Data Adalah: Pengertian, Jenis-jenis data dan Fungsi Data

By | 19 Juli 2019

Pengertian Data Secara Umum

Apa itu data? Pengertian data secara umum, Data adalah sekumpulan data informasi fakta baik berupa symbol, angka dan kata-kata yang di peroleh melalui sebuah proses pengamatan, penelitian dan pecarian melalui berbagai sumber-sumber tertentu. Baca Juga: Pengertian Berita

Pendat lain mengenai definisi data adalah suatu data informasi yang di dapatkan melulaui suatu kejadian yang terjadi di linkungan masyarakat baik berupa symbol, angka dan kata-kata. Jadi, fakta di dapatkan tidak selamanya melalui sebuah proses penelitian maupun pengamatan tertentu.

Secara bahasa data berasal dari bahasa laitin yaitu datum yang memiliki arti sesuatu yang di berikan. Maksudnya adalah data merupakan hasil dari pengukuran ataupun pengamatan dari suatu variabel yang berbentu kata-kata simbol, warna, , angka, maupun citra.

Baca Juga: Pengertian Sistem

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Untuk memperjelas pengertian dari data di atas anda dapat melihat pengertian data menurut para ahli berikut ini.

1. Arikunto Suharsimi

Menurut Arikunto Suharsimi definisi data adalah adalah semua angka-angka maupun fakta-fakta yang bisa dijadikan sebagai bahan dalam merangkai atau menyusun suatu informasi yang bermangaat.

2. Nuzulla Agustina

Nuzulla Agustina berpendapat mengenai definisi data adalah suatu keterangan tentang suatu hal yang sering terjadi baik berupa sekumpulan fakta-fakta, angka, grafik atau tabel, gambar, lambang, kata-kata dan huruf, yang memukakan sesuatu pemikiran baik objek ataupun kondisi dan situasi.

3. Kuswadi dan E. Mutiara

Difinisi data menurut Kuswadi dan E. Mutiara adalah sekumpulan keterangan- keterangan yang didapatkan dari sebuah pengamatan yang dilakukan dapat di peroleh data berupa angka, lambang, ataupun sifat.

4. Slamet Riyadi

Slamet Riyadi, definisi data adalah kumpulan berbagai keterangan-keterangan yang didapatkan dari pengamatan yang di lakukan dimana data tersebut dapat berupa angka-angka ataupun lambang-lambang.

5. Kristanto

Menurut ahli Kristanto data adalah sebuah fakta yang sifatanya mentah tentang objek-objek yang bisa mengurangi suatu derajat ketidakpastian tentang sebuah keadaan maupun kejadian.

Baca Juga: Pengertian Indikator

Jenis-Jenis Data

Jenis-jenis Data dapat di di bedakan menjadi tiga berdasarkan sifatnya, sumbernya dan cara dalam memperolehnya. Berikut ini jenis-jenis data.

1. Jenis data berdasarkan Sumbernya

Jenis data berdasarkan sumbernya, maka data dapat di bedakan menjadi dua jenis yaitu data skunder dan data primer. Berikut ini penjelasan keduanya.

a. Data Skunder

Data skunder adalah data yang di dapatkan dari studi-studi sebelumnya yang sudah di dapatkan. Data skunder ini dapat di ambil dari atau di peroleh dari berbagai sumber baik seperti jurnal, laporan, buku dan sejenisnya.

b. Data Primer

Data primer yaitu data yang diperoleh dari sumber datanya yang di dapatkan sumber datanya secara langusug. Untuk mengumpulkan data primer harus melakukan penelitian. Data primer biasanya di dapatkan dari hasil wawancara, obsevasi dan sebagainya.

Baca Juga: Pengertian Biologi

2. Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Jenis data berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, berikut penjelasannya.

a. Data kualitatif

Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk atau selain angka. Data kualitatif dapat di dapatkan melalui wawancara, hasil anlisisi dokumen, observasi, FGD, dan pengambilan gambar atau pengambilan vidio. Pada umumnya data kualitatif dapat di tuangkan kedalam kata-kata. Meskipun data kualitatif tidak berupa angka bukan tidak mungkin tidak dapat di gunakan pada analisis statistic.

b. Data kuantitatif

Sebaliknya data kuantitatif merupakan data berupa atau berbentuk angka. Data kuantitatif dapat dijadikan sebagai bahan dasar dalam dari setiap permasalahan yang sifatnya statistic. Pada umumnya data kuantitatif dapat diolah menggunakan perhitungan matematika.

3. Jenis Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Data yang berdasarkan waktu pengumpulannya dapat di bedakan menjadi dua yaitu data berkala dan data cross section. Berikut penjelasannya

a. Data berkala

Data berkala yaitu data yang di ambil secara berkala dari waktu kewaktu. Pada umumnya data berkala di ambil untuk melihat perkembangan dari waktu ke waktu.

b. Data cross section

Data cross section yaitu data yang di dapatkan pada waktu yang telah di tentukan dalam mengambil gamabr atau keadaan pada persitiwa yang terjadi pada saat itu juga.

Fungsi Data Secara Umum

Pada umumnya data banyak terhubung dengan kehidupan manusia. Namun dalam penggunaan istila data lebih sering digunakan di dalam teknologi komputer serta dalam penelitian. Di lihat dari pengertian data di atas kita dapat melihat fungsi data sebagai berikut.

  • Data dapat berfungsi dalam acuan untuk mengambil keputusan untuk memecahakan permasalahn
  • Data dapat digunakan untuk pedoman dasar dalam penelitian dan perencanaan
  • Data dapat di jadikan sebagai acuan untuk implementasi dalam sebuah kegiatan
  • Data dapat di jadikan sebagai dasar evaluasi dalam suatu kegiatan.

Demikianlah artikel mengenai pengertian data, fungsi data dan jenis-jenis data semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawansan dan pengetahuan anda. terimakasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *