Pengertian Imperialisme

By | 9 Februari 2020

Pengertian Imperialisme

Apa itu imperialisme? Apa pengertian imperialisme?. Pengertian imperialisme secara bahasa di ambil dari kata “imperare” yang memiliki arti memerintah. Pengertian imperialisme secara umum adalah sebuah kebijakan yang di lakukan oleh negara untuk mengendalikan dan melakukan pemerintahan terhadap negara kecil agar dapat berkembang.

Pengertian imperialisme

Hak yang di berikan kepada negara untuk memerintah di sebut dengan imperium. Sedangkan orang yang di berikan hak untuk memerintah di sebut imperator. Secara umum orang yang di berikan untuk memerintah adalah seorang raja. Sehingga raja tersebut di namakan imperator karena di berikan hak untuk memerintah.

Artikel Terkait: Pengertian Kerja Rodi

Definisi lain dari imperialisme adalah dengan melakukan politik untuk memaksa kekuasaan terhadap semua negara untuk keperluan diri sendiri yang biasa di sebut imperiumnya.

Sejarah Imperialisme

Awal mula munculnya imperialisme pertama kali dari negara Inggris pada abad X1X. pada saat itu perdana menteri Inggris melakukan perluasan daerah kerajaan miliki Inggris hingga pada suatu hari dapat mencakup seluruh dunia.

Nah pada saat itu perdana menteri Inggris menjalankan berbagai cara sehingga politik yang di jalankan mendapat dorongan yang kuat sehingga pihak oposisi takut jika politik yang di jalankan Inggris tersebut memiliki dampak buruk pada krisis Internasional. Sehingga muncul golongan yang di sebut impire atau imperialisme.

Pengertian Imperialisme Menurut Para Ahli

Untuk membantu memahami pengertian imperialisme, kamu juga dapat melihat pengertian imperialisme menurut beberapa ahli berikut ini.

1. Lenin

Definisi imperialisme menurut Lenin adalah suatu sistem ekonomi politik yang di mana sebuah proses ekonomi memiliki bentuk atau perwujudan dalam keputusan politik.

2. Henry Pratt Fairchild

Menurut Henry Pratt Fairchild definisi imperialisme adalah suatu praktek perluasan wilayah negara kepada negara lain dengan cara mengambil wilayah – wilayah perbatasan negara tersebut. Atau dengan cara mengambil wilayah – wilayah jajahan secara paksa dari negara jajahan tersebut.

3. Alan Bulllock

Alan Bulllock, definisi imperialisme adalah suatu penaklukan yang di lakukan oleh penduduk sebuah negara kepada wilayah – wilayah lain dengan menetapkan hukumnya melalui kekuasaan dan mengeksploitasi secara ekonomi serta finansial kepada orang – orang asing tersebut.

Artikel Terkait: Pengertian Tanam Paksa

Tujuan Imperialisme

Dalam melakukan imperialisme tentu memiliki tujuan dan maksud tertentu. Nah apa saja tujuan dari imperialisme itu? Tujuan dari imperialisme adalah untuk menguasai serta mendominasi yang terorganisir secara politik (1) untuk menyebarkan ide-ide kebudayaan dan kebiasaan kepada negara – negara lain (2) untuk melakukan imperium maupun hegemoni yang memiliki dimensi kontinental (3) untuk memberikan pengaruh yang lebih besar dari kekuatan yang di lokalisir (4).

Macam – Macam Imperialisme

Terdapat berbagai jenis – jenis imperialisme. Berikut ini macam – macam imperialisme.

1. Imperialisme Kuno

Pengertian Imperialisme adalah inti dari sebuah semoboyan dari kata gold, gospel dan glory di mana artinya adalah kekayaan, penyebaran agama dan kejayaan. Maksudnya adalah sebuah negara yang merebut negara lain dengan tujuan untuk menyebarkan agama, mengambil sumber daya alam dan memperoleh kejayaan.

2. Imperialisme modern

Imperialisme modern berfokus pada kemajuan ekonomi. Di mana Imperialisme modern muncul setelah revolusi industri, yang di mana industri tersebut membutuhkan bahan mentah yang jumlahnya sangat banyak. Makan negara – negara besar menjajah negara – negara kecil untuk mengambil sumber bahan mentah dan pasar dari hasil industri.

3. Imperialisme Politik

Pengertian Imperialisme politik adalah sebuah usaha yang di jalankan untuk melakukan penguasaan di berbagai politik. Imperialisme politik ini akan baru terlihat ketika pesta demokrasi di lakukan di dalam sebuah wilayah. Yang di mana para calon politik berperan sebagai bagian dari tokoh atau orang yang berada di jalan politik.

4. Imperialisme Ekonomi

Imperialisme ekonomi adalah suatu usaha yang memiliki tujuan untuk melakukan penguasaan di bidang ekonomi. Seperti saham, perputaran modal, bagian industri dan lain – lain. Imperialisme ekonomi merupakan penunjang untuk menjaga kelancaran dalam menjalankan Imperialisme politik.

5. Imperialisme Kebudayaan

Pengertian dari Imperialisme kebudayaan adalah suatu usaha yang di lakukan sebuah negara besar untuk menguasai jiwa dan menghapus kebudayaan asal dari negara yang ingin di kuasai. Setelah menghapus kebudayaan negara yang di jajah kemudian di ganti dengan kebudayaan yang di bawah oleh negara penjajah.

6. Imperialisme Militer

Imperialisme militer adalah sebuah usaha untuk menguasai sebuah wilayah dengan cara kekerasan atau melakukan tindakan militer. Di mana negara penjajah membangun pangkalan militer dan benteng pertahanan di wilayah jajahan dengan tujuan melawan dan mempertahankan wilayah jajahan. Seperti yang di lakukan oleh Amerika Serikat dengan membangun pangkalan militer di negara lain atau benua lain. Hal tersebut akan memberikan ancaman kepada negara yang melawan.

Penyebab Imperialisme

Ada beberapa penyebab Imperialisme. Di bawah ini 5 penyebab terjadinya Imperialisme

  • Adanya keinginan untuk menyebarkan agama dan ideologi
  • Adanya keinginan untuk menjadi jaya
  • Adanya keinginan untuk memperoleh kekayaan
  • Adanya keinginan untuk menguasai perdagangan
  • Ingin berkuasa

Akibat Imperialisme

Dampak dari politik ada banyak sekali, baik di bidang politik, ekonomi dan sosial. Berikut ini akibat Imperialisme.
Politik

  • Munculnya tanah jajahan
  • Adanya politik pemasaran
  • Munculnya perang kolonial
  • Munculnya politik dunia atau biasa di sebut wereldpolitiek
  • Munculnya nasionalisme
  • Ekonomi
  • Perdagangan dunia lebih berkembang, negara jajahan menjadi miskin
  • Industri imperialis menjadi besar, perniagaan bangsa jajahan menjadi lemah
  • Meningkatnya rasa harga diri terhadap negara jajahan
  • Munculnya gerakan eropaisasi

Demikianlah artikel tentang pengertian imperialisme, sejarah imperialisme, tujuan imperialisme, penyebab dan akibat imperialisme. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Author: Mutawakkil

Ketahuilah sesungguhnya hidupmu di dunia akan sirna, dindingnya juga hilang dan hancur, maka perbanyaklah ibadah Kepada Allah dan perbuatan baik Sesama mahluk hidup dan jangan terlalu banyak berangan-angan.