Jenis dan Contoh Media Promosi

Jenis media promosi sangat saat ini sudah beragam jenisnya baik itu berupa fisik maupun berupa online. Banyak nya jenis media promosi ini dan contohnya tidak lepas dari teknologi yang semakin berkembang. Sehingga sangat memudahkan para pengusahaan untuk memasarkan dagangan mereka.

Macam-macam media iklan harus benar-benar di dalami dan tekuni oleh para pengusaha agar mempermudah mereka dalam memasarkan produknya, meningkatkan penjualan dan memasarkan brand mereka.

Apa itu media promosi? Media promosi adalah suatu sarana/fasilitas yang digunakan oleh suatu badan usaha baik itu perorangan/individu, ukm dan perusahaan untuk memperkenalkan produk barang dan jasa kepada orang banyak.

Apa fungsi promosi? Merujuk pada pengertian media promosi, fungsi promosi adalah untuk memperkenalkan produk barang dan jasa kepada para calon pembeli, agar dapat meningkatkan penjualan.

Saat ini ada banyak sekali jenis-jenis media promosi yang dapat digunakan, seperti media elektronik, media online, dan offline. Berikut ini berikut ini pembahasan tentang macam-macam media promosi dan contohnya.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran, jenis-jenis dan fungsinya

Jenis dan Contoh Media Promosi

Apa saja jenis-jenis dan contoh media promosi?

1. Media Internet

Dengan berkembangnya teknologi, media promosi juga semakin berkembang, yang dulunya hanya dilakukan secara offline, namun saat ini sudah dapat dilakukan secara online, dan kita tahu kebanyakan orang saat ini lebih memilih menghabiskan waktunya di media online. Sehingga dengan menggunakan media online sebagai alat promosi dapat lebih efektif.

Contoh Media Promosi Internet

  • Sosial Media
  • Website
  • Advertiser
  • YouTube
  • Dan Lain Sebagainya

Kelebihan Promosi di media Internet

Kelebihan media internet adalah dapat menjangkau audience yang lebih luas sehingga akan meningkatkan penjualan.

Kekurangan Promosi di Media Internet

Biaya yang dibutuhkan lebih tinggi, dan kita di haruskan untuk menciptakan copywriting yang baik dan menampilkan promosi yang menarik dapat menarik minat audience.

2. Menggunakan Brosur

Media promosi yang selanjutnya adalah brosur, brosur merupakan salah satu media promosi yang bersifat offline. Media promosi brosur termasuk simpel karena hanya menggunakan selembar kertas dan dilipat menjadi tiga. Dalam membuat brosur harus dibuat semenarik mungkin agar dapat membuat calon pelanggan tertarik.

Baca Juga: Macam-macam Bentuk Promosi

Contoh Media Brosur

  • Promosi diskon produk
  • Diskon makanan restoran
  • Brosur tiket pesawat
  • Dan lain sebagainya.

Kelebihan Media Promosi Brosur

Biaya yang dibutuhkan relatif murah dan dapat dipahami lebih mudah oleh orang awam.

Kekurangan Media Promosi Brosur

Kita diharuskan membuat brosur yang sangat menarik karena jika tidak calon pembeli akan mudah melupakan apa yang kita tawarkan, tidak ramah lingkungan karena dapat menjadi sampah kertas.

Baca Juga: Pengetian Internet dan Manfaatnya

3. Media Promosi Poster

Poster adalah media promosi yang menyatukan gambar dan tulisan untuk membuat sebuah informasi poster lebih menarik. Pada umumnya poster di tempel pada tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang. Hampir mirip dengan brosur poster juga terbuat dari selembaran kertas yang didesain sedemikian rupa.

Contoh media promosi poster

  • Poster layanan jasa
  • Poster diskon motor
  • Poster diskon mobil
  • Dan lain sebagainya

Kelebihan dan kekurangan hampir sama dengan brosur karena media promosi ini sama-sama offline dan menggunakan kertas.

4. Media Promosi Banner

Banner biasa juga disebut dengan spanduk, banner dicetak menggunakan print digital, dan cetak dengan ukuran yang besar dengan model portrait dan vertikal. Banner umumnya di pasang pada tempat yang sering dilalui orang, seperti jalan tol dan tempat-tempat yang mudah untuk dilihat orang.

Banner juga ada yang bersifat online seperti yang terdapat di dalam website atau blog, banner ini berbeda dengan banner yang dijalan, banner blog tidak membutuhkan kertas atau alat untuk mencetak banner.

Contoh Media Promosi Banner

  • 468 x 60 IMU / Pixel “Full Banner”
  • 234 x 60 IMU / Pixel “Half Banner”
  • 88 x 31 IMU / PIxel “Micro Bar”
  • 120 x 90 IMU / Pixel “Button 1”
  • 120 x 60 IMU / Pixel “Button 2”
  • 120 x 240 IMU / Pixel “Verical Banner”
  • 125 x 125 IMU / Pixel “Suara Button”
  • 728 x 90 IMU / Pixel “Leaderboard”

Kelebihan Media Promosi Banner

Kelebihan banner adalah sangat mudah dilihat oleh orang karena bentuknya yang mencolok dan ukurannya yang sangat besar.

Kekurangan Media Promosi Banner

Membutuhkan biaya yang cukup mahal dan membutuhkan ruang yang besar jika menggunakan banner offline yang terdapat di jalan

5. Media Promosi Televisi

Media promosi televisi adalah media promosi yang banyak di kenal orang, karena media promosi sudah ada sebelum media promosi online. Mungkin kamu ketika menonton televisi akan ada banyak iklan di setiap channel televisi.

Contoh Media Promosi Televisi

  • Iklan shampoo
  • Iklan sabun
  • Iklan kecantikan
  • Dan lain sebagainya

Kelebihan Media Promosi Televisi

Potensi menarik pembeli semakin tinggi karena hampir setiap rumah memiliki televisi, dan dapat juga meningkatkan kepopularitasan sebuah brand atau merek produk karena akan mudah di ingat oleh orang-orang awam sekalipun.

Kekurangan Media Promosi

Membutuhkan biaya yang cukup mahal dan membutuhkan video sehingga membutuhkan waktu pengerjaan.

6. Media Promosi Merchandise

Mungkin kamu baru mendengar jenis media promosi ini, wajar saja jenis promosi ini cukup jarang digunakan. Promosi merchandise adalah jenis media promosi yang menggunakan produk lain sebagai alat promosinya. Misal nya kaos, pulpen, flash disk dan lain sebagainya. Nah untuk menarik perhatian, produk tempat promosi harus dibuat semenarik mungkin agar orang mudah mengingatnya.

7. Media Promosi Radio

Radio juga termasuk dalam media promosi yang cukup efektif walaupun sudah cukup ketinggalan dari media promosi lainnya. Namun media promosi radio memiliki keunggulan tersendiri seperti biaya yang cukup rendah dan dapat di jangkau tanpa aliran listrik. Di balik kelebihan tersebut ada kekurangan nya juga seperti tidak dapat menampilkan gambar dan hanya menggunakan suara.

Kesimpulan

Bagi seorang pebisnis dan pengusaha media promosi menjadi saranan yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Sehingga media promosi yang digunakan akan berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah usaha. Demikian artikel tentang jenis-jenis media promosi, semoga bermanfaat. Jangan lupa share di media sosial media teman-teman. Terima Kasih.

Related Posts