18+ Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Secara umum pengertian internet adalah sebuah alat komunikasi global yang dapat menghubungkan jaringan komputer-komuper yang ada di dunia. Berikut ini definisi komputer menurut para ahli:

1. Oetomo

Menurut pandangan Oetomo (2002) internet salah satu singkatan dari International Network, dimana sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dan juga terdiri dari beberapa jaringan-jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

2. Supriyanto

Menurut pandangan Supriyanto (2006) Internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga jaringan untuk dunia yang punya sistem operasi dan juga sebagai aplikasi yang berbeda-beda, terdapat beberapa hubungan yang memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi seperti telepon dan satelit yang memakai protokol standar untuk melakukan hubungan komunikasi.

3. Onno Purba

Menurut pandangan Purbo (2005) Internet merupakan suatu dasar media yang dipakai untuk mengefesiensikan proses komunikasi yang dapat disambungkan lewat berbagai aplikasi semisal web, E-mail dll.

4. Harjono

Menurut pandangan Harjono (2009) Internet merupakan suatu kumpulan dari beberapa komputer untuk mencapai jutaan komputer dimana seluruh dunia yang saling berhubungan saling dapat terkoneksi antara satu dengan yang lain. Supaya komputer tersebut saling terkoneksi satu sama lain sehingga diperlukan media yang saling menghubungkan antar komputer. Adapun media yang digunakan yaitu kabel/serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

Baca Juga: Internet Dedicated: Adalah Pengertian dan Manfaatnya

5. Drew Heywood

Menurut pandangan Heywood (1996) Internet merupakan sesuatu teknologi yang munculnya pada akhir tahun 60-an disaat United States Department Of Defence (DoD) dimana masih memerlukan standar baru dalam melakukan komunikasi Internetworking. Adapun standar baru untuk menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian atau juga ilmiah contohnya univeristas. Jadi jaringannya harus kuat, aman dan tahan atas kerusakan sehingga dapat beroperasi pada kondisi yang minimum akibat bencana dll.

6. Sibero

Menurut pandangan Sibero (2011) Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang dapat menghubungkan antar komputer secara global

7. Allan

Menurut pandangan Allan (2005) Internet merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain yang secara fisik yang memiliki kemampuan untuk membaca dan dapat menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu yang dikenal istilah Internet Protokol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

8. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Menurut pandangan Strauss, El-Ansary dan Frost (2003) Internet yaitu secara keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain, beberapa komputer-komputer saling terhubung dalam jaringan yang menyimpan beberapa file yang dapat diakses misal web, data dll.

9. Randall dan Latulipe

Menurut pandangan Randall dan Latulipe  (2001) Internet merupakan suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer, internet tak ubahnya sebuahnya jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer yang dapat diakses dimana saja.

Baca Juga: Cyber Ethics: Etika Dalam Menggunakan Internet

10. Ramdhani

Menurut pandangan Ramdhani (2003) Internet merupakan sebuah sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, komersial, pemerintahan, organisasi hingga perorangan.

11. Greenlaw dan Hepp

Menurut pandangan Greenlaw dan Hepp (2002) Internet merupakan yang menyatakan  sebuah sistem informasi global yang terhubung secara logika address atau alamat yang unik yang berbasis Internet Protocol/ IP dan memiliki dukungan komunikasi TCP/ Transmission Control Protocol yang menyebabkan internet yang dapat diubah, diakses maupun secara khusus

12. Lani Sidharta

Menurut pandangan Lani Sidharta (1996) Internet merupakan suatu yang berbentuk interkoneksi dari sebuah jaringan komputer, yang memberikan bentuk layanan informasi secara lengkap. Adapun dijelaskan untuk internet yang terbukti sebagai rekan maya atau virtual yang digunakan dalam medis bisnis, politik atau hiburan semata.

13. Sarwono

Menurut pandangan Sarwono (2012) internet merupakan kumpulan jaringan yang memiliki skala global yang mengatakan bahwa untuk bertanggung jawab dalam menjalankan internet sendiri. Dimana internet digunakan kebutuhan militer, dan juga internet merambah pada keperluan masyarakat sipil dan juga bentuk hiburan.

Baca Juga: Netbook Adalah: Ciri-ciri, Kelebihan dan kekurangan Netbook

14. Wahana komputer

Menurut pandangan Wahana Komputer (2005) Internet merupakan sesuatu yang menghubungkan berbagai komputer untuk dalam satu jaringan global, yang melalui protokol transmission control protocol / Internet Protocol (TCP/IP)

15. John December

Menurut pandangan John december (1997) internet merupakan sesuatu kumpulan jaringan komputer yang bekerja secara global yang mendistribusikan pertukaran informasi terhadap prtokol (TCP/IP)

16. Mac Bride

Menurut pandangan Mac Bride (1997) internet merupakan jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan ribuan jaringan komputer, yang melalui sambungan telepon umum maupun pribadi (pemerintah maupun swasta)

17. Berners Lee

Menurut Pandangan Berners Lee Internet merupakan suatu jaringan yang terdiri beberapa jaringan, dimana hal tersebut dapat merujuk pada konsep sebuah jaringan komputer tertentu atau dalam jaringan lokal yang bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

18. Nedd Snell

Nedd Snell Internet merupakan suatu koridor yang bermacam-macam jenis sumber daya yang didalamnya, disetiap sumber daya tersebut dapat diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

Related Posts

Tinggalkan komentar