Pengertian Laba: Jenis, Unsur dan Faktor Yang Mempengaruhinya

By | 12 November 2019

Pengertian Laba

pengertian laba

Apa itu laba?, apa yang di maksud dengan laba?, apa pengertian laba. Pengertian laba adalah keuntungan yang diperoleh secara bersih oleh perusahaan ataupun individu dari hasil kegiatan ekonomi yang di lakukan oleh perusahaan atau individu.

Di dalam ilmu ekonomi laba merupakan sebuah tanda meningkatnya kekayaan bagi seorang pebisnis dari bisnis yang ia lakukan, dengan meningkatnya Laba yang di dapatkan maka semakin mendekati yang namanya kesuksesan bagi seorang bisnisman. Hal tersebut merupakan cita-cita semua orang.

Baca Juga: Tujuan Anggaran dalam Perusahaan

Dengan demikian laba atau keuntungan dapat di jadikan sebagai tolak ukur keberhasilan atau kesuksesan manajemen perusahaan dalam menjalankan bisnis atau usahanya yang di mana tolak ukur yang digunakan adalah laba dan biaya.

Pengertian Laba Menurut Para Ahli

Nah untuk membantu anda dalam memahami pengertian laba, kita juga dapat melihat pendapat beberapa para ahli berikut ini.

1. Charles Thomas Horngren

Nah menurut Charles Thomas Horngren laba merupakan kelebihan dari total keuntungan di banding dengan total beban, atau dapat juga disebut sebagai laba bersih.

2. Don R. Hansen dan Maruanne M. Women

Nah sedang menurut Don R. Hansen dan Maruanne M. Women mengenai pengertian laba adalah pendapatan dari operasional yang di kurangi pajak, biaya penelitian, biaya bunga serta pengembangan.

3. M. Nafarin

Pengertian laba menurut Nafarin adalah pembeda antara pendapatan dan keseimbangan biaya serta pengeluaran dalam periode tertentu.

4. Abdul Halim dan Bambang Supomo

Laba adalah pertanggungjawaban yang dimana pemasukan serta pengeluarannua di bandingkan dengan menghitung biaya dan pendapatan nya.

5. Zaki Baridwa

Pengertian laba Menurut Zaki Baridwa adalah meningkatnya modal atau activa bersih yang di mana berasal dari transaksi jarang dilakukan dan dapat memberikan pengaruh terhadap badan usaha dalam satu priode terkecuali muncul dari investasi atau pendapatan.

Unsur-unsur Laba

Untuk menentukan laba ada beberapa unsur-unsur yang menjadi penentu nya. Berikut ini beberapa unsur-unsurnya. (Baca Juga: Unsur-unsur perusahaan)

1. Pendapatan (Income)

Pendapatan adalah peningkatan keuntungan yang di dapatkan dari bisnis yang di jalankan perusahaan. Nah dengan meningkatnya pendapatan yang di dapatkan perusahaan hal tersebut menandakan jika laba akan meningkatkan.

2. Beban

Beban ini identik dengan pengorbanan, sehingga beban adalah pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Pengertian lain beban adalah kewajiban yang harus di keluarkan oleh perusahaan untuk mendukung bisnis yang di lakukan oleh perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Analisis SWOT

3. Biaya

Biaya hampir mirip dengan beban yang merupakan pengorbanan yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan keuntungan, namun berbeda dengan beban, biaya dapat di hitung dengan nilai rupiah. Sehingga dapat di artikan biaya ada pengeluaran yang di lakukan oleh perusahaan berupa uang untuk melakukan sebuah proses, baik itu yang sudah terjadi ataupun baru akan terjadi.

4. Untung dan Rugi

Keuntungan dan kerugian adalah unsur penting dari laba. Untung dan Rugi tentu sudah sering di alami oleh perusahaan baik dalam skala besar atau kecil. Untung adalah meningkatnya activa bersih yang berasal dari semua transaksi. Rugi adalah kebalikan atau menurunnya activa bersih dari transaksi yang dilakukan.

5. Penghasilan

Penghasilan adalah akhir dari apa yang di ushakan yang berupa uang yang telah di bagi dengan beban, biaya dan kerugian dalam satu priode.

Jenis-Jenis Laba

Nah menurut Zaki Baridwan ada beberapa jenis-jenis laba atau keuntungan yang perlu kita ketahui. Nah berikut ini jenis-jenisnya.

  • Laba Bersih Sebelum pajak adalah keuntungan yang di dapatkan perusahaan sebelum pajak.
  • Laba Bersih Operasional adalah laba kotor yang sudah di bagi atau di kurangi dengan semua biaya di dalam perusahaan.
  • Laba Bersih Setelah Pajak adalah keuntungan yang diperoleh perusahaan setelah di kurangi dengan pendapatan non operasional serta di kurangi dengan pajak.
  • Laba Kotor Adalah umlah penjualan bersih setelah dikurangi Harga Pokok Penjualan (HPP).

Faktor yang mempengaruhi laba

Faktor yang mempengaruhi besar atau kecilnya laba yang di dapatkan perusahaan maupun individu ada 3 yaitu biaya merupakan semua pengeluaran yang di keluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.

Harga Jual adalah kecil atau besarnya harga jual produk yang di hasilkan perusahaan akan berpengaruh pada banyak produk yang dapat terjual di pasaran. Baca Juga: Pengertian Deposit

Volume Penjualan dan produksi merupakan banyak sedikitnya penjualan produk yang di lakukan perusahaan akan memberikan pengaruh pada jumlah produksi yang di lakukan perusahaan. Sedangkan volume produksi juga mempengaruhi banyak sedikitnya hasil dari produksi perusahaan.

Nah demikianlah artikel tentang Pengertian Laba, faktor yang mempengaruhi laba, jenis-jebis laba, dan unsur-unsur penting labam semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu bagi pembaca. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *