Broadband: Pengertian dan Jenis-jenis Nya

Pengertian Broadband

Apa itu Broadband? Broadband merupakan sebuah service jaringan internet yang dimana menyediakan kebutuhan misal streaming audio dan video, dimana dapat melalui komputer baik dirumah atau mobile dengan notebook.  Adapun istilah umumnya yaitu untuk koneksi sangat cepat ke Internet. Dimana pengguna dapat mengunduh aplikasi, gambar, email, video lebih cepat dengan dengan melakukan online.

Adapun layanan dari broadband itu sendiri mengirimkan informasi hingga 40 kali kecepatan koneksi modem dial-up. Karena koneksi selalu hidup, misal air atau listrik, tidak perlu melakukan panggilan disetiap kali mereka ingin masuk.

Jenis-jenis Broadband

Adapun jenis-jenis dari broadband sebagai berikut:

1. ISDN

Sebelumnya muncul DSL tidak banyak solusi yang didapatkan dari kecepatan tinggi untuk rumah atau kantor. Salah satunya yaitu ISDN( Jaringan digital layanan terpadu) layanan simetris dial dapat mencapai hingga 256Kbps. Harga ISDN sangat mahal.

2. DSL

Jaringan telepon yang untuk membawa data dengan kecepatan tinggi, mereka awalnya dapat dibangun untuk membawa suara analog dengan mengubah suara menjadi sinyal listrik. Modem mengubah sinyal digital menjadi sinyal audio analog yang dapat dengan mudah melalui saluran telepon. Keterbatas terhadap teknis ssaluran telepon yaitu dapat membawa sinyal tercepat sekitar 56Kbps.

Baca Juga: Pengertian Internet

Jenis-jenis koneksi internet broadband

Adapun jenis-jenis koneksi internet broadband sebagai berikut:

1. Koneksi Jaringan Internet ADSL dan SSL

ADSL atau (Asymmentric Digital Subscriber Line) yaitu koneksi broadband yang umum digunakan, dengan koneksi broadband banyak digunakan dalam keperluan rumahan dan pekerjaan. Dimana koneksi ADSL yaitu saluran digital yang digunakan mengakses internet tanpa menganggu saluran telepon atau kabel telepon. ADSL dengan kecepatannya 512 kbps dengan kecepatan internet koneksi tinggi yang menganggu kesibukan saluran telepon.

2. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

SDSL mirip dengan ADSL, memiliki 1 perbedaan dimana dari kecepatan uploadnya, koneksi internet broadband SDSL dapat ditandai dengan kecepatan upload dan download yang sama. Terdapat kecepatan uploadnya stabil diperuntukkan untuk tujuan bisnis. Internet untuk hal bisnis membutuhkan kecepatan internet yang stabil untuk dial up. Biaya SDSL mahal dibanding ADSL.

3. Koneksi Internet Broadband Wireless

Koneksi internet nirkabel merupakan kebutuhan dengan laptop dan ponsel, memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan download yang disediakan oleh jenis akses teknologi internet broadband network berkisar 128 kbps sampai 2 Mbps.

4. Koneksi Kabel Internet Broadband

Internet diakses melalui sambungan TV kabel,  kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan dalam perumahan di beberapa kota besar. Hal tersebut dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, dengan kecepatan download dan upload dari kedua jenis koneksi internet yang sama.

5. Koneksi Internet Broadband Satelit

Koneksi internet satelit broadband yaitu solusi untuk masalah dimana setiap jenis koneksi internet satelit menyediakan akses internet. Hal tersebut membutuhkan paraboladan dengan perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal, dengan kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload.

Demikian pengertian broadband, jenis-jenis broadband dan jenis-jenis koneksi internet broadband. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts