Pengertian Close Source

Pengertian Close Source

Pengertian Close Source

Apa itu Close Source? Apa yang dimaksud dengan Close Source? Close Source adalah kebalikan dari Open Source dimana sebuah program atau software yang tidak dapat dikembangkan oleh sembarang orang dan tidak disebarkan luaskan secara gratis.

Software yang close source bisa saja dapat dikembangkan jika seseorang membagikan kode nya baik itu berbayar maupun gratis namun tidak sepenuhnya open source, karena bisa saja terdapat sebuah kode yang tidak dapat diedit dengan sembarang orang.

Baca Juga: Open Source

Contoh Software Close Source

Ada banyak sekali jenis aplikasi atau software dan sistem operasi yang bersifat close source yang tersebar di internet. Namun pada artikel kali ini penaindo hanya akan memberikan beberapa contoh aplikasi yang close source yang terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna komputer. Berikut ini contoh aplikasi dan sistem operasi yang bersifat close source.

1. Sistem Operasi Close Source

Contoh sistem operasi yang bersifat close source adalah Windows yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation dan MacOS. Kedua sistem Operasi ini sudah sangat terkenal dan termasuk sistem operasi yang lisensi nya berbayar.

2. Software Edit Foto Close Source

Contoh aplikasi yang berlisensi close source adalah photoshop dan Corel Draw, kedua aplikasi ini memiliki lisensi yang berbayar.

3. Software Office close Source

Contoh software office yang close source adalah Microsoft office yang di kembangkan oleh perusahan Microsoft yang dikembangkan oleh Bill Gates. Aplikasi yang satu ini tergolong aplikasi yang berbayar.

Kelebihan dan Kekurangan Close Source

Berikut ini kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi atau software Close Source

1. Kelebihan Close Source

Kelebihan close source adalah memiliki sistem yang stabil, mendapat dukungan langsung dari si pembuat aplikasi atau software, memiliki interface yang mudah untuk digunakan dan yang terakhir adalah keamanan software yang tidak mudah dibobol.

2. Kekurangan Close Source

Kekurangan close source adalah terdapat lisensi yang berbayar dan tergolong mahal, pengembangan terbatas dan tidak dapat digunakan oleh sembarang orang.

Itulah penjelasan tentang pengertian close source, contoh software close source serta kelebihan dan kekurangan close source. Semoga dengan adanya artikel pengertian close source ini dapat memberikan dan menambah pengetahuan pembaca.