gurun terluas di bumi

Daftar Gurun Terluas Yang Ada Di Bumi

Penaindo – Mungkin kamu belum tahu, hampir sepertiga tanah di permukaan di bumi ini adalah gurun, menurut kamus besar Bahasa Indonesia atau KBBI gurun merupakan padang luas yang tandus atau padang pasir.

Dikutip dari katadata bukan hanya gurun pasir ada empat jenis gurun yang berdasarkan tata letak giografisnya diantra nya gurun subtrofis, gurun pantai, gurun kutub serta gurun musim dingin.

Berdasarkan tata letak geografis nya gurun pasir terluas di dunia adalah gurun Sahara yang terletak di benua Afrika bagian utara. Gurun Sahara memiliki luas hingga 9,2 juta kilometer persegi dengan panjang mencapai 4.800 kilometer. Sehingga gurun Sahara termasuk terluas di benua Afrika adalah gurun Sahara.

Sedangkan gurun terluas di benua Eropa adalah gurun Olesky Sands yang terletak di negara Ukraina. Gurun Olesky Sands memilki luas 161,2 kilometer persegi.

Selanjutnya Gurun terluas di Benua Amerika adalah gurun Patagonia yang terletak di Negara Argentina yang memiliki luas sekitar 620 ribu kilometer persegi walaupun berukuran kecil namun gurun ini menjadi rumah bagi  sebagian satwa di antaranya armdilo, rubah dan ilama.

Gurun terluas di benua Asia adalah Gurun Gobi yang membentang dari daratan China hingga Mongolia selatan gurun gobi memiliki luas sekitar 1,29 juta kilometer persegi.

Mungkin kamu belum tahu di Indonesia juga terdapat gurun pasir yang terletak di provisi Yogyakarta gurun ini bernama Prangkusumodi yang memiliki luas 15 kilometer persegi.

Baca Juga: Pengertian Bioma dan Biosfer: Ciri-ciri dan Contohnya

Gurun Terluas di Bumi

Sepertiga daratan di Permukaan bumi terdiri dari gurun termasuk gurun pasir, gurun pantai, gurun kutub, gurun subtropis hingga gurun musim dingin namun hanya ada beberapa gurun terluas di dunia. Berikut ini gurun terluas di dunia.

1. Gurun Antartika di Kutub Selatan

Gurun antartika termasuk dalam gurun kutub dan merupakan gurun terluas yang ada di muka bumi dengan luas mencapai 14 juta kilometer persegi. Gurun antartika terletak di kutub selatan yang hampir semuanya tertutupi oleh es, antartika merupakan benua terdingin yang ada di bumi dengan suhu tertinggi Nya pernah mencapai hingga -11,5 derajat Celsius.

2. Gurun Arktik di Norwegia

rubah gurun arktik

Gurun Artik terletak di Norwegia yang berbentuk pulau dengan luas hingga mencapai 13,98 juta kilometer persegi, gurun ini juga termasuk dalam golongan gurun kutub seperti halnya dengan gurun antartika, dan masuk sebagai gurun kedua terluas di bumi.

3. Gurun Sahara di Afrika

Berbeda dengan gurun Arktik dan gurun antartika, gurun Sahara termasuk dalam gurun pasir dan termasuk dalam gurun pasir terluas di bumi, yang luasnya  25% dari benua Afrika dengan luas sekitar 9,2 juta kilometer persegi dan termasuk gurun terluas ketiga di bumi setelah gurun Antartika dan Artik, gurun sahara juga menjadi salah satu gurun terpanas di bumi dengan panas sekitar 40 derajat Celsius.

4. Gurun Australia (Australia)

Gurun terluas ke empat setelah gurun Sahara adalah gurun Australia yang terletak di benua Australia itu sendiri yang luasnya mencakup 18% persen dari benua Australia. Luas gurun Australia adalah 2,7 kilometer persegi.

Baca Juga: Pengertian Ekologi, Prinsip, Aspek, Jenis dan Ruang Lingkupnya

5. Gurun Arabia (Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman)

Gurun Arabia masuk dalam 5 besar gurun terluas di dunia yang luasnya mencapai 2,3 juta kilometer persegi, bahkan gurun ini melintasi banyak negara di antaranya negara Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

6. Gurun Gobi (China dan Mongolia)

Di urutan ke enam ada gurun Gobi yang melintasi dua negara yaitu negara china dan mongolia, luas gurun Gobi mencapai 1,29 juta kilometer, gurun memiliki cuaca yang sangat extreme walaupun begitu gurun ini sering dijadikan sebagai tempat wisata.

7. Gurun Kalahari di Afrika Selatan

Gurun terluas di bumi yang ketujuh adalah gurun Kalahari yang membentang di beberapa negara yang ada di Afrika Selatan yaitu Botswana, Namibia dan Afrika Selatan. Gurun Kalahari memiliki luas sekitar 900 kilometer persegi.

8. Gurun Patagonia di Argentina

Gurun Patagonia yang terletak di benua Amerika tepatnya negara Argentina, luas dari Patagonia mencapai 620 kilometer persegi hingga mampu menduduki urutan ke 8 gurun terluas di dunia. Gurun Patagonia juga menjadi rumah bagi beberapa hewan seperti armadillo, rubah dan llama selain itu juga banyak di tumbuhi semak bebatu dan berduri.

9. Gurun Suriah di Suriah Tenggara

Berdasarkan tata letak geografis nya, gurun suriah termasuk dalam gurun subtropis yang terdiri dari pasir, bebatuan dan sungai kering, luas gurun ini sekitar 520 kilometer persegi  dan termasuk gurun terluas ke sembilan di dunia.

10. Great Basin di Amerika Serikat)

Dan yang terakhir ada great basin yang terletak di dataran tinggi Amerika Serikat yang membentang hampir sebagian Nevada, luas nya sendiri sekitar 492 kilometer persegi yang menjadikan gurun ini masuk 10 besar gurun terbesar yang ada di dunia. Great basin sendiri menjadi taman nasional untuk wisata alam.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.