fungsi sistem keuangan
fungsi-sistem-keuangan

Fungsi Sistem Keuangan

Apa itu Sistem Keuangan? Pengertian Sistem keuangan merupakan suatu lembaga maupun kebijakan pemerintah terkait dalam bidang perekonomian sebuah daerah, dengan tujuan untuk memperlancar transaksi keuangan. Sistem keuangan sangat berperan penting dalam tatanan sebuah negara.

Apa saja fungsi sistem keuangan dalam sebuah negara? Yaitu untuk mengalihkan dana dari pihak yang mengalami kelebihan dana atau dikenal dengan istilah surplus kepada pihak yang kekurangan dana atau dikenal dengan istilah deposit. Dengan begitu perekonomian sebuah daerah dapat terus berkembang.

Apakah fungsi sistem keuangan?

Menurut Peter S. Rose fungsi sistem keuangan di dalam perekonomian modern haruslah memiliki tujuh fungsi utama, namun tugas pokok sistem keuangan adalah untuk pengelolaan finansial secara mendasar dan mengatur informasi perekonomian. Berikut ini 7 fungsi utama sistem keuangan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen: Fungsi, dan Unsur – Unsur Manajemen

1. Fungsi Tabungan

Di dalam pasar dan lembaga keuangan menyediakan suatu mekanisme dan instrumen tabungan misal nya obligasi dan saham. Dengan begitu kedua instrumen tersebut diperjual belikan di pasar modal atau pasar saham yang memiliki risiko yang relatif lebih rendah dan akan digunakan sebagai investasi.

Apa fungsi tabungan pada sistem keuangan? Fungsinya yaitu dapat meningkatkan akan kemungkinan barang dan jasa dapat diproduksi lebih banyak, selain itu dapat juga meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga berdampak pada sistem keuangan daerah yang stabil.

2. Sistem Kekayaan

Seperti yang dijelaskan di atas ada 2 instrumen yang diperjual belikan obligasi dan saham, hal tersebut dapat dijadikan sebagai penyimpan kekayaan dengan sistem menahan aset yang dimiliki. Aset tersebut nantinya akan digunakan hingga benar-benar dibutuhkan.

Kenapa dengan membeli saham dan obligasi dapat menyimpan kekayaan? Karena ketika membeli kedua instrumen tersebut tidak akan mengalami penyusutan melainkan akan meningkatkan kekayaan seiring berjalan nya waktu.

Berbeda dengan membeli barang yang akan dijadikan aset, seperti mobil karena akan mengalami penyusutan harga bahkan kerugian jika terjadi kecelakaan.

3. Fungsi Likuiditas

Di zaman yang modern ini banyak masyarakat yang menyimpan kekayaan di dalam bank, itu meruapkan sifat likuiditas yang sempurna. Kekayaan yang di simpan dalam instrumen keuangan dapat dikonversikan menjadi kas maupun uang tunai yang kemungkinan memiliki risiko yang kecil.

Kekayaan dalam bentuk uang dapat dibelanjakan kapan saja sehingga tidak efektif, tetapi uang yang disimpan di bank tidak memiliki keuntungan yang tinggi berbeda dengan aset yang diperjual belikan di dalam sistem keuangan.

4. Fungsi Kredit

Konsumen akan membutuhkan kredit untuk keperluan membeli barang seperti kendaraan, rumah yang dapat dibeli di pasar uang seperti perbankan. Hal ini menjadi fungsi kredit di dalam sistem keuangan di dalam sebuah pemerintahan.

Selain itu fungsi kredit dalam sistem keuangan adalah untuk digunakan para pengusaha yang membutuhkan modal contohnya untuk tujuan produksi, membeli peralatan baru hingga untuk membayar gaji karyawan.

5. Fungsi Pembayaran

Di dalam sistem keuangan juga menyediakan alat pembayaran dari transaksi barang dan jasa. Apa saja instrumen yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran di dalam sistem keuangan? Cek, kartu kredit, giro dan kartu debit.

Di zaman ini juga sudah tersebar luas alat pembayaran berbasis elektronik dari bank yaitu e banking, selain itu terdapat juga pada aplikasi-aplikasi berbasis smartphone seperti OVO, DANA dan Lain sebagianya.

6. Fungsi Resiko

Apa maksud nya fungsi resiko dalam sistem keuangan? Maksudnya begini, saat ini sistem keuangan juga berfungi untuk mengurangi risiko baik individu maupun unit usaha bahkan pemerintahan. Yaitu dengan menggunakan fasilitas asuransi untuk proteksi jiwa, harta dan resiko kerugian dalam berbisnis.

Saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan polis asuransi untuk proteksi bagi pemegang polis asuransinya, sehingga dapat meminimalisir kerugian bagi pemegang polis asuransinya.

7. Fungsi Kebijakan

Saat ini banyak otoritas yang menggunakan pasar uang sebagai alat untuk melakukan kebaikan demi menjaga kestabilan perekonomian negara, dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya inflasi dan krisis moneter.

Demikianlah artikel tentang 7 fungsi sistem keuangan yang saat ini banyak digunakan di berbagai negara di dunia. Jika fungsi ini di jalan kan dengan baik tidak menutup kemungkinan akan menjaga stabilitas perekonomian dan akan mensejahterakan masyarakat khususnya di Indonesia. Sekian dan terima kasi semoga bermanfaat.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *