Pengertian Manajemen PAUD

By | 15 Oktober 2019

Pengertian Manajemen Paud

Pengertian Manajemen PAUD

Apa itu manajemen PAUD? Apa yang di maksud Manajemen PAUD?, apa pengertian manajemen PAUD?. Manajemen PAUD adalah suatu usaha untuk mengatur proses pendidikan anak usia dini untuk mencapai tujuan dari PAUD. Tujuan Manajemen PAUD adalah untuk memberikan sebuah pendidikan terbaik untuk anak usia dini serta dapat membantu pertumbuhan anak.

Nah jadi siapakah yang termasuk ke dalam anak usia dini? Anak usia dini adalah anak yang umurnya di bawah 6 tahun. Pendidikan anak usia dini atau PAUD di berikan kepada anak sebelum masuk ke bangku sekolah yaitu di antara usia 3 hingga 6 tahun.

Baca Juga: Pengertian Manajemen

Pendidikan anak usia dini di lakukan dengan cara memasukkan anak pada lembaga-lembaga yang menyediakan layanan PAUD atau pendidikan anak usia dini, misalnya TK atau taman kanak-kanak, Taman penitipan anak (TPA), kelompok bermain anak dan Sejenisnya.

Pada umumnya manajemen PAUD memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu untuk membantu anak usia dini untuk belajar membentuk kepribadian seorang anak, mampu bermain dan bersesosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Seperti pada negara Jepang yang mengajarkan pada anak-anak mereka mengenai budi pekerti dan membentuk membangun kebiasaan -kebiasaan baik.

Baca Juga: Pengertian Sosiologi

Ruang Lingkup Manajemen PAUD

Setelah kita membahas pengertian manajemen PAUD di atas, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mendirikan lembaga-lembaga pendidikan PAUD atau Sekolah untuk anak-anak usia dini. Ada beberapa ruang lingkup manajemen PAUD di antaranya Apa yang dikelola, bagaimana cara mengolah, apa cara perencanaan yang di lakukan hingga apa arah tujuan Manajemen PAUD di masa mendatang. 6 Hal yang harus di fokuskan pada sekolah PAUD.

  • Mengatur Kurikulum PAUD
  • Mengatur Tenaga pendidikan
  • Aturan anak didik pada Lembaga PAUD
  • Fasilitas sarana dan Prasarana
  • Proses, input dan output pada PAUD
  • Pengontrolan PAUD

1. Usia Anak Untuk PAUD

Ruang lingkup pendidikan anak usia dini Atau PAUD yang di lihat berdasarkan Umur atau usia anak terbagi menjadi 4 yaitu Infant 0 hingga 1 tahun, Toddler 2 hingga 3 tahun, Preschool 3 hingga 6 tahun dan earlyprimaryschool (SD sekolah dasar) 6 sampi 8 tahun. Itulah aturan Usia Anak pada PAUD.

2. Jenis Lembaga Pendidikan PAUD

Ruang lingkup Manajemen Paud berdasarkan lembaga pendidikan pendidikan anak usia dini yaitu, Taman kanak-kanak (TK), Kelompok bermain (KP), Raudhatul Athfal (RA), BustanulAthfal (BA), Taman Penitipan anak (TPA) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS).

Tujuan Utama Manajemen PAUD

Di lihat dari pengertian manajemen PAUD pada paragraf pertama, ada banyak sekali tujuan dan manfaat Manajemen PAUD yang dapat kita ambil. Tujuan utama manajemen PAUD atau pendidikan anak usia dini adalah untuk memberikan perkembangan dan pertumbuhan anak yang berada di Indonesia menjadi lebih maksimal.

Di antara pertumbuhan dan perkembangan anak meliputi perkembangan fisik yang baik, perkembangan sikap dan emosi, perkembangan kecerdasan hingga perkembangan komunikasi dan bahasa yang nantinya dapat bermanfaat untuk pasa depannya masing-masing.

Aplikasi Manajemen PAUD

Dalam pengaplikasian Manajemen PAUD juga membutuhkan sebuah aplikasi naik itu untuk android atau PC demi memudahkan proses pelaksanaan manajemen PAUD. Nah pihak pemerintah Indonesia telah mengabulkan aplikasi manajemen PAUD dengan mengeluarkan aplikasi manajemen PAUD. Aplikasi manajemen PAUD ini dapat kita akses dengan cara masuk ke situs Kementerian pendidikan atau KEMENDIKBUD di link Manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id. Dengan adanya aplikasi ini di harapkan dapat memudahkan proses PAUD secara nasional.

Cara Menggunakan Dapodiki Manajemen PAUD

Kita bersyukur pemerintah Indonesia dapat mengeluarkan dapodikmanajemen PAUD untuk membantu kegiatan manajemen PAUD, nah mungkin anda belum mengetahui cara menggunakan aplikasi manajemen PAUD, berikut ini cara penggunaan nya.

  • Silahkan anda klik link https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id untuk masuk ke halaman login dapodik
  • Anda akan di arahkan masuk ke halaman login DAPOPAID DIKMAS. Nah pada halaman tersebut terdapat kolom username dan password. Silahkanandalogin menggunakan akun masing-masing.
  • Setelah anda berhasil login, maka anda akan di arahkan ke halaman dapodik PAUD online.

Pada DAPODIK ONLINE akan di lakukan singkronisasimelakukan penambahan, penghapusan atau pengubahan data secara langsung setelah melakukan singkron.

Nah itulah informasi mengenai pengertian manajemen PAUD, Ruang lingkup manajemen PAUD, Tujuan Manajemen PAUD dan cara menggunakan DAPODIK. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *