Syarat Masuk Teknik Informatika

Syarat Masuk Teknik Informatika

Dalam mengambil sebuah jurusan terutama kejenjang perkuliahan kita harus mengetahui terlebih dahulu jurusan yang kita ambil, misal teknik infomartika dimana salah satu jurusan yang mempelajari tentang ilmu komputer bagaimana merancang, melakukan pengujian, pengembangan dan evaluasi sistem operasi, software dan kinerja komputer. Dan setelah kita mengetahui jurusan yang kita ambil maka kita harus juga mengetahui syarat dan ketentuan masuk di Teknik Informatika

Syarat Masuk  Teknik Informatika

Adapun secara umum masuk di teknik informatika yaitu sebagai berikut:

1. Suka dengan Pelajaran Matematika

Jadi untuk masuk di teknik informatika kita terlebih dahulu menyukai Matematika. Karena nantinya di teknik informatika kita mempelajari banyak ilmu matematika, jadi mengapa kita perlu memahami ilmu matematika, terutama untuk lulusan IPA yang sudah biasa mempelajari ilmu matematika.

2. Dapat Tertarik dengan Perkembangan Teknologi

Disebuah jurusan informatika kita harus suka dengan perkembangan teknologi,  artinya jurusan ini tidak akan cocok dengan orang gaptek (gagap teknologi). Karena jurusan teknik informatika yaitu seseorang yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap teknologi.

3. Suka Membaca Tutorial Pemrograman

Baca Juga: Tingkat Bahasa Pemrograman Lengkap

Jadi harus rajin membaca tutorial dengan pemgrograman karena di dalam pemrograman terdapat banyak bahasa jadi kita harus dapat menyesuiakan segera.

4. Tidak Takut Mengutak-Atik Perangkat Teknologi

Anak teknik informatika tugas juga mengutak-atik teknologi yang ia sukai baik itu hp maupun laptop. Karena didalam dunia teknik informatika kita diharuskan untuk mengetahui yang berkaitan dengan komputer dan sejenisnya.

5. Minimal mempunyai Laptop atau komputer

Syarat terakhir yaitu wajib punya komputer atau laptop untuk dapat melakukan pratek atau mengerjakan tugas, karena di teknik informatika kebanyakan menggunakan laptop dalam pengerjaan tugas beda dengan jurusan lain. Jadi perlu persiapkan laptop atau komputer.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Informatika

Berikut beberapa penjelasannya kenapa harus memilih jurusan teknik informatika

  1. Dimana perkembangan teknologi saat ini menjadi prospek kerja lulusan teknik informatika dan semakin luas dengan jenis pekerjaan terutama untuk karier beragam sampai yang bergensi, dengan gaji tidak perlu dikhawatirkan.
  2. Di era revolusi 4.0 lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan terutama oleh instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta. Contohnya perusahaan besar google kita dapat bergelut didalamnya.
  3. Berbekal keilmuan dan keterampilan yang dapat diperoleh waktu kuliah, bisa mendirikan start-up sendiri untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
  4. Dapat bekerja sebagai independent self employe dengan menjadi sebuah konsultan dalam pengembangan suatu sistem yang menggunakan software database tertentu.
  5. Dengan dunia digital anak IT dapat dengan bebas untuk mewujudkan karya dan idenya.

Skill yang Dapat di Miliki Oleh Mahasiswa Teknik Informatika

Berikut beberapa yang harus dimiliki oleh seorang mahasiwa IT:

1. Logika

Dunia IT dihadapkan beberapa bahasa pemrograman, mulai segi model dan penulisan tetapi disini berperan penting yaitu logika, jadi kita membutuhkan penguasaan logika serta pola pikir yang sistematis. Ketika kita mampu menggunakan logika kita maka dengan mudah dengan beradaptasi pelajaran yang ada.

2. Kreativitas

Dunia IT tidak hanya tentang Koding melainkan dituntut juga untuk dapat merancang sebuah program yang membutuhkan tampilan yang menarik. Ketika kamu mempunyai logika dan kreativitas yang bagus maka akan sangat terbantu dalam proses menempuh pendidikan teknik informatika.

3. Ketelitian

Baca Juga: Pengertian Teknik Komputer & Jaringan Lengkap

Dunia IT kita perlu teliti terutama ketika dihadapkan dengan rentetan kode dalam berbagai bahasa pemrograman yang sangat banyak, jadi seorang pemrograman harus mengasah kejelian dalam mengerjakan sebuah project terutama menulis dengan cermat setiap huruf, tanda baca yang mempunyai fungsi tersendiri.

4. Ketekunan

Dalam dunia IT perlu ketekunan terutama jadi seorang pemrograman perlu tekun dalam mencari kesalahan dalam mengkoding, terutama dalam merancang sistem diperlukan ketekunan serta ke hati-hatian.

5. Kerja Sama Tim

Dalam dunia IT kerja sama tim sangat diperlukan terutama dalam suatu project yang akan dibagi beberapa bidang dalam satu tim. Nah untuk dapat menyelesaikan diperlukan kerja sama tim serta mengisi kekurangan satu sama lain.

Itulah syarat masuk Teknik Informatika, mengapa harus masuk di IT, dan Skill yang dimiliki Mahasiswa IT. Semoga bermanfaat untuk penulis dan teruntuk untuk pembaca. Wassalamu’alaikum.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri