Pengertian Kasasi

Pengertian Kasasi

Apa itu kasasi? Apa yang dimaksud kasasi? Apa pengertian kasasi?. Pengertian kasasi adalah sebuah pembatalan terhadap putusan pengadilan – pengadilan yang lain yang dilakukan di tingkat pengadilan terakhir karena keputusan pengadilan tidak sesuai dengan undang – undang yang telah ditetapkan.

Pengertian Kasasi

Bagaimana hukum kasasi bisa sampai di Indonesia?. Nah pada Awalnya hukum kasasi bermula di negara Perancis setelah Belanda menjajah Prancis maka hukum kasasi diterapkan juga di Negara Kincir angin tersebut. Kemudian belanda membawa hukum kasasi tersebut masuk ke Indonesia dan diterapkan juga di Tanah Air.

Pengertian kasasi menurut bahasa ialah, kasasi berasal dari kata kerja yaitu casser yang memiliki arti membatalkan atau memecahkan. Yang dimana salah satu tugas mahkamah agung RI atas putusan pengadilan yang lain. Namun hal ini menjadi suatu investigasi ketiga. Sehingga dalam kasus tersebut tingkat kasasi tidak lagi melakukan investigasi pada kasus tersebut.

Artikel Terkait: Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Pengertian Kasasi Menurut Para Ahli

Untuk memperkuat pengertian di atas, kita juga dapat melihat pengertian kasasi menurut para ahli berikut ini. Nah adapun pengertian kasasi menurut para ahli sebagai berikut.

Tritaamidjaja

Pertama dan terakhir oleh Tritaamidjaja, menurut Tritaamidjaja pengertian kasasi adalah sebuah aturan yang digunakan untuk melawan keputusan tertinggi yang tidak dapat dilawan lagi baik untuk mengajukan banding lantaran kedua jalan tidak di perboleh kan oleh undang-undang.

Tujuan Kasasi

Secara umum tujuan kasasi adalah untuk membatalkan sebuah keputusan yang telah di jatuh-kan oleh pengadilan tertinggi yang tidak sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan. Bukan hanya itu, berikut ini tujuan sesungguhnya dari kasasi sebagai berikut.

Mengoreksi Peradilan Bawahan

Secara umum fungsi dari kasasi adalah untuk mengoreksi setia kesalahan yang dilakukan oleh peradilan bawah, agar kedepannya dapat lebih baik.

Menghindari Kesewenang – wenangan

Tujuan kasasi lainya adalah untuk mengurangi sifat sewenang-wenang yang dapat dilakukan oleh peradilan bawah kepada anggota masyarakat yang dapat muncul pada peradilan bawah.

Menyelesaikan Kontroversi

Dengan adanya kasasi diharapkan dapat menyelesaikan kontroversi yang terdapat bagi peradilan bawah. Dengan hal tersebut keputusan peradilan harus lebih menjunjung tinggi objektivitas serta uniformitas.

Demikianlah artikel tentang pengertian kasasi, pengertian kasasi menurut para ahli dan tujuan kasasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan pembaca.