Itinerary adalah

Itinerary Adalah: Pengertian Dan Cara Membuat Itinerary

Itinerary adalah – Liburan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dilakukan, apa lagi setelah bekerja sepekan. Tidak jarang orang-orang yang memiliki budget yang banyak menyempatkan untuk berlibur setelah sibuk bekerja dalam sepekan. Namun tahukah kamu jika liburan bukalah membeli tiket transportasi, memilih tujuan, namun ada satu rahasia yang membuat liburan kamu menyenangkan. Apa kah itu? Yaitu adalah membuat Itinerary. Apa pengertian itinerary?

Itinerary adalah

Apa itu itinerary? Itinerary adalah jadwal kegiatan yang dibuat selama liburan, yang di dalamnya terdapat estimasi budget yang akan dikeluarkan, daftar destinasi, jadwal kegiatan sehari-hari, tempat menginap, transportasi hingga keperluan yang harus disediakan.

Namun tidak jarang orang-orang di luar sana tidak mengetahui bagaimana caea menyusui itinerary yang baik dan benar, agar memudahkan membaca itinerary tersebut. Selain pengertian itinerary di atas. Kita juga akan membahas cara membuat itinerary yang benar. Berikut ini cara membuat itinerary yang sempurna.

Baca Juga: Orang Miskin Dilarang Sekolah

Cara Membuat Itinerary

Sebelum membuat itinerary yang baik, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Nah berikut ini hal-hal yang harus kau lakukan sebelum membuat itinerary.

1. Melakukan Riset

Hal yang pertama kamu lakukan ada riset. Ketika melakukan liburan tentu yang kamu cari adalah kesenangan dan pengalaman, jadi kamu harus tahu dulu tentang apa yang akan kamu lakukan di liburan nanti dan di mana yang cocok untuk kamu jadikan sebagai destinasi liburan.

Misalnya kamu ingin mempelajari sejarah di dalam sebuah kota, jadi kamu harus mencari destinasi liburan yang kaya akan sejarah nya. Untuk mencari jenis tujuan wisata sejarah kamu dapat searching di google.

Misalnya kamu ingin liburan di Yogyakarta, kamu dapat searching di Google tempat-tempat yang ada di Yogyakarta yang memiliki banyak sejarah, seperti benteng Vredeburg, museum monumen Jogja, museum perjuangan Yogyakarta dan lain sebagainya.

2. Membagi Wilayah Menjadi Beberapa Bagian atau Zona

Setelah kamu mengetahui tempat yang cocok untuk kamu jadikan destinasi wisata selanjutnya kamu membagi tempat wisata tersebut menjadi beberapa bagian. Tujuannya adalah untuk mempermudah mengetahui tempat yang terlebih dahulu yang akan kamu kunjungi dalam sehari.

Di dalam destinasi wisata yang akan kamu kunjungi, kamu dapat membagi menjadi 4 Bagian. Kamu dapat memberikan nama sesuai dengan keinginan kamu.

3. Membuat Kalender

Setelah kamu mengetahui destinasi wisata yang akan kamu tuju dan sudah membaginya menjadi beberapa zona. Selanjutnya kamu harus membuat kalender agar kamu dapat menentukan kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana dan berapa lama kamu harus menghabiskan waktu untuk mengunjungi tempat tersebut.

Selain itu di dalam kalender tersebut juga terdapat daftar tempat dan kapan tempat tersebut buka untuk umum dan kapan libur. Agar kamu dapat menemukan jam dan waktu yang tepat untuk berkunjung kesana. Dengan begitu kamu tidak akan bosan dan bisa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

4. Tidak Harus Ketat Dengan Jadwal

Walaupun kamu sudah membuat itinerary yang baik, sudah menyusun  jadwal dan rencana dalam liburan. Namun kamu boleh mengubah jika kamu menemukan sesuatu yang menarik untuk dikunjungi. Itulah manfaat dari itinerary.

Karena dalam liburan akan ada banyak sekali hal-hal yang seru dan menarik yang akan kamu temukan. Namun kamu harus ingat jika kamu tidak dapat mengunjungi semua tempat dan melihat persiapan yang kamu bawah apakah cukup atau tidak.

5. Mengecek Kembali Itinerary

Dan Yang terakhir dalam cara membuat itinerary adalah mengecek kembali jadwal jangan sampai ada kelewatan. Kamu juga harus menyertakan jadwal penerbangan, nomor pesawat, alamat hotel dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dari itinerary dan cara membuat itinerary yang baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu mengetahui apa istilah itinerary dan cara membuat itinerary. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.