Pengertian Media Promosi

Assalamu’alaikum pada kesempatan ini kita akan membahas tentang media promosi berikut penjelasannya

Apa itu media promosi ?

Media promosi merupakan mengumunikasikan suatu produk atau jasa atau brand atau perusahaan agar dapat dikenal dikalangan masyarakat lebih luas. Atau dalam pengertian lainnya yaitu suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat kesadaran, pemberitahuan, membujuk dan mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga : Macam Bentuk Promosi

Fungsi Media Promosi

Menurut Terence A.ship (2000:7) promosi memiliki lima fungsi dalam perusahaan/lembaga. Berikut penjelasannya :

1. Informing (memberikan informasi)

Promosi membuat konsumen sdar akan produk – produk baru, mendidik mereka tentang berbagai fitur dan manfaat merk, serta dapat memfasilitasi penipctaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa.

2. Persuading (membujuk)

Media promosi atau iklan yang baik akan mampu memperuasi pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan. Persuasi berbentuk mempengaruhi permintaan primer, yakni menciptakan permintaan bagi keseluruhan katagori produk.

3. Remiding (mengingatkan)

Iklan menjaga agar merk perusahaan tetap segar ingatan para konsumen, saat kebutuhan muncul yang berhubungan produk dan jasa yang diiklankan, dampak promosi dimasa lalu memungkinkan merk pengiklan hadir pada konsumen.

4. Adding value (menambah nilai)

Terdapat 3 cara yang mendasar perusahaan yang memberi nilai tambah bagi penawaran, inovasi, penyempurnaan kualitas atau mengubah persepsi konsumen. Ketiga komponen nilai tambah tersebut benar benar independen.

5. Assisting ( mendampingi upaya – upaya lain  dari perusahaan)

Periklanan merupakan salah satu alat promosi. Dimana promosi membantu perwakilan penjualan. Iklan mengawasi proses penjualan produk – produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai sebelum melakukan kontak personal dengan para pelanggan yang prospektip.

Tujuan Media Promosi

Adapun tujuan dari media promosi yaitu sebagai berikut :

  1. Untuk mengirimkan informasi suatu produk kepada target pasar potensial
  2. Untuk memperoleh pelanggan baru dan menjaga loyalitas konsumen
  3. Untuk menstabilikan penjualan ketika pasar sepih
  4. Untuk membuat citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  5. Untuk memperoleh peningkatan penjualan dan profil/laba
  6. Untuk membuat citra produk dimata konsumen yang sesuai dengan diinginkan
  7. Untuk merubah tingkah laku dan anggapan konsumen

Jenis – jenis Promosi

Berikut jenis – jenis promosi :

1. Promosi Secara Fisik

Kelebihan jensi promosi secara fisik dan langsung merupakan dapat menjangkau langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan, dapat langsung bertanya segala sesuatu hal yang mengenai produk atau jasa tersebut, dari pihak penjual dapat dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar membeli prdouk atau jasa yang memungkinkan orang langsung melakukan pembelian

2. Promosi melalui media digital

Jenis promosi melalui media digital seperti media internet, atau jejaring sosial merupakan cara modern untuk keperluan dalam melakukan promosi karena kemungkinan orang melihat produk yang dipromosikan melalui teknologi digital misal melalui ponsel atau laptop.

Baca juga : Jenis Media Promosi

Manfaat Promosi

1. Mempopulerkan Merek

Dengan adanya akses ke berbagai media termasuk paltform cetak dan digital tentunya promosi akan lebih mudah dilakukan dan informasi tentang merek dan perusahaan yang dipromosikan harus dilakukan secara konsisten. Barang yang populer digunakan termasuk perlengkapan minum, pakaian dll dapat memudahkan pelanggan untuk mengenali merek dengan melihat logo produk sebab sering dipromosikan

2. Menjamin loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan lebih dari sekedar menyediakan produk layanan yang berkualitas. Dalam membagikan promosi produk kepada pelanggan dapat meningkatkan peluang untuk membuat merek agar terlihat diatas pesaing lainnya. Selain itu salah satu cara lain dengan menawarkan produk yang dipersonalisasi untuk menghargai pelanggan yang loyal dari waktu ke waktu agar kedepannya akan kembali membeli produk.

3. Promosikan hubungan komunikasi dengan pelanggan

Promosi yang benar akan membuat bisnis berkembang dalam hubungan yang bermakna. Pelanggan terikat dengan merujuk merek kepada orang lain jika pandai menggunakan waktu untuk mengembangkan ikatan yang kuat dengan mereka.

Contoh promosi

Berikut contoh dari kegiatan promosi

  1. Promosi yang dilakukan melalui pihak provider seluler

Mengisi pulsa diatas 20 maka akan mendapatkan bonus kuota sebesar 500 MB

2. Promosi yang dilakukan pihak toko Sport

Beli dua kaos merek Adidas bisa mendapatkan 1 pasang sendal

3. Promosi yang dilakukan dari pihak warung atau rumah makan

Khusus ini hari semua menu makanan diskon 50%

Itulah penjelasan dari Pengertian media promosi, fungsi, tujuan, jenis – jenis , manfaat dan contoh media promosi. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis.