati secara cermat akan terdapat kecenderungan yang memiliki titik pusat.

4. Henry Pratt Faiechild dalam Kartini Kartono

Pengertian pemimpin menurut Henry Pratt Faiechild dalam Kartini Kartono seseorang yang bertugas untuk memprakarsai tingkah laku sosial dengan cara mengatur, mengorganisir, mengarahkan dan mengontrol usaha yang dilakukan orang lain melalui prestise, kuasaan dan posisi.

5. Sam Walton

Menurut Sam Walton pemimpin yang besar akan berusaha menanamkan rasa percaya diri di dalam diri bawahannya, jika seseorang memiliki rasa percaya diri tinggi kita akan melihat pada hasil yang luar biasa yang akan mereka raih.

6. John Gage Allee

Pemimpin menurut John Gage Allee “Leader…a guide, conductor; a commander” yang artinya pemimpin adalah pemandu, petunjuk, komandan dan penuntun

7. Jim Collin

Menurut Jim Collin mendefinisikan pemimpin memiliki beberapa tingkatan di antaranya pemimpin yang paling rendah adalah pemimpin yang handal, tingkatan pemimpin yang menengah adalah pemimpin yang ada di dalam tim, kemudian pemimpin yang memilki visi, sedangkan pemimpin yang tingkatan paling tinggi adalah pemimpin yang bekerja bukan berdasarkan ego pribadi, tetapi untuk kebaikan organisasi dan bawahannya.

Baca Juga: Keterampilan Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

8. Modern Dictionary Of Sociology (1996)

Menurut Modern Dictionary Of Sociology (1996) pemimpin adalah a person who occupies a central role or position of dominance and influence in a group yang artinya seseorang yang memiliki peran sentral atau posisi yang dominan dan memiliki pengaruh dalam kelompok.

9. C.N. Cooley dalam “ The Man Nature and the Social Order’

Menurut C.N. Cooley dalam bukunya The Man Nature and the Social Order mengatakan pemimpin adalah titik pusat terhadap suatu kecenderungan dan sebaliknya atas semua gerakan sosial dan apa bila di amati secara seksama akan di temukan kecenderungan yang memiliki titik pusat.

10. I. Redl

Menueurut I. Redl dalam di dalam bukunya yang berjudul Group Emotion and Leadership pemimpin merupakan seorang individu yang menjadi titik pusat dalam sebuah kelompok dan mengintegrasikannya

11. Kenry Pratt Fairchild

Di dalam bukunya yang berjudul Dictionary of Sociologi and Related Sciences pengertian pemimpin memiliki 2 arti yang pertama pengertian pemimpin dalam arti luas seseorang yang mengambil keputusan dan mengatur, mengorganisir dan mengawasi perilaku bawahannya. Yang kedua pengertian pemimpin dalam arti sempit seseorang yang memimpin dengan cara menggunakan alat-alat untuk meyakinkan bawahannya sehingga mau mengikutinya.

12. Astrid S. Susanto

Menurut Dr. Phil. Astrid S. Susanto pengertian pemimpin merupakan seseorang individu yang memiliki pengaruh dalam sebuah kelompok.

13. Robert Tanembaum

Pengertian pemimpin menurut Robert Tanembaum ialah seseorang yang menggunakan wewenang formal untuk mengatur, mengorganisir, mengarahkan dan mengontrol semua bawahannya agar pekerjaan dapat terorganisir dengan baik agar tujuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.

14. Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan

Menurut Robert Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan mereka yang menggunakan wewenang formal nya untuk mengatur, mengarahkan dan mengontrol bawahannya yang memiliki tanggung jawab.

15. Prof. Maccoby

Menurut Prof. Maccoby seorang pemimpin harus memiliki kemampuan menumbuhkan dan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri bawahannya, selain itu pemimpin saat ini harus mampu menerima kepercayaan etnis dan moral dan berbagai agama yang berbeda.

16. Lao Tzu

Menurut Lao Tzu pemimpin merupakan adalah seorang individu yang membantu mengubah dan mengembangkan orang lain dengan tujuan orang tersebut nantinya tidak memerlukan lagi pemimpin nya tersbut.

Baca Juga: Pengertian Kepemimpinan: Fungsi, dan Tipe Kepemimpinan

17. Menurut Devis dan Filley

Pemimpin adalah seseorang yang menempati atau menduduki posis manajemen atau orang memiliki pekerjaan sebagai pemimpin.

18. Rosalynn Carter

Menurut Rosalynn Carter pemimpin adalah seseorang yang mampu membawa tau menuntun seseorang pada apa yang mereka tuju, seorang pemimpin yang baik adalah orang yang membawa orang lain pada apa yang mungkin tidak ingin mereka tuju malainkan harus mereka tuju.

19. Stephen. P. Robbins

Pengertian pemimpin menurut Stephen. P. Robbins adalah seseorang yang mampu mempengaruhi orang lain serta memiliki wewenang manajerial.

20. Fiedler Dalam Setiawati

Pemimpin adalah seseorang yang memiliki tugas untuk mengarahkan serta mengkoordinasi segala aktivitas dan tugas-tugas di dalam sebuah kelompok. Seorang pemimpin adalah orang yang memiliki kecakapan di dalam dirinya untuk mempengaruhi orang lain baik dengan pengangkatan resmi atau pun tidak.

21. Suradinata

Definisi pemimpin menurut Suradinata adalah orang yang memimpin 2 orang atau lebih di dalam satu kelompok atau keluarga.

22. Winardi

Menurut Winardi pemimpin terbagi menjadi 2 bagian yaitu pemimpin formal atau formal leader dan pemimpin informal atau informal leader.

23. Pengertian Pemimpin Dalam Islam

Sedangkan definisi pemimpin dalam islam adalah dapat di artikan sebagai khalifa, amir ataupun imamah. Khalifa sendiri memiliki pengertian sebagai seseorang yang bertugas sebagai pengganti untuk menggantikan orang lain dalam beberapa urusan, imamah adalah orang yang memeiliki akhlak yang mulia yang dijadikan contoh atau suri tauladan bagi orang lain, sedangkan pengertian amir adalah gelar untuk seorang bangsawan atau pemimpin di kebanyakan negara arab timur.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.