Dampak Negatif Pergaulan Bebas dan Faktor Penyebab

Dampak Negatif Pergaulan Bebas – Pengertian Pergaulan bebas adalah suatu penyimpangan perilaku yang melanggar aturan-aturan semua norma kesusialaan, norma hukum dan norma agama.

pengertian pergaulan sendiri adalah sebuah kata yang di ambil dari kata intraksi antara sesama individu atu individu dengan kelompok. Sedangkan pengertian bebas sendiri adalah melwati batas-batas atau aturan-aturan yang telah di tetapkan baik agama maupun pancasila.

Pada saat ini banyak sekali telah telah terjadi pergaulan bebas yang terjadi pada lingkungan masyarakat. Pergaulan bebas sendiri kerap di lakukan oleh pemuda atau remaja yang kebanyakan laki-laki. Tidak jarang juga ada sebagian remaja putri yang ikut masuk dalam penyimpangan pergaulan bebas.

Baca Juga: Pengertain Politik

Pergaulan bebas banyak memberikan dampak buruk bagi kehidupan dan kenakalan remaja yang terjerumus kedalam perbuatan pergaulan bebas. Pergaulan bebas juga sangat sulit untuk di atas kecuali dari kesadaran masing-masing dari pelaku kenakalan remasa saat ini.

Pada artikel ini kita akam membahas dampak pergaulan bebas, faktor yang melatar belakangi pergaulan bebas dan cara mengatasi atau mengurangi pergaulan bebas.

Baca Juga: Pengertian Sosiologi

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Apa itu pergaulan bebas? Pergaulan bebas merupakan penyimpangan atau kenakalan yang di lakukan oleh remaja dan memiliki dampat bagi setiap yang ikut terjerumus kedalam kenakalan remaja saat ini. berikut ini dampak buruk pergaulan bebas bagi remaja.

1. Kehamilan Di Luar Nikah

Pergaulan bebas sangat erat kaitanya dengan kehamilan di luar nikah. anak yang terjun kedalam pergaulan bebas cenderung ingin mencoba hal-hal baru dan tidak memikirkan kejadian setelah apa yang mereka lakukan dan akhirnya anak yang terjerumus akan terkena penyakit kelamin yaitu HIV dan AIDS selain itu hamil diluar nikah bagi remaja putri akan merusak masa depan mereka.

2. Prestasi Di Sekolah Menuru

Remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas akan cendrung lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan bersenang-bersenang dan berkumpul bersama teman-teman mereka. Sehingga mereka tidak lagi memiliki waktu untuk belajar mereka lebih memilih untuk bersenang-senang dengan temanya. Yang berakibat menurunya prestasi di sekolah.

3. Di Pandang Buruk Dalam Lingkungan Masyarakat

Remaja yang masuk kedalam pergaulan bebas akan di cap jelek atau buruk di lingkungan masyarakat. Karena dapat mengganggau ketenangan masyarakat dari apa yang mereka lakukan misalnya ngebut-ngebutan, vandalisme, mencuri dan sejenisnya.

Baca Juga: Kondisi Psikologis Ibu Hamil di Luar Nikah

4. Kecanduan Roko, Narkoba dan Miras

Remaja yang terjerumus kedalam pergaulan bebas akan lebih berpeluang untuk kecanduan meroko, minum minuman keras dan mejadi pecandu narkoba. dan akan berdampak negatif bagi kesehatan mereka. Anak yang masuk kedalam pergaulan bebas akan lebih seringa berpesta narkoba dan menum minuman keras.

5. Timbul Masalah Dengan Keluarga

Seperti yang di bahas pada poin 2 tadi anak yang terjebak dalam kenakalan remaja akan lebih sering untuk berkumpul dan melakukan hal-hal buruk bersama teman-temanya. Sehingga mereka kurang berkumpul bersama keluarga yang mengurangi keharmonisan dengan keluarga. Kenakalah remaja juga akan menyebabkan amarah yang besar kepada anak dari orang tuanya.

Baca Juga: Pengertian Sistem

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

Setelah kita membahas dampak negatif pergaulan bebas. Kita akan membahs faktor-faktor yang melatar belakangi terjadinya pergaulan bebas khususnya di Indonesia. berukut ini faktor penyebab pergaulan bebas.

1. Rendahnya Tarah Pendidikan Keluarga

Salah satu faktor penyebab pergaulan bebas adalah rendahnya tarah pendidikan dalam keluarga misalnya keluarga yang menginsinkan anak unruk berpacaran atau bergaul bebas dengan lawan jenis. Apalagi kurnag nya pengawan yang di lakukan orang tua itu sendiri.

2. Keadaan Keluarga Yang Rusak (Broken Home)

Keadaan di dalam lingungan keluarga juga menjadi salah satu faktor penyebab pergaulan bebas. Keluarga yang kurang harmoni akan menjerumuskan anak ke pergaulan bebas karena kurnagnya kasih sayang dari orang tua sehingga mereka mencari kehidupan yang mereka anggap baik namun berdampak buruk bagi diri mereka.

3. Kurangnya Perhatian dari Orang Tua

Seperti pada poin nomor 2 kurangknya kasih sayang dari orang tua akan lebih memberikan peluang kepada anak untuk terjerumus kedalam kenakalan remaja. Sehingga anak lebih cendrung mencari kesenangan sendiri bersama teman-temanya.

Baca Juga: Pengertian Kerja Rodi

4. Lingkungan Yang Kurang Baik

Lingkungan menjadi faktor yang mempengaruhi kehidupan atau kepribadian seseornag. Lingkungan yang kurang baik akan berdampak buruk bagi orang-orang yang hidup di dalam lingkungan tersebeut. dengan lingungan yang kurang kondusif akan membuat anak akan lebih mudah terejrumus kedalam pergaulan bebas.

Baca Juga: Pengertian Agresif

5. Kurangnya Kesadaran Remaja

Kurangnya kesadaran pada diri masing-masing remaja akan membuat mereka lebih cendrung ke perbutan-perbuatan buruk. kurangnya kegiatan-kegiatan yang positif mengurangi kesadaran remaja untuk tidak melakukan hal-hal yang buruk termasuk terjerumus kedalam pergaulan bebas.

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Kenakalan remaja memang perbuatan yang sangat menyimpang yang dapat berdampak buruk pada kehidupan anak yang terjerumus kedalam kenakalan remaja. Namun bukan tidak mungkin untuk mengurangi pergaulan bebas. Berikut ini cara mengatasi pergaulan bebas.

1. Memperkuat Pendidikan Agama

Cara pertama untuk mengurangi pergaulan bebas adalah memberikan pelajaran agama kepada anak sehingga mereka menumbuhkan kesadaran dalam diri anak untuk tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas. Pendidikan agama juga akan memberikan pengetahun bagaimana dalam bergaul yang baik serta dapat mengetahui mana hal yang buruk dan hala yang baik untuk di lakukan.

2. Membentuk karakter Positif

cara selanjutnya untuk mengatasi pergaulan bebas adalah membentuk karakter positif pada anak remaja. Diantara karakter positif tersebut adalah cinta damai, Sempurna, Populer dan kuat. Nah ketika mereka sudah di ajarkan sejak dini dengan karakter-karakter yang positif akan lebih mengurangi untuk terjerumus kedalam kenakalan remaja.

Baca Juga: Arti Kata Sensitif

3. Pintar dalam Memilih Teman

Memilih teman menjadi faktor penting dari pergaulan bebas. Nah ketika kita bereman dengan orang-orang yang sudah terjerumus kedalam pergaulan bebas maka bukan tidak mungkin bagi kamu untuk ikut terjerumus kedalam kenakalan remaja. Maka dari itu pintar-pintarlah dalam memilih teman yang baik jagan asal pilih teman sembarangan.

4. Mempererat Hubungan Orang Tua dan Anak

Orang tua memiliki peran penting dalam mendidik anak sehingga orang tuan harus banar-benar mempererat hubungan dengan anaknya. Ketika seorang anak memiliki hubungan erat dengan anak akan membuat anak lebih terbuka terhadap orang tuanya. Sehingga mereka lebih bebas bertanya kepada orang tuanya.

5. Mengisi waktu-waktu Luang

salah satu faktor yang membuat anak remaja terjerumus kedalam pergaulan bebas adalah banyaknya waktu luang yang di berikan. Maka dari itu untuk mengatasi kenakalan remaja waktu-waktu luang tersebut harus di isi dengan hal-hal yang positif. Sehingga mereka tidak memiliki untuk melakukan perbuatan yang menyimpang.

Demikianlah artikel mengenai dampak negatif pergaulan bebas, Faktor yang memperngaruhi terjadinya pergaulan bebas dan cara mengurangi pergaulan bebas. Semoga bermanfaat. STOP PERGAULAN BEBAS.