Pengertian Berita

By | 19 November 2019

Pengertian Berita

Pengertian Berita

Apa itu berita (news), apa pengertian berita?. Nah secara umum Pengertian berita adalah suatu informasi tentang peristiwa yang terjadi atau telah terjadi yang di sajikan dalam bentuk baik itu media cetak, elektronik, media online maupun dari mulut ke mulut pada khalayak ramai.

Dalam pengertian lain berita juga dapat di artikan sebagai sebuah informasi yang berdasarkan fakta baik sedang berlangsung atau pun yang telah berlangsung. Jadi berita merupakan sebuah informasi yang bersifat fakta yang di sampaikan melalui media televisi, media online maupun media cetak.

Baca Juga: Pengertian Mukhtamar

Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Nah untuk memperjelas definisi berita di atas, kami juga memberikan pengertian berita yang di kemukakan oleh beberapa ahli. Berikut ini Pengertian berita menurut para ahli.

1. Amak Syarifuddin

Pengertian berita menurut Amak Syarifuddin adalah sebuah laporan mengenai kejadian yang di munculkan sebagai bahan yang menarik perhatian media massa.

2. J.B. Wahyudi

Menurut J.B. Wahyudi Pengertian Berita adalah suatu laporan mengenai peristiwa atau pendapat yang memiliki sebuah nilai penting, yang menarik bagi sebagian khalayak tertentu.

3. Willard C. Blayer

Yang di maksud dengan berita menurut Willard C. Blayer merupakan sebuah informasi terkini yang terpilih yang dilakukan oleh pembawa berita atau wartawan untuk di bahas dan di masukkan dalam sebuah media agar lebih menarik untuk di nikmati.

Baca Juga: Dampak Pergaulan bebas

Jenis-jenis Berita

Berikut ini jenis-jenis Berita dan penjelasan nya

1. Straight News

Straight News atau berita langsung adalah berita yang di sajikan dengan cara di tulis secara singkat dan lugas. Berita langsung biasa terdapat pada halaman surat kabar yang di tulis dengan singkat. Straight News terbagi menjadi dua jenis yaitu Hard News dan Soft news.

Hard news dapat berisi tentang informasi mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak. Sedangkan Soft news adalah informasi-informasi yang di tulis sebagai pendukung hard news, dan biasa di tulis tepat di bawa berita hard news.

2. Depth News

Depth News atau berita mendalam adalah berita yang di kembangkan melalui berbagai hal yang terdapat di dalam informasi dasar.

3. Investigation news

Berita investasi adalah berita yang di kembangkan dari hasil penelitian dan penyelidikan berbagai sumber informasi yang di dapatkan.

4. Interpretative News

Interpretative news adalah sebuah berita yang di kembangkan yang di sertai dengan penelitian dan di tambah dengan pendapat dari penulis atau pun reporter nya.

5. Opinion News

Opinion News atau berita opini adalah sebuah berita yang di sampaikan dengan informasi berdasarkan pendapat seseorang mengenai peristiwa yang terjadi. Dan umum nya informasi di dapatkan dari seorang cendikiawan, ahli maupun pejabat.

Baca Juga: Tujuan Politik

Struktur Berita

Berbicara tentang berita, secara umum terdapat struktur atau bagian-bagian yang terdapat di dalam berita. Berikut ini 5 bagian-bagian berita

1. Headline

Headline identik dengan judul berita yang berfungsi sebagai informasi awal Berita, umumnya headline terdapat di paragraf awal Berita.

2. Deadline

Deadline memberikan informasi tentang nama media yang menerbitkan berita, waktu dan tempat peristiwa di berikan.

3. Lead

Lead sendiri lebih fokus pada inti Berita atau isi berita, lead umumnya terletak pada pertengahan berita.

Baca Juga: Struktur Artikel

4. Body

Yang terakhir adalah body, berbeda dengan lead body sendiri lebih dikenal sebagai badan berita yang di dalam isinya menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi menggunakan bahasa yang lebih ringkas, padat dan jelas.

Unsur-unsur Berita

Nah dalam menyampaikan sebuah berita haru terdapat beberapa unsur agar Berita nya dapat di mengerti dan memiliki informasi yang lengkap. Berikut 5 unsur berita.

  • What, apa yang terjadi dalam peristiwa
  • Who, siapa yang terlibat di dalam peristiwa
  • Where, di mana peristiwa terjadi
  • When, kapan peristiwa terjadi
  • Why, mengapa peristiwa terjadi
  • How, dan bagaimana peristiwa itu terjadi

Ciri-ciri berita yang baik

Berita adalah informasi tentang peristiwa yang terjadi sehingga Berita harus di sampaikan dengan baik dan harus berbeda dengan informasi lainnya. Sehingga Berita harus di sajikan dengan baik, berikut ini ciri-ciri berita yang baik.

Baca Juga: Kelemahan Media Online

  • Berita harus berisi informasi yang aktual dan update atau terkini yang bermanfaat untuk umum
  • Berita harus dapat menarik perhatian khalayak umum
  • Berita harus fakta agar masyarakat dapat mempercayainya
  • Isi berita harus di sampaikan dengan jelas dan mudah di pahami oleh khalayak ramai

Nah itulah artikel tentang pengertian berita, ciri ciri berita, unsur-unsur berita dan jenis jenis berita, semoga dengan adanya artikel ini dapat memecahkan masalah anda dan dapat menambah ilmu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *