Jelaskan Lima Manfaat Belajar Sejarah

Jelaskan Lima Manfaat Belajar Sejarah – Apa itu sejarah? Sejarah adalah sebuah kejadian yang tejadi pada masa lampau. Dengan adanya sejarah ini dapat dijadikan sebagai study atau pembelajaran untuk mengetahui berbagai kejadian-kejadian yang penting yang telah terjadi pada masa lampau.

Jika kita mengulas lebih dalam ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika mempelajari sejarah contohnya adalah sebagai media rekreatif dan inspiratif. Nah di dalam artikel ini kita akan membahas penjelasan manfaat mempelajari sejarah. Sebelum itu kita harus tau pengertian umum sejarah agar mempermudah kita dalam menerima penjelasan dari manfaat sejarah.

Pengertian umum sejarah adalah kajian ilmu yang mempelajari tentang berbagai kejadian-kejadian yang terjadi pada masa lampau. Ada 4 ruang lingkup sejarah yang perlu kamu ketahui diantaranya, sejarah sebagai peristiwa, sejarah sebagai kisah, sejarah sebagai seni dan sejarah sebagai ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Sejarah Singkat Komputer Lengkap dengan Komponenya

Manfaat Belajar Sejarah

Apa manfaat dari mempelajari sejarah? Sebenarnya terdapat banyak sekali fungsi dan manfaat yang bisa di dapatkan ketika mempelajari sejarah. Di dalam artikel ini kita akan mencoba membagikan beberapa manfaat dan fungsi mempelajari sejarah. Berikut ini penjelasan lengkap mempelajari sejarah.

1. Mengetahui Kejadian Masa Lampau

Seperti yang dijelaskan sebelumnya tujuan dari mempelajari sejarah adalah untuk mempelajari peristiwa masa lampau, sehingga manfaat dasar dari mempelajari sejarah adalah dapat mengetahui semua kejadian-kejadian penting yang sudah terjadi pada masa lalu, apa yang terjadi pada masa lalu, siapa tokoh dari kejadian tersebut dimana peristiwa tersebut terjadi dan kapan kejadian tersebut terjadi. Dengan adanya pengetahuan ini dapat memudahkan kita mengambil pelajaran dari peristiwa tersebut agar memudahkan kita dalam memperbaiki peristiwa yang akan datang.

2. Manfaat Sebagai Pembelajaran Dan Edukatif

Selanjutnya fungsi mempelajari sejarah adalah sebagai sarana dan prasarana pembelajaran masa kini. Maksudnya adalah dengan adanya sejarah ini dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran baik pelajaran tentang para tokoh dan peristiwa yang terjadi masa lalu. Dengan mempelajari masa lalu kita dapat mendapatkan banyak referensi untuk masa yang akan datang.

3. Sebagai Sumber Inspirasi

Manfaat mempelajari sejarah yang berikut nya adalah sebagai manfaat inspiratif. Dengan kata lain dengan adanya sejarah sebagai sumber inspirasi dapat di jadikan referensi atau inspirasi untuk mengulang peristiwa yang baik dan di terapkan pada masa yang akan datang. Seperti keberhasilan Indonesia meraih kemerdekaan di masa lalu, hal tersebut dapat dijadikan sebagai inspiratif untuk diterapkan pada masa moderen ini dan meraih kejayaan kembali.

Baca Juga: Unsur-unsu Sejarah Lengkap Dengan Penjelasanya

4. Manfaat Instruktif

Fungsi dan manfaat sejarah lainnya adalah manfaat instruktif, manfaat instruktif sejarah terdapat di dalam proses pembelajaran. Sejarah masuk dalam salah satu bagian dari ilmu pengetahuan. Namun dalam memberikan pengetahuan kepada murid masih berupa teori dan pemahaman-pemahaman tentang peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau.

5. Sebagai Hiburan

Fungsi dan manfaat sejarah lainnya adalah sebagai bahan hiburan, maksudnya adalah, ketika mempelajari sejarah ada sebagian orang yang merasa bahagia bahkan sangat senang ketika mengkaji tentang sejarah. Misal nya membaca geografi seseorang yang hidup pada lampau atau mempelajari cara hidup orang jaman dulu.

6. Sejarah Sebagai Keprofesian

Sejarah merupakan sebuah bidang ilmu pelajaran yang di dalamnya banyak sekali orang-orang yang terlibat. Dan kini sejarah sudah semakin banyak diminati oleh orang-orang sehingga sejarah dapat dijadikan sebagai pekerjaan dan profesi. Yang di mana orang yang ahli dalam mempelajari sejarah di sebut sejarawan dan profesi sejarah adalah sebagai guru sejarah, arkeolog, peneliti dan penulis sejarah.

Baca Juga: Pengertian Novel Sejarah

7. Dapat Memperluas Pengetahuan

Ketika mempelajari sejarah kamu tidak akan puas karena sejarah adalah ilmu yang tergolong luas dan banyak dikaitkan dengan ilmu lain seperti geografi, biologi dan bidang ilmu lalin nya. Sehingga ketika kamu mempelajari sejarah kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu yang baru yang dapat memperluas pengetahuan kamu. Selain itu dengan mempelajari sejarah pemikiran kamu akan semakin luas.

Nah bagaimana itulah 7 fungsi dan manfaat mempelajari sejarah, gimana tertarik mempelajari sejarah? Semoga bermanfaat, jangan lupa share biar teman-teman kamu tahu.

Related Posts

About Mutawakkil, S.M

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.