Pengertian Manajemen

By | 25 Desember 2019

Pengertian manajemen

Pengertian Manajemen – Setiap organisasi tentu memiliki tujuan. Hampir semua tujuan organisasi adalah untuk mendapat kan laba atau keuntungan dengan menjual barang atau jasa. Namun untuk mendapatkan keuntungan tentu tidak semudah begitu saja ada banyak yang harus di persiapkan. Mulai dari mengatur budget, palaning, strategi hingga kariawan.

Nah dalam mengatur sebuah organisasi tentu harus seuai dengan tujuan nya. Jadi setiap pemimpin organisasi harus paham betul apa itu manajemen. karena setiap organisasi membutuh kan manajemen. Manajamen memiliki banyak peranan dalam organisasi. Salah satunya untuk mengatur hal – hal yang di butuhkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Sehingga setiap pemimpin harus paham betul mengenai pengertian manajemen.

Baca Juga: Pengertian Kepemimpinan

Oleh karena itu Pengertian manajemen harus di ketahui oleh setiap pemimpin dengan benar. Pemimpin juga harus tau apa tujuan manajemen dalam organisasi agar sebuah organisasi atau perusahaan dapat berjalan dengan benar untuk mendapatkan tujuan yang di inginkan.

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian Fungsi dan Tujuan

Pengertian Manajemen Secara Umum

Apa itu manajemen? Pengertian manajemen adalah proses untuk mengatur sumber daya yang ada agar menjadi lebih efesien dan efektif yang di lakukan oleh seorang individu maupun kelompok yang biasa di sebut organisasi. Dalam Artian lain manajemen adalah suatu seni dan ilmu dalam pengorganisasia atau mengatur sumber daya yang ada.

Pengertian Manajemen Menurut dalam bahasa prancis kuno “management” yang artinya melaksanankan. Dalam bahasa italiano yaitu maneggiare yang artinya “mengendalikan” contohnya dalam konteks mengendalikan seekor kuda, yang berasal dari bahasa latin manus yang berarti “tangan”. Kemudian Manajemen dalam Bahasa Prancis mengambil kata dari bahasa Inggris yaitu ménagement, yang artinya seni melaksanakan dan mengatur.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Oprasional

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Ada banyak pengertian manajemen yang berasal dari berbagai sumber. Termasuk para ahli yang memiliki pendapat yang berbeda – beda. Nah berikut ini pendapat Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli yang telah di rangkum secara lengkap.

1. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet Pengertian manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Maksudnya adalah sebagai seorang pemimpin atau manajer bertugas untuk mengatur dan memberikan arahan kepada kariawanya Untuk mecapai tujuan perusahaan.

2. James A.F.Stoner

Menurut James Stoner Pengertian Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya manusia organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

3. Luther Gulick

Menurut Gullick pengertian manajemen yaitu sebagai suatu bidang sains atau ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.

4. Edgar H. Schein

pengertian manajemen menurut Edgar sebagai profesi. Menurutnya manajemen merupakan suatu profesi yang dituntut untuk bekerja secara profesional, karakteristiknya adalah para professional membuat keputusan berdsarkan prinsip-prinsip umum, para professional mendapatkan status mereka karena mereka mencapai standar kesuksesan kerja tertentu, dan para ahli yang profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat.

5. George R. Terry

Menurut Terry Pengertian manajemen yaitu suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pebgarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud maksud yang nyata. Dalam konsep ini meliputi tentang ilmu apa yang harus dilakukan, menetapkan cara bagaimana melakukannya, memahami bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari usaha-usaha yang telah dilakukan.

6. Handoko

Pengertian Manajemen menurut Handoko dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi – fungsi manajemen. Di mana fungsi – funsi itu adalah perncanaan, pengorganisasian, kepegawaian, kepemimpinan dan pengawasan.

7. Johnson

Johnson berpendapat jika pengertian manajemen sebagai proses mengintegrasikan sumber yang tidak berhubungan menjadi sistem total untuk menyalesaikan suatu tujuan. Maksudnya adalah proses mengatur sumber – sumber yang ada agar dapat di manfaat kan dengan sebaik baiknya. Sumber daya tersebut nanatinya dapat menghasilakan keuntungan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen PAUD

8. Henry Fayol

Pengertian manajemen Menurut Henry Fayol adalah suatu proses pengorganisasian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pengawasan atau kontrol terhadap sumber daya yang tersedia agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

9. Van Fleet Dan Petersons

Menurut Van Fleet Dan Peterson Pengertian manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan pada pemanfaatan sumber daya secara efisien dan efektif dalam mengejar satu atau lebih tujuan. Untuk mencapai suatu tujuan perusahaan harus melakukan serangkaian kegiatan yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan.

10. Kreitner

Menurut Kreitner Pengertian manajemen yaitu proses pemecahan masalah untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif melalui penggunaan sumber daya secara efisien dalam lingkungan. Maksudnya adalah ketika suatu perusahaan mendapat suatu permasalah. Seorang manajer atau pemimpin harus berani mengambil resiko untuk membantu perusahaan keluar dari permasalahan tersebut.

Dari beberapa pengertian Manajemen di atas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah serangkaian kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengendalikan danmengembangkan segala upaya dalam mengatur dan mendayagunakansumber daya manusia, sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan secara efektif.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan

Fungsi Manajemen Dalam Perusahaan

Definisi manajemen memberikan tekanan terhadap kenyataan bahwa manajer mencapai tujuan atau sasaran dengan mengatur karyawan dan mengalokasikan sumber-sumber material dan finansial. Bagaimana manajer mengoptimasi pemanfaatan sumber-sumber, memadukan menjadi satu dan mengkonversi hingga menjadi output, maka manajer harus melaksanakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber-sumber dan koordinasi pelaksanaan tugas-tugas untuk mencapai tujuan. Nah berikut ini 4 Fungsi Manajemen yang telah di rangkum secara lengkap.

Baca Juga: Ekonomi Manajerial

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah suatu persiapan yang di lakukan sebelum mengambil tindakan dalam melakukan Sesutu. Perencanaan di lakukan agar kegiatan yang di lakukan dapat berjalan dengan lancer dan mengrangi resiko hal yang tidak di inginkan.

Perencanaan sangat penting bagi suatu perusahaan. Seorang pemimpin yang baik dalam mengelola sebuah perusahaan atau bisnis sebelum mengambil tindakan akan terlebih dahulu melakukan perencanaan untuk mengurangi resiko kegagalan dari sesuatu yang ingin di kerjakan. Oleh karena itu perencaan ini menjadi suatu hal penting dalam perusahaan.

Apa bila perencaan tidak tidak di lakukan dengan tepat dalam suatu perusahaan akan membuat perusahaan tersebut akan gagal dalam mengejar tujuan perusahaan. Permasalahan ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Tugas ini harus di ambil oleh seorang manajer demi tercapainya tujuan perusahaan.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Organizing adalah Tindakan mengusahakan hubungan-hubungan kelakuan yang efektif antara orang-orang, sehingga mereka dapat bekerja sama secara efesien dan dengan demikian memperoleh kepuasan pribadi dalam hal melaksanakan tugas dalam kondisi lingkungan tertentu agar dapat mencapai tujuan atau sasaran tertentu.

Setelah para manajer menetapkan tujuan-tujuan dan menyusun rencana-rencana atau program-program untuk mencapainya, maka mereka perlu merancang dan mengembangkan suatu organisasi yang akan dapat melaksanakan berbagai program tersebut secara sukses.

3. Menggerakan (Actuating)

Menggerkan adalah suatu usaha atau tindakan agar semua anggota atau kariawan untuk berusaha membantu perusahaan dalam mencapai suatu perusahaan. Setelah melakukan perencanaan dan pengorganisasian untuk mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan harus melakukan actuating atau Laksana Kerja

Perencanaan dan penggerakan yang baik tidak akan sempurna jika tidak ada pengapilikasian atau pelaksanaan kerja. Maka dari itu untuk mencapai tujuan perusahaan harus di lakukan pelaksanaan kerja. Dan semua sumber daya manusia yang ada harus bekerja keras dan bekerja cerdas untuk mencapai tujuan suatu perusahaan.

4. Pengawasan (Controling)

Fungsi seorang pemimpin adalah mengawasi. Fungsi ini adalah usaha seorang pemimpin demi kelancaran visi misi suatu perusahaan. Setelah melakukan pelaksanaan kerja seorang pemimpin juga bertugas untuk mengawasi bawahanya dan memberikan semangat kepada bawahanya untuk bekerja lebih keras demin tercapainya tujuan perusahaan.

Tujuan dari pengawasan adalah untuk mengurangi masalah – masalah yang kemungkinan terjasi ketika melakukan pelaksanaan kerja. Sehingga pemimpin harus betul – betul mengawasi kariawanya.

Unsur-Unsur Manajemen

Dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah di tetapkan oleh seorang manajer perusahaan membutuhkan beberapa sarana manajemen yaitu unsur-unsur manajemen guna untuk membantu kegitan manajemen perusahaan. Nah unsur-unsur manajemen terdiri dari manusia,bahan baku,modal, mesin,metode dan pasar. Dari ke 6 unsur-unsur manajemen tersebut tentu memiliki peran dan fungsi masing-masing. Berikut 6 unsur-unsur manajemen yang rangkum secara lengkap.

1. Man (manusia)

Dari ke 6 unsur manajemen manusia menjadi unsur yang paling penting dalam terlaksananya manajemen suatu perusahaan. Dalam lakasana kerja nya manusia menjadi pemegang perang penting dalam mengerjakan dan mengatur proses terjadinya pelaksanaan kerja. Dengan kata lain proses pelaksanaan kerja tidak akan terjadi apabila manusia tidak ada.

2. Money (uang)

Uang menjadi unsur yang berperan penting dalam suatu perusahaan karena keberhasilan suatu perusahaan dapat di ukur dari jumlah keuntungan yang di dapatkan. Uang menjadi modal untuk membianyai proses pelaksanaan kerja. Maka dari itu uang berperan penting dalam keberlangsungan kehidupan perusahaan.

3. Materials (bahan)

Material atau bahan terbagi menjadi dua yaitu material setengah jadi (bahan mentah) dan material jadi (bahan jadi). Material menjadi modal utama bagi setiap perusahaan. Produk yang baik dapat di capai jika bahan mentahnya juga baik.

4. Machines (mesin)

Salah unsur manajemen yang dapat membantu pekerjaan manusia adalah mesin. Mesin dapat membantu pekerjaan manusia yang tidak dapat di kerjakan oleh manusia. Dengan menggunakan mesin akan meberikan peningkatan pekerjaan yang di lakukan dalam suatu perusahaan.

5. Methods (Metide/cara)

Suatu peroses kegiatan kerja dalam perusahaan tentu memerlukan metode untuk membantu menjalankan pekerjaan. Proses pelaksanaan kerja kan menadi lebih baik ketika di lakukan dengan metode yang benar. Namun metode yang dapat di lakukan ketika di lakukan oleh manusia yang paham untuk menjalankan metode. Maka dari itu metode akan bermanfaat ketika manusia berperan dalam menjalankan metode.

6. Market (Pasar)

Pemasaran menjadi kunci dari keberhasilan pelaksanaan kerja suatu perusahaan. Setelah melewatui proses pembuatan suatu produk. Produk tersebut akan di pasar kan di pasar untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Jika pasar tidak ada maka produk akan tidak laku dan akan membuat perusahaan menjadi bangkrut.

Contoh dan Jenis-Jenis Manajemen Dalam Kehidupan Sehari hari

Dalam menerapakan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari ada banyak sekali jenis manajemen yang dapat jumpai dalam kehidupan sehari hari, mulai dari mengatur waktu hingga mepersiapakan hal yang di butuhkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari hal itu termasuk penerapan mananejem.

Nah berikut ini beberapa Contoh dan Jenis-Jenis Manajemen Dalam Kehidupan Sehari hari

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia
  2. Manajemen Risiko
  3. Manajemen Rantai Pasokan
  4. Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  5. Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  6. Manajemen Organisasi
  7. Manajemen Komunikasi
  8. Manajemen Pendidikan
  9. Manajemen Konstruksi
  10. Manajemen Agribisnis
  11. Manajemen Organisasi
  12. Manajemen Personalia dan Administrasi
  13. Manajemen Perusahaan
  14. Manajemen Pemasaran
  15. Manajemen Produksi
  16. Manajemen Keuangan
  17. Manajemen Waktu
  18. Manajemen Strategi
  19. Manajemen Administrasi Perkantoran
  20. Manajemen Biaya

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian manajemen, fungsi manajemendan unsur-unsur manajemen. Ternyat ilmu manajemen sangatlah luas untuk di bahas. Karena pada setiap kehidupan sehari-hari kita pasti tidak luput dari manajemen mulai dari mengatur waktu makan, waktu tidur, waktu kerja dan waktu belajar. Manajemen sendiri sangatlah penting untuk di pelajari karena dapat membantu kehidupan kita sehari – hari.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai pengertian manajemen, fungsi manajemen, dan unsur-unsur manajemen semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *