Netbook Adalah
Netbook Adalah

Netbook Adalah: Ciri-ciri, Kelebihan dan kekurangan Netbook

Apa itu Netbook? Netbook adalah sebuah komputer yang berukuran kecil lebih ringan biasanya dari laptop dan spesifikasi untuk netbook sendiri paling rendah hardwarenya. Adapun harganya mencakup 2-3 juta.

Pengertian Netbook

Adapun pengertian lainnya dari Netbook yaitu gabungan dari kata Internet dan Book yang artinya penggunaan netbook yang di identik dengan aktivitas yang berkaitan dengan internet dan juga salah satu varian dari komputer yang berukuran kecil yang dapat memenuhi kebutuhan komunikasi nirkabel dan mengakses internet.Dimana untuk ukurannya sendiri dapat mencapai 7-11 inci, sedangkan untuk laptop dan notebook berukuran 12-18 inci.

Ciri-ciri Netbook.

Adapun ciri-ciri dari Netbook sendiri sebagai berikut:

  1. Ukuran layarnya sekitar 7, 9 hingga 11 inci.
  2. Berukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana
  3. Beratnya bisa dikisarkan sampai 1 kg 2 -3 pon
  4. Untuk baterainya sumber dayanya sendiri bekerja antara 3-4 jam
  5. Tidak mempunyai CD/DVD driver
  6. Spesifikasi hardwarenya rendah untuk menyimpanan memory atau RAMnya tidak lebih dari 2 GB, namun untuk grafisnya bagus, prosesor kelas menengah ke bawah.
  7. Dapat menjalankan sistem operasi windows, Linux dan Mac OS X
  8. Dilengkapi dengan Bluetooth, LAN, Wireless Fidelity, USB dan Card Rider
  9. Untuk pengisian baterainya sendiri bisa belangsung 6 – 10 jam
  10. Untuk prosessor Intel Atom dengan kecepatan 1.6 GHz

Kelebihan Netbook

Baca juga: Pengertian Komputer

Adapun kelebihan netbook sendiri sebagai berikut:

1. Mempunyai ukuran yang kecil dan lebih ringan

Dengan ukuran yang kecil dapat dibawah kemana-mana ketimbang laptop yang mempunyai ukuran yang besar, adapun untuk layar nya netbook yaitu 7-11 inchi untuk beratnya sendiri 1 kg.

2. Hemat Daya Baterai

Lebih hemat daya baterainya karena dilengkapi prosessor untuk komputerisasi dengan daya lebih hemat sehingga dapat bertahan selama 3-4 jam

3. Harga Lebih Murah

Untuk harganya sendiri berkisar 2-3 juta, karena spesifikasi hardwarenya yang lebih rendah dan tidak dapat menjalankan program yang kompleks serta ukurannya juga yang kecil.

4. Tidak Mudah Panas

Netbook dengan menggunakan Prosessor Intel Atom dengan kecepatan 1.33-1.66 GHz. Prosessor yang paling rendah sehingga mempengaruhi kinerjanya, tetapi hemat daya dan tidak mudah panas.

Kekurangan Netbook

Baca Juga: Pengertian Desktop

Adapun kekurangan Netbook itu sendiri sebagai berikut:

1. Tidak dapat Dipakai untuk bermain Game atau aplikasi

Maksudnya disini untuk kebutuhan Net-centric computingnya seperti browsing, menjalankan aplikasi web, menjalankan game, ataupun aplikasi office, photoshop, karena untuk netbook sendiri tidak dirancang untuk dipakai aplikasi atau game tersebut.

2. Kinerjanya yang lambat

Karena prosessor yang digunakan Intel Atom dengan kecepatannya hanya 1.33-1.66 GHz yang tergolong rendah, maka kinerja dari netbook tentunya lambat. Oleh karena itu tidak cocok untuk program atau menjalankan aplikasi yang banyak atau secara bersamaan.

3. Tidak ada CD/DVD Drive

Netbook tidak mempunyai CD/DVD drive karena ukurannya yang kecil dan belum disediakan. Tetapi untuk cara lain bisa melalui prot USB yang dapat menghubungkan DVD-RW eksternal

4. Ukuran Monitor dan Keyboard yang kecil

Dengan ukuran tersebut dapat membuat para mengguna kesusahan, terkhusus orang yang lanjut usia, dan keyboard yang kecil dapat membuat kesulitan dalam penempatan huruf-huruf pada jari-jari pengguna.

Itulah Pengertian dari Netbook, ciri, Kelebihan dan kekurangan dari Netbook itu sendiri. Semoga bermanfaat untuk pembaca dan penulis. Wassalamu’alaikum.

Related Posts

About Marlina

Kebanyakan dari kita rabun dekat terhadap dosa, kita bisa melihat dosa orang lain dengan teliti, tapi kita lupa dengan kesalahan sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *