Sistematika Proposal Usaha

Apa itu proposal usaha? Proposal usaha merupakan sebuah dokumen tertulis yang digunakan oleh pengusaha untuk memperkenalkan usahanya berupa produk atau layanan jasa dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan dana dalam mengembangkan usahanya.

Proposal usaha sama seperti jenis proposal lain nya yang memiliki sistematika proposal yang baik agar proposal usaha dapat diterima oleh orang yang akan memberikan dana kepada usaha kita. Biasanya proposal usaha ditulis dengan mengikuti sistematika proposal usaha agar dapat memiliki daya tari tersendiri. Nah berikut ini sistematika proposal usaha.

Baca Juga: Struktur Proposal Sesuai Urutan dan Yang Baik dan Benar

Sistematika Proposal Usaha

Seperti yang dituliskan di atas, Tujuan sistematika proposal usaha ini adalah agar proposal usaha memiliki daya tari dan dapat diterima oleh pembaca. Berikut ini sistematika proposal yang perlu kamu ketahui:

1. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ada beberapa pembahasan di dalam nya yaitu latar belakang, visi dan misi, tujuan mendirikan usaha dan uraian secara singkat tentang gambaran usaha yang akan di buat atau sedang dijalankan.

  • Latar belakang, membahas tentang tujuan dibuatnya proposal usaha
  • Visi dan misi, membahas tentang apa-apa saja yang menjadi target usaha dalam periode tertentu
  • Tujuan mendirikan usaha, membahas tentang tujuan utama usaha yang akan di capai
  • Gambaran singkat usaha, membahas tentang deskripsi singkat tentang usaha yang akan dibuat

2. Profil Perusahaan/usaha

Pada bagian profil perusahaan ada beberapa di bahas di antaranya jenis usaha, nama perusahaan dan lokasi dibuatnya perusahaan.

  • Jenis usaha yaitu usah dibuat bergerak di bidang apa misalnya membuat produk miniatur, perabotan rumah tangga dll
  • Nama perusahaan atau usaha untuk memperkuat daya tarik usaha perlu diberikan nama sebagai identitas usah
  • Lokasi yaitu tempat didirikannya usaha

3. Struktur Organisasi

Di dalam bagian struktur organisasi di tuliskan orang-orang yang berperan di dalam perusahaan anda serta peran mereka di dalam perusahaan atau organisasi

Baca Juga: Struktur Proposal Penelitian dan Sistematika Proposal

4. Produk Atau Layanan Yang Ditawarkan Perusahaan

Pada bagian ini terdapat tiga bagian pembahasan yaitu jenis produk, proses pembuatan produk dan keunggulan produk yang diberikan.

  • Jenis produk yaitu jenis produk yang dibuat misalnya produk alat tulis, produk elektronik, produk perabotan rumah tangga dan lain sebagainya. Untuk jasa misalnya jasa di bidang IT, jasa di bidang kesehatan, jasa otomotif dan lain sebagainya
  • Proses pembuatan produk, mungkin anda sudah paham bagian ini, yah pada bagian ini membahas tentang proses pembuatan produk atau proses pengerjaan jasa.
  • Keunggulan produk/layanan jasa, membahas tentang deskripsi kelebihan yang dimiliki produk dan jasa yang membuat pelanggan tertarik untuk membeli.

5. Laporan Keuangan

Sistematika proposal usaha selanjutnya adalah laporan keuangan, pada bagian laporan keuangan ini meliputi modal awal yang digunakan di dalam usaha, biaya produk dan keuntungan terakhir yang didapatkan. Dengan ditulisnya laporan keuangan usaha dapat meyakinkan tender yang akan memberikan kita modal.

6. Penutup

setelah semua sudah dibahas jangan lupa untuk membuat bagian penutup, yang berisi tentang kalimat-kalimat yang dapat meyakinkan tender yang akan menerima proposal usaha.

Itulah uraian tentang sistematika proposal usaha, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dala membuat proposal untuk usaha anda. Semoga bermanfaat

Related Posts