Macam-Macam Bentuk Promosi

Macam-macam bentuk promosi sudah akrab dengan para pengusaha khusus-Nya bagi mereka yang bergerak di penjualan barang dan jasa. Sebagai seorang pengusaha akan menemukan berbagai jenis-jenis media promosi, seperti media online, poster, brosur, televisi dan lain sebagainya.

Promosi merupakan suatu usaha yang dilakukan pengusaha atau pemilik barang dan jasa dalam menawarkan atau memperkenalkan barang produk dan jasa mereka kepada calon pembeli dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan. Sehingga dengan melakukan promosi diharapkan omset penjualan semakin meningkat.

Di dalam dunia usaha ada beberapa jenis-jenis media promosi dan macam-macam bentuk promosi, namun kita sudah membahas jenis-jenis media promosi di artikel lain, nah kali ini kita akan membahas macam-macam bentuk promosi yang perlu kamu ketahui agar dapat menjadi referensi kamu dalam melakukan promosi. Berikut ini macam-macam bentuk promosi.

Baca Juga: Jenis dan Contoh Media Promosi

Macam-Macam Bentuk Promosi

Apa saja macam-macam bentuk media promosi? Berikut ini jenis-jenis bentuk promosi yang harus kamu tahu untuk dijadikan referensi dalam memulai sebuah pemasaran produk yang kamu miliki.

1. Advertising (Periklanan)

Menurut Kotler di dalam bukunya advertising adalah bentuk promosi dan penyajian ide, produk dan jasa secara non personal kepada pihak sponsor yang membutuhkan pembayaran. Sehingga dapat dikatakan jika bentuk promosi advertising ini adalah bentuk promosi non personal untuk merangsang pembelian atau penggunaan jasa.

Ada beberapa karakteristik yang digunakan dalam melakukan advertising yaitu non personal, berbayar, menggunakan media massa seperti media sosial, sponsor yang teridentifikasi dan masih banyak lagi.

Jenis advertising

  • Informative Advertising
  • Persuasif advertising
  • Reminder Advertising

2. Personal Selling

Personal selling adalah suatu bentuk promosi yang umumnya dilakukan secara individu dengan metode presentasi lisan di depan para calon pembeli untuk merangsang transaksi. Dengan kata lain bentuk promosi ini dilakukan dengan mendatangi calon pembeli dan menjelaskan setiap detail karakteristik dan produk dan jasa yang ditawarkan.

Menurut Kotler personal selling adalah presentasi lisan yang dilakukan oleh tenaga penjualan perusahaan yang bertujuan untuk membina hubungan baik dengan calon konsumen.

Ada beberapa kunci dalam melakukan personal selling yaitu, prospecting (mencari pelanggan dan membangun hubungan baik dengan pelanggan), targeting communicating (menarget pelanggan dan memberikan informasi detail tentang produk), Selling, Servicing, Information gathering (riset pasar) dan Allocating (mengalokasikan target market).

Baca Juga: Pengertian Analisis Swot, Unsur Manfaat dan Faktornya

3. Sales Promotion

Menurut Kotler sales promotion adalah suatu bentuk promosi secara langsung dengan menggunakan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk atau penggunaan Layanan jasa. Sales promotion termasuk dalam bentuk promosi jangka pendek seperti membuat perlombaan dan memberikan diskon harga produk yang dimiliki.

Jenis-jenis sales promotion

  • Pemberian Kupon
  • Mengadakan perlombaan
  • Memberikan diskon harga
  • Hadiah dari penjualan
  • Membuat Produk Baru

4. Publishing

Publishing adalah bentuk promosi non personal dengan cara bekerja sama dengan suatu layanan yang dapat memberikan informasi/berita secara detail tentang produk dan jasa yang dimiliki yang bertujuan untuk merangsang permintaan barang dan jasa. Secara umum bentuk promosi ini hanya mengandalkan tulisan dan gambar yang dapat menarik pembeli.

Jenis Alat yang digunakan dalam bentuk promosi publishing adalah media cetak, portal berita, media elektronik hingga hasil wawancara. Dengan cara ini sangat baik untuk dilakukan karena publisitas dapat menarget calon pembeli yang potensial.

5. Direct Marketing (Pemasaran Secara Langsung)

Menurut Kotler dan Gary Armstrong, direct marketing adalah sebuah sistem pemasaran yang menggunakan media komunikasi dan iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli yang ingin ditarget. Dengan pemasaran secara langsung diharapkan dapat membuat calon konsumen langsung tertarik dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

Bentuk interaksi Langsung

  • Komunikasi Langsung Melalui Telepon
  • Email Marketing
  • Pengiriman Media Promo
  • Bertemu Secara Langsung

Itukah beberapa bentuk promosi yang perlu kamu ketahui, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan referensi untuk memiliki bentuk promosi yang sesuai dengan bisnis kamu, untuk meraih omset penjualan. Semoga bermanfaat jangan lupa share-share.