Kontraprestasi adalah
Kontraprestasi adalah

Pengertian Kontraprestasi Dalam Pajak dan Pembagian-Nya

Kontraprestasi adalah sebuah istilah yang mungkin sangat jarang di dengar di sekitar kita, namun wajar saja kata Kontraprestasi hanya sering terdengar di kontrak kerja tau proposal kegiatan. Misalnya pada kontrak kerja yang dilakukan artis dan pihak EO apa kah sudah memenuhi kewajiban dan artis menerima honor, sehingga artis tersebut wajib melakukan kewajibannya yang sudah tertera di dalam kontrak kerja.

Seperti di dalam proposal kegiatan untuk melakukan kegiatan tentu di butuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga pihak penyelenggara kegiatan berusaha untuk mencari dana dengan membuat proposal kegiatan yang akan di ajukan kepada pihak sponsor. Nah sebagai feedback atas pemberian dana, pembuat proposal wajib mencantumkan Kontraprestasi yang menjadi hak yang didapatkan sponsor. Misalnya akan di berikan slot iklan yang pada lokasi penyelenggara kegiatan.

Pengertian Kontraprestasi

Apa yang di maksud dengan Kontraprestasi? Kontraprestasi adalah hal-hal yang harus di lakukan oleh seseorang atau kelompok balasan atas bantuan atau keuntungan yang sudah diberikan oleh pihak lain baik itu uang, barang dan jasa sesuai dengan kesepakatan yang telah di tentukan. Pengertian lainnya adalah tidak adanya feedback atau balasan timbal balik yang menguntungkan.

Kata Kontraprestasi memiliki dua arti jika di pisahkan yaitu kontra memiliki arti tidak, berlawanan, sedangkan prestasi adalah pencapaian. Jadi arti Kontraprestasi secara umum adalah tidak adanya balasan dari pencapaian yang telah di peroleh akan sesuatu hal.

Namun Kontraprestasi ini memiliki arti yang berbeda sesuai dengan penempatan-Nya misalnya dalam pajak.

Pembagian Kontraprestasi

1. Kontraprestasi Dalam Pajak

Kontraprestasi di dalam pajak adalah pajak yang telah di pungut dari wajib pajak tidak akan mendapatkan apa-apa dari pajak tersebut baik secara langsung maupun individu. Dengan kata lain dari hasil pajak yang telah di keluarkan masyarakat tidak dapat menikmati hasilnya secara individu atau secara langsung melainkan menikmati nya secara bersama-sama.

2. Kontraprestasi individual

Kontraprestasi individual adalah keuntungan yang didapatkan dari prestasi yang di didapatkan oleh individu secara langsung. Berkaitan dengan pajak Kontraprestasi, Kontraprestasi individu tidak akan didapatkan di dalam perpajakan karena pajak bersifat kolektif maksudnya adalah individu yang membayar pajak atau maupun tidak akan sama-sama menikmati hasilnya.

3. Kontraprestasi Tidak Langsung

Kontraprestasi tidak langsung adalah timbal balik yang didapatkan perorangan atau masing-masing individu secara tidak langsung atas pajak yang telah di bayarkan. Dengan kata lain hasil pajak akan di nikmati secara bersama-sama dengan orang yang membayar pajak atau pun tidak.

Demikianlah artikel mengenai pengertian Kontraprestasi di dalam pajak dan pembagian Kontraprestasi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.