Pengertian Open Source

Pengertian Open Source

Pengertian Open Source

Apa itu open source? Berbicara tentang open source berkaitan erat kaitannya dengan IT. Apa sih pengertian open source itu? Pengertian Open source adalah sebuah lisensi yang tidak dikembangkan oleh satu orang melainkan dikembangkan oleh para pengguna yang saling bekerja sama untuk mengembangkan software yang digunakan.

Istilah open source sering digunakan pada aplikasi komputer atau software yang source kodenya dapat dilihat oleh para pengguna, sehingga pengguna dapat mengedit dan mengembangkan aplikasi yang digunakan. Dengan kata lain software yang sifatnya open source dapat di edit oleh para pengguna.

Bukan Cuma pada software open source juga terdapat pada sistem operasi, sistem operasi yang terkenal dengan open source adalah Linux. Keunggulan open source adalah dapat diperoleh dengan mudah dan gratis, dapat didownload di internet.

Contoh Aplikasi Open Source

Ada banyak sekali jenis aplikasi dan sistem operasi yang bersifat open source. Namun di sini penaindo hanya akan memberikan contoh software dan sistem operasi yang sifatnya open source yang tergolong terkenal. Nah berikut ini contoh software yang open source dan gratis.

1. Sistem Operasi Berlisensi dan Open Source


Contoh sistem operasi berlisensi open source adalah Linux dan Unix dan berbagai turunan lainnya. Disini linux sendiri memiliki banyak jenis yaitu debian, slackware, Redhat, Mint, Suse dan Lain sebagainya. Berbeda dengan sistem operasi yang close source dan berbayar contoh nya Windows dan MacOS.

Baca Juga: Pengertian Komputer

2. Software Edit Foto

Contoh software edit foto open source adalah GIMP, Inscape, Glimpase, digicam dan lain sebagainya. Berbeda dengan software yang bersifat close source seperti Photoshop dan Corel Draw yang berbayar.

3. Office Editor Gratis dan Open Source

Contoh software office editor yang gratis dan open source adalah Libre Office dan Openoffice. Aplikasi office yang gratis ini berbeda dengan Aplikasi berbayar seperti Microsoft Office yang harganya cukup mahal untuk menggunakannya.

4. Sistem Operasi Android

Contoh Sistem Operasi android yang open source adalah android dan Firefox OS yang dapat digunakan secara gratis. Berbeda dengan sistem operasi android yang close source misalnya adalah Windows phone dan iOS.

Kelebihan dan Kekurangan Open Source

Setiap software open source tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kelebihan dan kekurangan tersebut dapat manfaatkan dan di atasi oleh pengguna. Kekurangannya sendiri tergolong tidak terlalu berdampak pada aplikasi open source. Berikut ini kelebihan dan kekurangan software open source.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer

1. Kelebihan Open Source

Kelebihan aplikasi yang bersifat open source itu sendiri adalah pengguna dapat dengan bebas menggunakan dan mengembangkan aplikasi open source, Aplikasi open source juga legal sehingga pengguna tidak akan melanggar hukum, tidak ada pembajakan aplikasi open source tidak akan ada kasus open source karena udah dibagikan secara gratis, kelebihan yang terakhir adalah mudah didapatkan dan gratis.

2. Kekurangan Open Source

Kekurangan open source adalah tidak adanya dukungan dan dana dalam hal pemasaran, sehingga aplikasi open source tidak terkenal dan masih jarang digunakan oleh banyak orang. Kekurangan open source lainnya adalah tampilan atau interface open source kurang terkenal sehingga dapat dibilang sangat sulit untuk dipahami.

Nah itulah pembahasan artikel tentang pengertian open source, kekurangan dan kelebihan software open source dan contoh aplikasi dan sistem operasi open source. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan pengetahuan tentang apa itu pengertian open source kepada pembaca. Sekian dan terima kasih.