Pengertian Kerja Rodi

Pengertian Kerja Rodi

Apa itu kerja rodi?. Apa pengertian kerja rodi?. Pengertian kerja rodi (Kerja Paksa) adalah suatu sistem yang diterapkan oleh kolonial Belanda yang memaksa masyarakat untuk bekerja tanpa mendapatkan upah dari pekerjaan yang dilakukan.

Pengertian Kerja Rodi

berapa lama belanda menjajah indonesia? Belanda menjajah indonesia selama 350 tahun sejak belanda datang ke Indonesia pada tahun 1596. Pada saat Belanda menjajah Indonesia, sejak itulah Belanda melakukan kerja paksa kepada para penduduk Indonesia.

Sejarah Kerja Rodi

Awal mula kerja rodi muncul pada saat Louis Napoleon memberikan kepercayaan kepada Herman Willem Daendels menjadi gubernur pada tanggal 1 januari 1808. Di mana Herman Willem Daendels di berikan tugas utama untuk mempertahankan pulau jawa dari Inggris. Bukan Cuma itu Herman Willem Daendels juga diberi tugas untuk mengatur pemerintahan Indonesia.

Artikel Terkait: Pengertian Berita

Pada saat Herman Willem Daendels menjadi gubernur, Herman Willem Daendels merasa terbebani, karena pada saat itu inggris mengambil alih kekuasaan VOC tepatnya di Sumatra, Ambon, dan Banda. Nah pada saat Willem Daendels menjalankan tugas sebagai gubernur, ia mengeluarkan program kerja yaitu meningkatkan kuantitas tentara dengan cara merekrut orang-orang dari masyarakat Indonesia. Membangun pabrik persenjataan di Semarang dan Surabaya. Membangun jalan dengan panjang 1.100 km dari Anyer sampai Panarukan. Membangun pangkalan armada di Anyer serta Ujung Kulon, , serta membuat benteng-benteng pertahanan.

Nah dengan memudahkan langkah-langkah yang diambil Willem Daendels, dia menerapkan kerja rodi. Selain itu Willem Daendels juga melakukan usaha untuk mengumpulkan dana dalam rangka melawan Inggris.

Dalam usaha tersebut Willem Daendels memaksa masyarakat pribumi untuk menjual hasil bumi kepada pemerintahan belanda dengan harga yang sangat murah. Serta menjual tanah-tanah milik rakyat Indonesia kepada pemerintah belanda.

Artikel Terkait: Pengertian Kasasi

Pencetus Kerja Rodi

Seperti yang disebutkan di atas pada sejarah kerja rodi, jika pencetus atau yang memperkenalkan kerja paksa adalah Herman Willem Daendels. Sedangkan pencetus tanam paksa adalah Johannes Van Den Bosch pada saat ia menjabat sebagai gubernur Hindia Belanda dan diteruskan oleh Herman Willem Daendels.

Tujuan Kerja Rodi

  • Pada saat kerja rodi dibentuk oleh Herman Willem Daendels ada beberapa tujuan. Berikut ini tujuan dibentuknya kerja paksa oleh Daendels.
  • Membangun pabrik persenjataan di semarang dan Surabaya
  • Membangun jalan raya sepanjang 1100 km dari Anyer hingga panarukan
  • Membangun pangkalan armada di ujung kulon dan anyer
  • Membuat benteng-benteng pertahanan.


Kebijakan Kerja Rodi

Ada beberapa kebijakan kerja rodi yang perlu kamu ketahui berikut ini.

  • Semua pegawai tetap pemerintah mendapatkan gaji tetap dan dilarang melakukan kegiatan jual beli
  • Tidak diizinkan melakukan penyewaan penyewaan desa kecuali untuk keperluan pembuatan garam, gula dan pembuatan sarang burung.
  • Diharuskan untuk menjual hasil bumi kepada pemerintah dengan harga murah
  • Diwajibkan melakukan penjualan tanah miliki rakyat kepada pihak asing
  • Diwajibkan kepada rakyat priangan untuk menanam kopi.

Itulah artikel yang membahas mengenai Pengertian Kerja Rodi, sejarah kerja rodi, kebijakan kerja rodi dan tujuan kerja rodi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan kepada pembaca. Sekian dan terima kasih.

Related Posts