Pengertian Muktamar: Tujuan, Contoh dan Ciri-cirinya

By | 13 November 2019

Pengertian Muktamar

Pengertian Muktamar

Apa itu Muktamar, apa definisi Muktamar, apa pengertian Muktamar. Nah mungkin itu adalah beberapa pertanyaan yang anda keluarkan ketika mendengar kata muktamar. Tentu kata Muktamar mungkin jarang kamu dengar, karena Mukhtamar umumnya di ganti dengan kata musyawarah.

Nah pada artikel kali ini penaindo akan membahas pengertian Mukhtamar. Muktamar adalah suatu pertemuan yang di adakan oleh sebuah organisasi atau kelompok yang di mana pertemuan ini di ikuti oleh wakil dari organisasi untuk mengambil suatu keputusan dari permasalahan yang menjadi topik pembahasan di dalam Mukhtamar.

Berbeda dengan musyawarah, Mukhtamar di adakan 4 tahun sekali, kecuali dalam keadaan mendesak yang di beri nama dengan musyawarah luar biasa yang di mana keputusan nya di ambil oleh pimpinan pusat organisasi namun berdasarkan keputusan Tanwir.

Contoh Mukhtamar

Contoh Mukhtamar biasa dilakukan oleh Nu atau Nahdlatul ulama, Wahdah Islamiyah, Muhammadiyah dan lain sebagainya. Di dalam pertemuan tersebut akan berlangsung selama beberapa hari karena memiliki banyak permasalahan yang akan di bahas di dalam pertemuan tersebut.

Tujuan Mukhtamar

Dalam istilah Mukhtamar hampir sama dengan istilah kongres, konferensi, dan musyawarah, namun istilah Mukhtamar lebih sering di gunakan dalam organisasi-organisasi Islam, namun tujuan nya hampir yaitu untuk mendiskusikan sebuah permasalahan untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

Ciri-ciri Mukhtamar

Nah berbeda dengan kongres, konferensi, dan musyawarah, Mukhtamar memiliki ciri-ciri yaitu berdiskusi dengan cara yang islami dan memiliki aturan-aturan yang di atur di dalam agam islam.

Nah itulah pengertian Mukhtamar, ciri-ciri Mukhtamar, tujuan Mukhtamar dan contoh nya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *