Internet Dedicated adalah
Internet Dedicated adalah

Internet Dedicated: Adalah Pengertian dan Manfaatnya

Apa itu Internet Dedicated? Internet Dedicated merupakan koneksi internet yang super cepat dan stabil (broadband connection). Dimana internet dedicated juga mempunyai kecepatan upload dan download yang sama yaitu rasio 1:1, sehingga dengan kecepatan upload lebih lambat daripada kecepatan download, maka tidak dapat disebut dengan internet dedicated.

Internet dedicated tidak bisa dibandingkan dan juga disamakan dengan internet mobile 3G/4G dalam hal karena dalam kestabilan tinggi jika menggunakan infrastruktur fiber optic dengan kabel yang mempunyai interfensi dan cuaca. Untuk internet dedicated lebih sering digunakan untuk kebutuhan bisnis dan pendidikan dengan jumlah pengguna internet yang sangat banyak contoh perkantoran, universitas, hotel dll. Internet dedicated ini jarang sekali digunakan untuk personal/pribadi.

Apa itu Dedicated Bandwith? Dedicated bandwith merupakan jenis jaringan yang mempunyai rasio bandwith 1:1 yang memiliki arti bahwa bandwith yang digunakan tidak terbagi dengan user lain. Misal dengan ketika menggunakan dedicated bandwith supaya kecepatannya mencapai 15 Mbps, maka mendapatkan bandwith 15 Mbps pula tanpa dibagi lagi.

Perbedaan Koneksi Internet Dedicated dan Broadband Bandwidth

Adapun perbedaannya sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian Internet Broadband dan jenis-jenisnya

1. Ungguhan Simetris dan Kecepatan Unduhan

Unduhan dan unggahan selalu kecepatan simetris yang konsisten, membuat aplikasi berjalan dengan lancar dan menghilangkan kemungkinan kelambatan yang bisa mempengaruhi seluruh operasi bisnis. Unggahan seperti file besar masalah umumnya yang sering dihadapi untuk banyak bisnis, dedicated internet secara khusus merupakan solusi untuk masalah tersebut, dengan kecepatan unggah tinggi dan latensinya yang rendah.

2. Kualitas Kinerja Internet

Jadi ketika koneksi tiba-tiba jadi lambat, biasanya dilakukan orang yang menjalankan tes kecepatan, dimana dalam kecepatan Bandwidth (Mbps) satu-satunya faktor kinerja internet. Latensi jaringan yaitu kecepatan (ms) yang ditujui data, sehingga dengan mempunyai latensi yang lebih rendah jelas dengan menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi. Kehilangan paket terjadi ketika satu atau lebih paket data yang bepergian melalui jaringan gagal untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu memiliki tingkat kehilangan paket yang rendah sama dengan lebih sedikit koneksi yang terputus dan batas waktu aplikasi yang dibutuhkan.

3. Biaya Layanan

Biasanya dalam biaya layanan area terdapat koneksi internet broadband lebih bersinar dan dapat dengan mudah menjadi pembenaran bagi manajemen bisnis, dimana intenet broadband adalah solusi yang baik untuk paket rumahan atau kantor kecil, tetapi menjadi tanggung jawab utama dalam pertimbangan untuk bisnis besar yang bergantung pada kinerja konektivitas internet yang tinggi.

4. Manfaat Internet Dedicated

Sebuah akses internet yang cepat dan lancar membutuhkan yang tidak terelakkan dalam dunia bisnis. Untuk kelancaran bisnis perusahaan sangat bergantung pada kelancaran komunikasi yang terjadi antara User dan pelanggan disetiap dimanapun berada. Dalam layanan ini internet dedicated dengan  dalam  hal jaminan akses internetnya 24 jam no-stop. Kata sambungan tetap dengan menggunakan media akses berupa kabel, wireless dan satelit, dalam layanan internet dedicated hanya memberikan kenyamanan ketika dalam berkomunikasi ataupun mencari informasi melalui jaringan internet.

Keunggulan layanan

Adapun keunggulan layanan dalam Internet Dedicated

  • SLA untuk Jasa Internet adalah 99%
  • Layanan Pelanggan: 24 jam, 7 hari sepekan
  • Penerapan Multi router Traffic Graph (MRTG) dalam memantau utilisasi bandwidth pelanggan

Demikian dari pengertian Internet Dedicated, manfaat dan perbedaan.  semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum

 

 

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri