Fungsi Proposal, Jenis-jenis proposal, dan Macam-macam Proposal

Apa itu Proposal? Proposal merupakan suatu rencana yang dibuat dalam bentuk rancangan tentang kegiatan dalam bentuk tulisan serta dijelaskan secara sistematis dan terperinci. Proposal biasanya dapat dijadikan pedoman kerja serta acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncakan.

Fungsi Proposal

Adapun fungsi proposal sebagai berikut:

  1. Dalam bidang penelitian umum, proposal berfungsi sebagai dasar yang melakukan penelitian yang berhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi dan bidang lainnya.
  2. Dalam bidang usaha atau bisnis, proposal juga berfungsi untuk gambaran dan proyeksi dalam mendirikan suatu usaha.
  3. Dalam proposal juga memberikan informasi secara detail tentang suatu kegiatan ketika mengajukan dana untuk pelaksanaan kegiatan, contoh perayaan, seminar, pelatihan dst.
  4. Dalam suatu proyek, proposal juga berfungsi sebagai dasar yang melakukan tender, baik itu dari segi lembaga maupun pemerintah dan swasta.

Jenis-jenis Proposal

Baca Juga: Struktur Proposal yang Benar

Adapun jenis-jenis proposal yaitu:

1. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan untuk melakukan suatu kegiatan, dimana isi proposal kegiatan yaitu pengajuan rencana kegiatan, baik yang sifatnya individu maupun kelompok, contoh pentas seni dan budaya. Proposal kegiatan untuk pengajuan permohonan dana dari pihak tertentu. Sebagai kompensasi, penyelenggaran kegiatan yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat bagi donatur.

2. Proposal Bisnis

Proposal Bisnis yaitu proposal yang berhubungan dengan dunia bisnis, untuk perseorangan maupun kelompok. Misal proposal pendirian suatu usaha, proposal kerjasama antar perusahaan.

3. Proposal Penelitian

Proposal penelitian digunakan pada bidang akademisi. Misal proposal penelitian dalam mebuat skripsi, tesis dst. Proposal juga dibuat sebagai pengajuan kegiatan penelitian.

4. Proposal Proyek

Proposal proyek dipakai pada dunia bisnis dimana isi proposal tersebut tentang rangkaian rencana kegiatan. Misal proposal suatu proyek.

Unsur-Unsur Proposal

Adapun unsur-unsur dari proposal sebagai berikut:

1. Nama Kegiatan atau Judul

Maksudnya terdapat nama kegiatan yang akan dilaksanakan dan menjadi gambaran proposal secara umum.

2. Latar Belakang

Maksudnya latar belakang berisi kegiatan yang dilaksanakan. Tujuannya agar dijelaskan secara terperinci sehingga manfaatnya dapat dilihat oleh pembaca.

3. Tema

Maksudnya Tema merupakan dasar kegiatan yang terdapat dalam proposal

4. Sasaran atau Peserta

Maksudnya proposal yang dijelaskan siapa saja yang menjadi sasaran dalam kegiatan yang akan dilaksanakan.

5. Tempat dan Waktu

Maksudnya dijelaskan secara detail mengenai waktu dan tempat diadakan kegiatan.

6. Kepanitian

Baca Juga: Ciri-ciri Proposal yang Benar Pokoknya

Maksudnya  pada bagian ini disebutkan secara lengkap mengenai susunan panitia yang mengadakan kegiatan tersebut.

7. Rencana Anggaran

Maksudnya pada bagian ini berisi susunan anggaran yang digunakan untuk melaksakan kegiatan dan pengunaan terdapat dipertanggung jawabkan.

Macam-macam Proposal

Adapun macam-macam proposal sebagai berikut:

1. Proposal Formal

Terbagi atas 3 proposal formal sebagai berikut:

  • Bagian pendahuluan meliputi: Sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi dan pengesahan permohonan.
  • Bagian isi proposal meliputi: Latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar, metodologi, fasilitas, susunan panitia, keuntungan dan kerugian, waktu dan biaya.
  • Bagian pelengkap seperti penutup yang berisi daftar pustaka, lampiran, tabel.

2. Proposal Non Formal

Adapun proposal jenis ini biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat. Proposal non formal harus mengandung hal-hal seperti masalah, saran, pemecahan dan permohonan

Baca Juga: Kaidah Kebahasaan Proposal

3. Proposal Semi Formal

Adapun jenis proposal semi formal mirip dengan proposal non formal yang tidak selengkapnya jenis proposal formal

Demikian penjelasan dari fungsi Proposal, Macam-macam Proposal, Jenis-jenis Proposal dan Unsur-unsur Proposal. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts