Ciri Ciri Proposal Yang Baik Dan Benar

Ciri ciri proposal, Proposal merupakan sebuah rencana yang buat dan di konversi dalam bentuk susunan tulisan yang dijelaskan secara rinci dan sistematis. Dengan adanya proposal ini dapat orang lain dapat dengan mudah mengetahui tentang rencana kegiatan yang akan di lakukan.

Tujuan utama proposal dibuat nya proposal adalah untuk memberikan informasi tentang rencana kegiatan yang akan di jalan kan dan meminta dukungan yang dapat berupa dana untuk menunjang kegiatan yang akan dilaksanakan. Sehingga proposal harus dibuat dengan baik. Berikut ini ciri-ciri proposal yang baik.

Apa saja ciri proposal yang baik?

Adpun ciri proposal yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Proposal dibuat Untuk Meringkas Kegiatan
  2. Proposal dibuat untuk memberitahukan kegiatan
  3. Terdapat tujuan dan latar belakang kegiatan
  4. Proposal dalam bentuk lembaran-lembaran yang sudah dijilid

Baca Juga: Pengertian, Tujuan dan Struktur Proposal Lengkap

Berikut Ini Ciri Ciri Proposal Yang Baik Dan Benar

1. Menjelaskan Kegiatan Yang Akan Dilakukan

Proposal yang baik adalah proposal yang berisi tentang penjelasan mengenai kegiatan yang akan laksanakan secara lengkap dan terperinci. Karena tujuan utama dari proposal adalah memberikan informasi tentang penelitian atau kegiatan yang akan dilakukan sehingga orang atau perusahaan yang dituju mau memberikan dukungan berupa dana.

2. Tercantum Pihak Pembuat Kegiatan

Di dalam susunan proposal harus tercantum orang-orang yang terlibat di dalam kegiatan. Maksudnya adalah orang yang menjadi panitia di dalam pelaksanaan kegiatan, orang yang melakukan penelitian dan pelaku bisnis atau orang yang memiliki usah kecil yang mengajukan proposal kepada pihak tertentu.

3. Tercantum Pihak Yang Ditujukan

Selain pihak pembuat proposal atau yang mengajukan proposal, pihak yang akan di tuju atau yang akan di menerima proposal harus tertulis di dalam proposal, agar proposal memiliki tujuan yang benar. Secara umum pihak yang tertulis di dalam proposal adalah atasan yang memiliki wewenang untuk terlibat di dalam penelitian atau pihak yang dimintai izin dan bantuan berupa dana untuk pelaksanaan kegiatan.

4. Menggunakan Bahasa Yang Baku

Pada umumnya proposal memiliki aturan-aturan yang harus diikuti pada saat membuat susunan proposal. Salah satunya ada menggunakan bahasa yang baku sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Dengan kata lain proposal yang baik adalah proposal yang mudah dipahami oleh pembaca. Tujuan nya adalah untuk memudahkan penerima proposal mengerti isi proposal yang diberikan.

5. Menggunakan Struktur Penulisan Yang Baik

Ciri-ciri proposal yang baik berikut nya adalah proposal dibuat dengan struktur penulisan proposal yang baik, struktur yang di maksudkan adalah di dalam nya terdapat latar belakang, pendahuluan, pembahasan, tujuan penelitian atau kegiatan, tempat pelaksanaan kegiatan, penutup yang di dalamnya terdapat kesimpulan dan saran.

Untuk lebih jelasnya anda dapat mengunjungi artikel tentang struktur proposal dan sistematika penulisan proposal yang baik dan benar.

6. Penyusunan Yang Sistematis

Ciri-ciri proposal yang baik adalah tersusun secara sistematis maksudnya adalah proposal harus ditulis sesuai dengan susunan proposal pada umumnya mulai dari pembukaan hingga penutupan. Dengan cara penyusunan proposal yang baik dapat dengan mudah di mengerti oleh penerima proposal.

Baca Juga: Struktur Proposal Kegiatan Yang Baik dan Benar

7. Dapat dipertanggungjawabkan

Ciri-ciri proposal yang terakhir adalah dapat di pertanggung jawabkan. Dengan kata lain semua isi yang terdapat di dalam proposal dapat dipertanggungjawabkan oleh orang yang membuat proposal. Proposal yang baik harus sesuai fakta yang ada di lapangan.

Demikianlah artikel tentang ciri-ciri proposal yang baik, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam membuat proposal. Semoga bermanfaat.

Related Posts